Beranda
Apple
Microsoft
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Agar File Microsoft Word bisa dibuka di Mac OS Apple
Cara Agar File Microsoft Word bisa dibuka di Mac OS Apple

Berikut ini adalah cara agar file Microsoft Word bisa dibuka di Mac OS dari Apple. Dengan cara ini file yang anda buat jadi bisa dibuka baik di laptop /komputer Windows dan juga laptop atau komputer dengan MacOS seperti iMac atau Apple Mac Pro dengan aplikasi AppleWorks.

Perbedaan perangkat yang digunakan dalam bekerja terkadang menjadi penghalang saat berbagi file. Tidak semua file yang dapat dibuka di PC dengan OS Windows dapat dibuka juga di PC berbasis Mac OS.

Termasuk yang sederhana seperti file Microsoft Word atau file yang berisi tulisan dan biasanya berukuran kecil, terkadang tidak dapat dibuka di komputer atau laptop seperti iMac. Hal ini tentu saja membuat pekerjaan kita menjadi terhambat.

Maka dari itu sangat penting untuk kita mengetahui bagaimana caranya agar file di aplikasi microsoft word yang kita buat bisa dibuka juga di aplikasi lain seperti AppleWorks walaupun berbeda OS.

Baca juga: Cara Agar File Microsoft Word Bisa Dibuka di semua versi

Cara Agar File Microsoft Word bisa dibuka di Mac OS Apple

Langkah agar file microsoft word bisa dibuka di mac OS ini kami praktekan di Microsoft Word dengan komputer barbasis Windows, jika anda mulai dari iMac pun tidak masalah, silahkan gunakan AppleWorks. Karena yang penting disini adalah format file yang dipilih saat menyimpannya di dokumen. 

  1. Pada aplikasi Microsoft Word silahkan klik menu >File
  2. Kemudian pilih >Save AsCara Agar File Microsoft Word bisa dibuka di Mac OS Apple
  3. Masukan nama file yang anda inginkan
  4. Pada kolom Save as Type silahkan pilih format >Rich Text Format (*.rtf)Cara Agar File Microsoft Word bisa dibuka di Mac OS Apple
  5. Kemudian klik tombol >Save
  6. Selesai. Silahkan coba buka file tersebut di laptop atau komputer berbasis Mac OS seperti iMac atau Apple Mac.

Baca juga: Cara setting "Dark Mode" di Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint

Bagaimana jika sebaliknya?

Bagaimana jika file tersebut dibuat dari perangkat iMac atau Apple Mac yang berbasis Mac OS dan ingin dibuka di PC Windows?. Langkahnya sama saja ya, di aplikasi AppleWorks silahkan simpan file yang dibuat di perangkat Apple (MacOS) dengan format >Rich Text Format (.rtf).

Dengan begitu file tersebut dapat dibuka baik dari PC /laptop dengan OS Macintosh (Apple) ataupun OS Windows (Microsoft). Dan bertukar file antar perangkat yang berbeda OS pun sekarang tidak masalah lagi.

Baca juga: Cara Print Amplop di Micosoft Office Word

Kenapa Harus RTF?

Pertama, file dengan format RTF dapat dibuka di banyak Operating System (OS) yang berbeda seperti Linux, Macintosh (Mac OS), dan juga Windows. Jadi anda tetap dapat bekerja walaupun file tersebut berpindah - pindah perangkat dengan OS yang berbeda.

Kedua, format RTF juga dapat dibuka di berbagai macam aplikasi dan program yang ada di komputer seperti AppleWorks, Corel WordPerfect, Microsoft Word, dan aplikasi - aplikasi pengolah tulisan lainnya.

Ketiga file dengan format RTF dipercaya lebih aman terhadap virus. Hal ini karena file RTF didesain untuk tetap sederhana dan tidak banyak sistem atau format yang berjalan. Karena itu virus tidak dapat ikut karena tidak ada tempat untuk "bersembunyi" didalam file tersebut.

Baca juga: Cara Merubah PowerPoint Menjadi File Gambar (PPT to JPG/PNG)

Kenapa Microsoft dan Apple tidak melakukan kerjasama?

Jika dilihat dari kemampuan masing - masing, sepertinya sangat mudah untuk Microsoft dan Apple membuat semacam kerjasama agar file yang dibuat di masing - masing platform bisa dibuka di platform lainnya.

Hal ini sepertinya akan sulit untuk diwujudkan karena ada hal yang lebih besar dan lebih penting dari kerjasama seperti ini, yaitu bisnis. Kembali lagi ke tujuan utama dari perusahaan - perusahaan ini muncul bukan lain adalah untuk berbisnis dan mendapatkan keuntungan.

Tampaknya dari analisa bisnis yang mereka miliki berkesimpulan bahwa terlalu "mendekatkan" user masing - masing akan menjadi ancaman bagi keberlangsungan bisnis dan mereka akhirnya memutuskan untuk tetap "menjaga jarak" terhadap konsumen masing - masing dengan membuat beragam fitur atau fasilistas ekslusif yang hanya bisa dirasakan di platform masing - masing saja.

Akhirnya untuk kasus ini kita sebagai konsumen yang menjadi "korban". Dalam hal ini kita tidak bisa berbuat banyak selain melakukan adaptasi seperti pembahasan di artikel ini.

Semoga tulisan mengenai cara agar file Microsoft Word bisa dibuka di Mac OS Apple ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan dikolom komentar dibawah . Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. micaaa
    micaaa
    Rabu, Maret 23, 2022
    ribet sebenernya. padahal buka format .docx nya pakai software yang sama di buat oleh ms sendiri. harusnya mereka optimasi gimana caranya ttep bisa dibuka meskipin di buka berbeda OS.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Maret 23, 2022
      Yup! Sebagai user sih sebenarnya itu yang kita harapkan ya. Tapi sepertinya ini lebih ke ekslusifitas produk. Mereka sepertinya tidak mau terlalu 'dekat' untuk berbagi user. Lebih ke strategi bisnis sepertinya. Semoga saja kedepannya ada solusi yang lebih mudah ya.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!