Beranda
Productivity
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Daftar JLC (JNE Loyalty Card) dan Berapa biayanya?
Cara Daftar JLC (JNE Loyalty Card) dan Berapakah biayanya?

Berikut ini adalah Cara Daftar JLC (JNE Loyalty Card) dan Berapakah biayanya?. Dengan cara ini anda akan mengetahui cara mendaftar menjadi anggota atau member JLC JNE Loyalty Card dan mendapatkan JLC E-Card yang memberikan berbagai macam kelebihan.

Bagi Anda yang pernah dan sedang berjualan online di berbagai macam marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dll Anda pasti sangat akrab dengan yang namanya pihak ekspedisi atau kurir. 

Yes! Pihak ekspedisi adalah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari model bisnis saat ini karena sekarang setiap orang bisa membeli dan bisa berjualan. Berjualan darimanapun membeli kapanpun, maka dari itu penggunaan ekspedisi sedikit banyaknya mempengaruhi terhadap kelancaran bisnis pedagang online.

Kenapa harus daftar JLC?

Kenapa harus mendaftar JLC? Jika Anda sering menggunakan jasa ekspedisi JNE maka sangat disarankan untuk mendaftar menjadi member atau anggota JLC dari JNE. Karena selain program ini resmi dari JNE, program ini juga memberikan berbagai macam keuntungan.

Setiap transaksi yang Anda lakukan di JNE akan dicatat dan dihitung dengan sistem poin. Poin - poin yang telah Anda kumpulkan tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai macam hadiah ataupun diskon - diskon khusus dari JNE.

Walaupun Anda memiliki intensitas yang tinggi pada transaksi setiap bulannya, Anda tidak akan mendapatkan poin jika belum melakukan pendaftaran di JLC JNE Loyalty Card. 


Cara Daftar JLC (JNE Loyalty Card) dan Berapakah biayanya?

Cara dibawah ini dapat Anda ikuti baik melalui komputer (laptop) ataupun melalui Smartphone yang Anda miliki, yang penting perangkat Anda mempunyai koneksi internet dan Anda dapat membuka e-mail. Silahkan ikuti langkah - langkah atau tutorial dibawah ini.

  1. Buka browser (Chrome, Firefox, Safari, dll)
  2. Buka alamat pendaftaran JLC (JNE Loyalty Card) atau langsung buka link berikut ini: https://jlc.jne.co.id/daftar. Tunggu sampai halaman pendaftaran terbuka sempurna.
  3. Isi data - data yang diminta seperti Nama, Alamat e-mail, Nomor Handphone, Lokasi JNE Terdekat, Kode Promo (jika ada), kode captcha (jika ada)
  4. Klik tombol >Daftar. Jika berhasil notifikasi baru akan muncul dengan tulisan "Selamat! Anda telah berhasil menjadi member JLC, Silahkan cek email untuk detail akun JLC anda"Cara Daftar JLC (JNE Loyalty Card) dan Berapakah biayanya?
  5. Buka Email dan cari email pemberitahuan dari JLC JNE. (jika tidak ada di halaman inbox silahkan periksa di halaman spam)
  6. Buka email dari JLC kemudian catat atau ingat - ingat username dan password yang diberikan untuk login ke halaman member JLC.
  7. Didalam email juga disertakan attachment berisi JLC E-Card dan dokumen ketentuan. Silahkan >Download kedua dokumen tersebutCara Daftar JLC (JNE Loyalty Card) dan Berapakah biayanya?
  8. Simpan dan copy dokumen e-card dan ketentuan tersebut di hanpdhone Anda. Nantinya akan digunakan sebagai bukti yang ditunjukan kepada petugas JNE.
  9. Login ke halaman member JLC atau klik link berikut ini untuk login: https://jlc.jne.co.id/
  10. Setelah login ke akun JLC silahkan Buka bagian >Profil 
  11. Kemudian klik tombol >Edit Profil. Silahkan update profil Anda, isi kolom - kolom yang belum diisi dengan jelas.Cara Daftar JLC (JNE Loyalty Card) dan Berapakah biayanya?
  12. Jika telah selesai mengisi profil silahkan klik tombol >Update (kanan-bawah).
  13. Selesai! Silahkan periksa kembali data - data yang telah Anda masukan, jika ada yang salah silahkan di edit kembali.

