Beranda
Computer
Tips 'n Trick
Tutorial
Type dan Ukuran Baterai CMOS di Komputer
Type dan Ukuran Baterai CMOS di Komputer

Berikut ini adalah Type dan Ukuran baterai CMOS di komputer. Sebenarnya berapa ukuran baterai yang digunakan untuk komputer? berapa volt tegangan yang dibutuhkan? Kenapa mengganti baterai CMOS komputer penting?

Pernahkan anda melihat sebuah komputer yang penanggalan dan waktu nya tidak sesuai? kembali ke default tahun 90an atau bahkan lebih jauh. Salah satu alasan komputer melakukan reset tanggal dan waktu adalah baterai CMOS yang sudah habis.

Apakah ada resiko jika kita tidak mengganti baterai CMOS di komputer?

Baca juga: Cara Masuk BIOS Tanpa Restart Komputer

Seperti baterai di HP

Pada dasarnya fungsi dasar dari baterai CMOS di komputer adalah untuk menyimpan dan terus menjalankan data tanggal dan waktu (keep track the date). 

Seperti baterai di HP, jika kita menonaktifkan HP dan tidak mencabut baterai, maka pengaturan tanggal dan waktu di HP akan selalu update saat dihidupkan kembali.

Namun berbeda jika kita menonaktifkan HP dan juga mencabut baterainya. Saat dinyalakan tanpa sinyal dan koneksi internet, pengaturan tanggal dan waktu tidak akan diperbaharui.

Saat dinyalakan biasanya anda akan diminta untuk mengatur tanggal dan waktu terlebih dahulu jika baterai HP dicabut sebelum dinyalakan. Begitu juga dengan fungsi baterai CMOS di komputer, tanggal dan waktu tidak akan sama saat baterai habis.

Baca juga: Solusi "The local print spooler service is not running"

Type dan Ukuran Baterai CMOS di Komputer

Lalu jika kita ingin membeli baterai untuk mengganti baterai CMOS di komputer harus mencari baterai yang seperti apa?

Mudahnya sih anda dapat mencabut baterai yang sudah mati di komputer (motherboard) kemudian membawanya ke toko jam sebagai contoh.

Namun jika anda tidak sempat untuk memotret atau melihat, atau jika anda ingin menggantinya dengan merek yang lebih bagus, silahkan catat keterangan dibawah ini sebagai 'kata kunci' agar anda tidak salah membeli.

  • Lithium Battery
  • Voltase 3V (volt)
  • Type CR2032

CR2032 adalah type baterai yang anda butuhkan, jika anda ingin mengganti baterai CMOS di komputer dengan kualitas yang lebih baik pastikan tetap memilih baterai dengan type CR2032.

Type dan Ukuran Baterai CMOS di Komputer
Type ini bersifat universal, secara umum baterai type ini cocok untuk semua jenis komputer (motherboard).

Contohnya baterai CMOS di komputer saya memiliki merek Newsun (bawaan) kemudian baterainya habis. Maka saya membeli baterai CMOS dengan merek yang lebih terkenal yaitu SONY. Jadi saya membeli baterai CMOS merek SONY dengan type CR2032.

Jika anda mempunyai referensi merek lain untuk baterai CMOS seperti ini silahkan saja sesuai selera yang penting tetap dengan type CR2032 ya.

Baca juga: Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Word

Apakah sama dengan baterai laptop?

Type dan Ukuran Baterai CMOS di Komputer

Untuk type dan tegangan tidak berbeda, CR2032 dan 3 Volt, namun untuk pengaplikasian berbeda. Pada laptop anda harus melihat terlebih dahulu bagaimana bentuk dan socket (colokan) yang digunakan. Jika perlu difoto secara detail agar nanti anda mudah mencari.

Jika dan membelinya di toko online jangan sungkan untuk bertanya dan memberikan informasi mengenai merek dan type laptop yang anda gunakan, agar tidak salah beli.

Tetapi untuk type dan tinggi tegangan tetap sama type CR2032 dan tegangan 3 Volt.

Mempengaruhi sistem dan aplikasi komputer

Pada sistem komputer beberapa aplikasi membutuhkan pengaturan tanggal dan waktu yang aktif. Beberapa aplikasi bahkan tidak akan berfungsi jika mendeteksi pengaturan tanggal dan waktu tidak konsisten.

Contohnya pada aplikasi edit gambar seperti CorelDraw, aplikasi tidak akan berjalan sebelum kita memperbaharui tanggal dan waktu. 

Begitu juga dengan aplikasi browser seperti Google Chrome, sebelum kita menggunakannya sistem akan meminta kita untuk memperbaiki tanggal dan waktu. Maka dari itu segera ganti baterai CMOS di komputer

Beberapa aplikasi juga dapat seketika tidak dapat dibuka, terkhusus aplikasi yang berdasarkan langganan dan dibatasi waktu, seperti aplikasi - aplikasi yang menggunakan lisensi atau sejenisnya.

Type dan Ukuran Baterai CMOS di Komputer

Berapa lama baterai CMOS di komputer bertahan?

Penggunaan baterai CMOS di komputer terbilang awet, hitungannya tahunan. Pada pengalaman kami sebuah baterai CMOS dapat bertahan setidaknya sampai 5 tahun.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi di komputer dan motherboard, kemungkinannya sekarang bisa kurang dan juga bisa lebih dari lima tahun.

Motherboard jaman sekarang, apalagi motherboard gaming, pastinya menggunakan sumber tenaga baterai lebih banyak dari motherboard biasa untuk penggunaan normal.

Jangan menunda - nunda!

Anda bebas mengganti baterai CMOS di komputer dengan merek apa saja, yang penting penggantian tersebut tidak ditunda - tunda.

Mentang - mentang murah dan mudah, biasanya jadi terlupakan. Padahal baterai CMOS di komputer sangat penting perannya. User experience atau pengalaman penggunaan komputer anda akan terganggu secara terus menerus jika anda selalu menunda - nunda penggantian ini.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!