Formula 1 di Australia Resmi Dibatalkan, Bagaimana dengan Negara Lain?

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Automotive
Formula 1
News
Formula 1 di Australia Resmi Dibatalkan, Bagaimana dengan Negara Lain?
Formula 1 di Australia Resmi Dibatalkan, Bagaimana dengan Negara Lain?

Setelah kemarin (12/03/2020) Tim McLaren F1 secara resmi mengundurkan diri dari balapan pertama di Australian GP, hari ini pihak penyelengggara Formula 1 bersama dengan seluruh stakeholder menyatakan bahwa balapan di Australia resmi dibatalkan karena alasan kesehatan (COVID-19).

Hal ini sepertinya sudah tidak mengagetkan lagi, karena beberapa driver seperti Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton juga sangat khawatir dengan kondisi yang terlihat belum juga membaik.

Tim F1 Mercedes AMG Petronas juga sebelumnya telah mengirimkan surat secara resmi kepada penyelenggara. Mercedes menyatakan bahwa mereka mengusulkan untuk membatalkan jadwal balapan di Australia minggu ini karena alasan yang sama dengan pihak McLaren (kesehatan semua pihak).

Baca juga: Cara Menambahkan Jadwal Formula 1 di Kalender HP Otomatis Update Setiap Tahun

Formula 1 di Australia Resmi Dibatalkan atas kesepakatan bersama

Keputusan ini juga tidak terlepas dari adanya salah satu anggota McLaren Racing Team yang dinyatakan positif mengidap virus corona (COVID-19) tersebut. Seperti yang dikemukakan langsung oleh akun Formula 1 di Instagram yang membuka captionnya dengan menyebut kasus McLaren terlebih dahulu.

Formula 1 dan FIA (Federasi Otomotif Internasional) juga telah melakukan pertemuan dengan 9 tim F1 lainnya untuk membahas kondisi ini untuk mengambil keputusan. Dan akhirnya dilaporkan bahwa mayoritas dari tim yang ada menyepakati untuk membatalkan balapan minggu in di Melbourne, Australia.

"Formula 1 and the FIA, with the full support of the Australian Grand Prix Corporation (AGPC) have therefore taken the decision that all Formula 1 activity for the Australian Grand Prix is cancelled." -Formula 1

"Formula 1 dan FIA, dengan dukungan penuh dari Australian Grand Prix Corporation (AGPC) telah mengambil keputusan bahwa semua kegiatan Formula 1 untuk Australian GP dihentikan" -Formula 1

Begitulah kita - kira isi dari pengumuman tersebut. Hal ini memang sangat disayangkan mengingat ini adalah balapan pertama untuk musim 2020, namun ada faktor yang lebih penting untuk dipertimbangkan.

Baca juga: Blunder Ferrari di Hungaria, Hannah Schmitz: Mungkin Mereka Punya Data Berbeda

Bagaimana dengan tiket yang sudah dibeli?

Didalam pengumuman tersebut pihak Formula 1 juga mengumumkan bahwa seluruh tiket yang sudah dibeli akan dilakukan 'full refund' atau pengembalian secara utuh. Informasi lengkapnya akan menyusul dari pihak - pihak terkait.

Hal ini tentunya memberikan kesedihan terutama bagi para pecinta balap Formula 1 ini yang sudah menunggu berbulan - bulan. Tetapi seperti yang sering disebutkan, faktor kesehatan, bukan hanya seluruh tim, tetapi juga masyarakat yang datang menjadi prioritas.

Semoga situasi ini cepat pulih ya agar seluruh kegiatan olah raga seperti Formula 1 ini dapat berjalan dengan normal. Semoga tulisan mengenai berita Formula 1 di Australia Resmi Dibatalkan ini bermanfaat. Jaga kesehatan, tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Resmi! Sebastian Vettel akan pensiun Akhir Musim 2022 - Ini kata perpisahannya

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!