Cara menggunakan kartu JLC (JNE Loyalty Card) 

Setelah anda mengetahui Cara Daftar JLC saatnya anda tahu cara menggunakannya, sangat mudah. Setela Anda download JLC E-Card dari email yang telah dikirim oleh JLC, Anda hanya perlu menyimpannya didalam Handphone Anda.

JLC tidak menyediakan kartu member secara fisik, sebagai pengganti Anda harus menyimpan e-card atau gambar kartu member JLC yang telah didapatkan melalui email dalam bentuk PDF atau gambar.

Saat akan melakukan transaksi di kantor JNE silahkan perlihatkan dokumen atau gambar JLC E-Card yang telah Anda dapatkan dari email JLC. Petugas akan memasukan data kartu e-card anda kedalam transaksi saat itu.

Setelah selesai melakukan transaksi di kantor JNE Anda dapat langsung memeriksa poin yang Anda dapatkan dari transaksi yang telah selesai tersebut. Silahkan Login ke halaman JLC kemudian buka bagian Poin.

Perhitungan Poin

Berikut adalah cara perhitungan poin yang diterapkan oleh sistem JLC yang berlaku untuk seluruh member atau anggota JLC. Silahkan dibaca dengan seksama agar Anda dapat memaksimalkan potensi hadiah yang bisa didapatkan.

  1. Kami akan menghitung setiap transaksi pengiriman Anda.
  2. JLC tidak dapat digunakan untuk layanan pick up dan corporate member.
  3. Pengumpulan poin Pertama dihitung saat transaksi member sudah mencapai Rp 250.000,-
  4. Transaksi sejumlah Rp. 25.000,- = 1 Poin.
  5. Tidak diberlakukan sistem pembulatan (contoh : Transaksi 8.000,- maka poin yang didapatkan sebesar 0,32 poin).
  6. Poin didapatkan dari hasil jumlah transaksi bersih (Nett).
  7. Poin transaksi hanya didapat dengan melakukan transaksi menggunakan servis YES, Regular, SS, International,PopBox.
  8. JLC tidak dapat digunakan pada saat sistem sedang offline.
  9. Masa berlaku poin sampai dengan 30 November,
  10. Per 1 Desember poin akan kembali dihitung dari 0 (nol).

Berapakah biayanya?

Berapakah biaya dari pembuatan atau pendaftaran keanggotaan JLC ini? Seperti yang telah dituliskan didalam ketentuan resmi dari pihak JLC JNE, program ini tidak dipungut biaya, alias GRATIS.

Jika ada oknum yang menawarkan untuk menjadi anggota JLC namun Anda harus bayar, berarti ada yang tidak benar. Kecuali anda tidak sanggup melakukan pendaftaran mandiri maka silahkan minta bantuan teman atau bahkan petugas JNE (jika petugas tersebut berkenan).

Semoga tulisan ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang mencari cara daftar JLC JNE Loyalty Card dan menjadi anggota.

Jika ada pertanyaan atau saran, silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa! Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Baca juga: 

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

24 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Desember 04, 2021
    saya mau daftar JLC pada kotak kode promo diisi apa ya.

