Beranda
Security
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Nonaktifkan Antivirus di Windows 10
Cara Nonaktifkan Antivirus di Windows 10

Berikut ini adalah cara nonaktifkan Antivirus di Windows 10. Dengan tutorial ini anda dapat mematikan atau menghentikan antivirus yang ada di komputer anda seperti Windows Security atau Windows Defender.

Mengetahui bagaimana menghentikan antivirus sementara sangat berguna jika anda ingin menginstall program atau aplikasi yang belum ditandai aman oleh antivirus. Selain mendeteksi program atau file yang 'jahat', antivirus juga akan bereaksi jika ada file yang baru atau tidak dikenal.

Hal ini tentunya sangat bagus sebagai pencehagan agar komputer anda tetap aman dan terhindar dari segala macam file yang tidak dikenal. Namun sayangnya, antivirus akan menganggap semua file yang tidak dikenal sebagai ancaman dan akan otomatis menghapus atau memasukannya kedalam daftar karantina.

Baca juga: Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows

Pahami resikonya

Sebelum lanjut ke langkah - langkah atau tutorial nonaktifkan antivirus, pastikan anda telah memahami resiko dari langkah ini. Selagi anda menghentikan sementara antivirus yang biasa berjalan, disaat yang sama anda juga menurunkan tingkat keamanan komputer secara keseluruhan.

Apalagi jika komputer anda selalu terhubung dengan internet saat anda nonaktifkan antivirus (walaupun sementara). Diwaktu yang sama, virus atau program jahat lainnya dapat dengan leluasa keluar masuk dari jaringan komputer anda.

Cara Nonaktifkan Antivirus di Windows 10

Cara nonaktifkan antivirus di windows 10 ini memang sangat mudah, namun resikonya cukup besar. Jadi pastikan anda siap dengan seluruh resikonya dan juga pastikan anda tahu apa yang anda akan lakukan ini. Saya tidak bertanggungjawab jika nanti sesuatu terjadi pada komputer anda.

  1. Klik tombol >Start
  2. Ketik "Windows security" kemudian buka program tersebut. Atau silahkan klik tombol >Start\Settings\Updates & Security\Windows Security
  3. Silahkan pilih >Virus & Threat ProtectionCara Nonaktifkan Antivirus di Windows 10
  4. Pada kolom Virus & threat protection Settings silahkan klik tulisan >Manage Settings
  5. Pada menu Real-time protection silahkan klik tombol On hingga menjadi >Off
  6. Akan muncul pop-up untuk konfirmasi "Do you want to allow this app to make changes to your device?". Silahkan klik tombol >YesCara Nonaktifkan Antivirus di Windows 10
  7. Selesai. Antivirus di komputer anda sudah berhenti /nonaktif

Pada tahap ini komputer anda sangat rentan terhadap serangan virus, jika anda ingin melakukan install program baru atau copy file apapun silahkan lakukan dengan cepat.

Baca juga: Cara Full Test Kesehatan Memori RAM di PC Komputer

Segera aktifkan kembali

Setelah proses yang ingin anda lakukan selesai, silahkan kembalikan pengaturan antivirus. Silahkan klik kembali tombol Real-time protection dari off hingga menjadi >On.

Sebelum ke langkah - langkah cara nonaktifkan antivirus di komputer anda, kami sarankan untuk menonaktifkan koneksi internet terlebih dahulu sebagai tindakan pencegahan.

Kami ingatkan kembali, menghentikan antivirus utama di komputer sangat rentan untuk keamanan. Dan pastikan anda juga sudah mengetahui resiko - resiko yang akan ditimbulkan jika sesuatu terjadi pada komputer anda.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!