Beranda
Design
Productivity
Tutorial
Cara Install Font di Komputer SEKALIGUS BANYAK
Cara Install Font di Komputer SEKALIGUS BANYAK

Cara Install Font di Komputer Sekaligus Banyak. Dengan cara ini anda dapat menambah font atau huruf baru dan dapat digunakan langsung di aplikasi seperti Microsoft Word, Photoshop, Corel dan aplikasi lainnya dengan mudah dan cepat. 

Cara install font di komputer ini ini kami praktekan di OS Windows 10. Jika anda menggunakan OS versi lainnya seperti Windows 7 dan 8, tidak ada masalah. Perbedaan hanya di tampilan saja, untuk sistem dan prosesnya sama saja.

Jenis huruf atau fonts mempunyai pengaruh yang cukup besar pada setiap produk yang kita ciptakan. Baik itu jenis huruf untuk dokumen laporan, jenis huruf untuk desain poster, sampai jenis huruf untuk penggunaan di logo produk atau perusahaan, semua memiliki arti dan kesan masing - masing.

Keterbatasan jenis huruf yang disediakan oleh bawaan OS Windows sekarang sudah bukan masalah lagi, karena kita sudah dapat menambahkan berbagai fonts lainnya dengan mudah. Ketika sudah terinstall, kita dapat menggunakannya di berbagai program dan aplikasi yang ada.

Baca juga: Cara Mudah Dark Mode di Corel DRAW

Tidak perlu install satu per satu

Sudah download font tetapi bingung cara installnya ke komputer? atau sudah tahu cara install tapi kesal karena terlalu banyak jenis huruf yang harus diinstall?  Cara install font di komputer ini akan sangat membantu anda.

Seperti yang kita tahu bahwa umumnya setiap satu jenis huruf /font terdapat berbagai macam variasi seperti Reguler, Bold, Italic, Thin, dll. Dan kita harus menginstallnya satu per satu bukan? itu baru satu jenis huruf, bagaimana bila kita ingin menambahkan puluhan atau bahkan ratusan jenis huruf? 

Menambahkan jenis huruf /font satu persatu sangat memerlukan banyak waktu, apalagi jika kita ingin menambahkan puluhan jenis huruf. Maka cara install font di komputer sekaligus banyak adalah cara terbaik untuk mempercepat proses tersebut.

Dengan cara ini anda dapat menambah font di komputer dengan cepat dan mudah. Tidak perlu lagi menginstall satu per satu, anda hanya perlu mengikuti tutorial atau langkah - langkah dibawah ini agar dapat menginstall sekaligus semua font atau huruf baru dalam satu kali proses.

Baca juga: Cara Membuka File DDS di Adobe Photoshop

Cara Install Font di Komputer Sekaligus Banyak

Sebelum lanjut ke langkah - langkah atau tutorial, pastikan file font yang anda inginkan telah siap, jika belum silahkan download terlebih dahulu.

  1. Siapkan semua file fonts /jenis huruf yang ingin di install
  2. Silahkan extract semua file kedalam satu folder (Jika belum)
  3. Pastikan file fonts memiliki ekstensi OTF atau TTF
  4. Block atau pilih semua fonts yang ingin di install
  5. Silahkan Copy (ctrl+c) file fonts yang telah diblock /dipilih
  6. Buka folder berikut ini: C:\Windows\Fonts. Atau bisa juga dengan menekan tombol Windows kemudian ketik 'fonts' kemudian akan muncul "Fonts Settings", klik /buka Fonts Settings tersebut.
  7. Silahkan Paste (ctrl+v) kedalam folder \Fonts yang telah dibuka diatas. Sistem otomatis akan melakukan isntallasi fonts di sistem utama (Operating System)
  8. Tunggu beberapa saat hingga proses installasi selesai.
  9. Silahkan periksa melalui aplikasi yang ada seperti Microsoft Word, apakah jenis huruf tersebut sudah masuk kedalam daftar fonts atau belum.
  10. Jika sudah fonts yang baru tersebut sudah muncul dan dapat digunakan berarti proses instalasi berhasil! Selesai.
Cara Install Font di Komputer SEKALIGUS BANYAK

Baca juga: Cara Menampilkan Garis Grid di Premiere Pro Seperti di Kamera

Catatan Penting Install Font di Komputer

  • Selain dengan cara Copy - Paste, anda juga dapat menambahkan fonts baru dengan cara drag-drop atau menyeret file fonts yang berekstensi ttf dan otf tersebut kedalam folder Fonts.
  • Ada beberapa jenis huruf yang memerlukan sistem komputer yang terkadang memberatkan loading komputer, jika tidak terlalu butuh kami sarankan untuk menghapusnya saja, dan di install ulang saat akan digunakan saja.
  • Seringkali ada jenis huruf atau fonts yang telah terinstall sebelumnya, silahkan di overwrite saja, aman.
  • Simpan file otf atau ttf yang telah digunakan, sebagai cadangan jika sewaktu - waktu komputer anda ada masalah atau baru di install ulang.

Loading di aplikasi jadi lama?

Pada pengalaman saya beberapa fonts atau jenis huruf memang membuat aplikasi menjadi lambat, terutama saat memilih jenis font yang ingin digunakan. Maka dari itu, jika pada bebera jenis font aplikasi menjadi lambat, saya sarankan untuk hapus saja font yang membuat lambat tersebut.

Setelah dihapus memang koleksi font kita menjadi berkurang, tetapi hal ini lebih baik menurut saya jika dibandingkan dengan loading yang ditimbulkan oleh font tersebut. Kita bisa menggunakan font alternatif yang mirip namun tidak membuat loading lama, masih banyak pilihan.

Bagaimana dengan laptop atau komputer keluaran Apple seperti Macbook? Untuk laptop atau komputer dengan macOS kami belum pernah mencobanya, silahkan dicoba saja. Jika tidak berhasil silahkan langsung di Google saja tutorial install font khusus untuk macOS.

Semoga tulisan ini membantu anda khususnya yang sedang mencari cara install font di komputer atau laptop sekaligus dalam jumlah yang banyak. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa! Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Senin, Desember 13, 2021
    Terimakasih banyakkkk
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 14, 2021
      Sama - sama ya.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!