    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 06, 2021
      Kalau tidak punya kode promo dikosongkan saja.
  2. Unknown
    Unknown
    Minggu, September 05, 2021
    Kak saya sudah daftar JLC saya kan berada di lokasi Pasrujambe lumajang saya masukan di jne terdekat di pendaftaran selalu gagal dan laporan masukan JNE terdekat padahal saya sudah coba memasukan JNE terdekat masih gagal saya bingung bagaiman lagi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, September 07, 2021
      Coba pilih lokasi lain saja yang juga sama2 dekat, saya rasa pemilihan lokasi ini tidak terlalu berpengaruh karena nantinya juga nomor JLC bisa dipakai di konter JNE mana saja.
  3. Unknown
    Unknown
    Rabu, Agustus 04, 2021
    Saya pemula, jualan sudah lama, tapi untuk saat ini banyak yg minta COD, sedangkan saya tidak punya aplikasi jualan seperti Shopee atw lazada, karna saat saya coba masukin barang ke tempt itu sangat susah sekali.. Alhasil dpt info di JNE bisa COD tanpa aplikasi yg di sebutkan tdi,, saya hanya berjualan di Facebook dan aplikasi toko (itu pun baru) , jadi apakah saya bisa ikut program ini.?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Agustus 04, 2021
      Daftar JLC hanya salah satu syarat untuk bisa kirim barang COD, jadi gak menjamin bisa langsung pakai fitur COD, ada syarat lainnya.
      Maksudnya susah masuk aplikasi shopee/lazada itu gimana? Setau saya masukin barang ke shopee/tokped/dll jauh lebih mudah dari bikin aplikasi toko sendiri, tidak jauh beda sama berjualan di Facebook. Saran saya sih coba lagi aja daftar shopee, biar bisa langsung pakai COD
  4. Unknown
    Unknown
    Senin, Juli 05, 2021
    untuk pendaftaran sistem COD retail apa harus ke kantor pusat JNE?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juli 05, 2021
      Saya kurang tau kalau tempat pendaftarannya. Kalau mau pasti sih mending langsung ditanyakan saja ke CS / sosial media nya JNE
  5. Unknown
    Unknown
    Senin, Juli 05, 2021
    apakah layanan COD hanya bisa dilayani di JNE pusat saja, karena saya udah coba di counter cabang katanya tidak melayani COD
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juli 05, 2021
      Untuk COD tergantung cabang masing-masing ya, jadi kalau misalkan cabang nya kamu mau tidak bisa melayani COD berarti memang tidak bisa. Dan setau saya untuk bisa mengirim barang dengan metode COD ada syaratnya lagi, bukan hanya kartu JLC. Untuk detailnya langsung aja di google atau cari di Youtube tentang cara daftar COD di JLC sebagai seller (penjual).
  6. Unknown
    Unknown
    Kamis, Maret 25, 2021
    Kartu jlcnya di email tapi kok gak bisa di downlood ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 26, 2021
      kalau gak bisa, download nya lewat website jlc aja. Login terus buka menu "Masa aktif dan Cetak kartu". disana ada pilhan "Cetak JLC e-card"
  7. Unknown
    Unknown
    Jumat, Januari 08, 2021
    Ka jika kartu jlc sudah jadi kita yang ambil kesana apa dikirim ke rumah kita kartunya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 08, 2021
      Kartu nya itu berupa kartu digital ya, bukan fisik seperti kartu ATM dll. Jadi kalau mau punya kartu fisiknya harus print sendiri dari data di website JLC. Yang dibutuhkan itu sebenarnya nomor JLC nya, bukan kartunya.
  8. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 16, 2020
    trima kasih infonya.kak tanya lagi untuk sistem pembayaran cod itu jne lewat apa ya? apakah kalau sudah terdaftar jadi member jlc bisa mengadakan transaksi pengiriman dengan sistem cod
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 16, 2020
      Untuk layanan COD kita harus daftar lagi dan melakukan pengajuan agar dapat fasilitas "COD Retail". Langsung saja datang ke konter JNE terdekat untuk mendaftar sebagai seller COD. Salah satu syaratnya memang harus jadi member JLC tapi ada syarat lainnya yang harus dipenuhi dan harus datang langsung ke kantor JNE terdekat untuk mengurusnya
  9. Unknown
    Unknown
    Senin, Desember 14, 2020
    apakah pendaftaran Jlc pake Nik dan ktp? saya dimintain itu.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 14, 2020
      Iya, kalau dulu KTP diminta setelah proses pendaftaran untuk melengkapi profil. Kalau sekarang mungkin diminta diawal ya? Sama saja, dulu dan sekarang juga wajib pake KTP
  10. Tips Cantik dan Sehat
    Tips Cantik dan Sehat
    Jumat, November 13, 2020
    Apakah bisa digunakan untuk pengiriman cashless?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, November 14, 2020
      Bisa. Yang penting saat kita menyerahkan barang ke CS JNE jangan lupa kasih tahu bahwa kita punya akun JLC dan ingin masukan transaksinya ke akun JLC kita
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!