Beranda
Productivity
Tips 'n Trick
Tutorial
Windows
Cara Settings Dark Mode di Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint
Cara Settings Dark Mode di Microsoft Office Excel, Word, PowerPoint

Berikut adalah cara Settings Dark Mode di Microsoft Office Word, Excel, dan PowerPoint di komputer atau laptop. Dengan cara ini Anda dapat menggunakan aplikasi atau program Microsoft Office dengan mode gelap yang diklaim lebih nyaman untuk dipandang.

Pada langkah - langkah atau tutorial ini kami menggunakan versi Microsoft Office 2016 (Word 2016, Excel 2016, PowerPoint 2016, dll). Namun jangan khawatir, menurut Chris Hoffman (kontributor howtogeek.com) mode gelap atau dark mode ini juga tersedia di Microsoft Office 2013, Office 365, Microsoft Office 2019 dan versi - versi lebih baru.

Dark Theme atau dark mode ini juga dapat diterapkan di berbagai versi windows seperti Windows 7, 8, 10 dan versi terbaru. Pengaturan ini baru tersedia untuk platform atau OS Windows, untuk pengguna Mac OS dengan Microsoft Office sepertinya harus lebih bersabar ya.

Baca juga: Cara Membuat Formulir Online via Google Forms

Bagaimana dengan warna kertas dan font (jenis huruf)

Lalu jika kita telah menggunakan pengaturan dark mode atau grey mode (bagi yang ingin) apakah warna kerja juga akan berubah? bagaimana dengan hasilnya jika di print?. lalu bagaimana jika file tersebut dikirim ke pengguna lain?

Pada dasarnya yang berubah setelah menggunakan setting dark mode di microsoft office adalah semua bagian kecuali halaman kertas (termasuk tulisan diatasnya). Walaupun kita menggunakan mode gelap atau dark mode atau grey mode, warna kertas akan tetap dengan warna bawaan (default) yaitu putih.

Begitu juga dengan hasil cetak, karena tidak ada yang dirubah pada bagian kertas dan juga warna tinta tulisan, maka hasilnya tidak akan ada yang berubah. Begitu juga jika dikirim ke pengguna lain, di komputer lain, file akan terbuka dengan settings sesuai pengaturan di komputer masing - masing.

Lalu bagaimana cara agar kita dapat mengatur tampilan microsoft office menjadi gelap atau dark mode? silahkan ikuti tutorial atau langkah - langkah dibawah ini:

Baca juga: Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Word

Cara Settings Dark Mode di Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint

  1. Buka salah satu aplikasi Microft Office (Excel, Word, Powerpoint, dll)
  2. Buat halman baru atau buka file yang telah tersimpan (bebas, yang penting halaman utama terbuka)
  3. Buka menu >File (kiri-atas)
  4. Klik pada menu >Account
  5. Login (jika belum) dengan akun Microsoft Anda (Jika belum punya akun silahkan buat baru)
  6. Pada bagian Office Theme silahkan buka (dropdown) dan pilih Dark Grey atau Black (sesuai selera). Dark Grey akan lebih dekat ke warna tema abu - abu sedangkan untuk Black akan terlihat lebih gelap seperti tema dark mode di komputer windows.
  7. Kembali ke menu >File kemudian pilih >Options
  8. Pada bagian "General" cari kelompok "Personalize your copy of Microsoft Office"
  9. Silahkan rubah bagian Office Theme ke >Dark Grey atau >BlackCara Settings Dark Mode di Microsoft Office Excel, Word, PowerPoint
  10. Selesai. Lakukan juga pada aplikasi office lainnya.

Jika telah selesai dengan seluruh langkah diatas, silahkan terapkan cara yang sama pada aplikasi - aplikasi lainnya yang termasuk Micosoft Office.

Baca juga: Cara Menambahkan Halaman di Word Microsoft Office Lengkap!

Mengatur lembar kerja tetap putih atau ikut hitam

Pada update terbaru, windows memberikan pengaturan agar lembar kerja (kertas) juga ikut menjadi hitam jika mengaktifkan tema hitam (dark mode). Dengan lembar kerja hitam sistem juga otomatis membuat tulisan menjadi warna putih menyesuaikan dengan tema di lembar kerja.

Jika ingin merubah lembar kerja menjadi putih silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Buka menu >View
  2. Kemudian klik tombol dengan tulisan >Switch modes. lembar kerja akan berubah menjadi putih
  3. Jika ingin kembali menggunakan lembar kerja hitam silahkan klik lagi tombol >Switch modes

Tetapi jangan khawatir, warna lembar kerja hitam dan tulisan putih hanya di tampilan saja. Jika di print, tetap akan normal dengan tinta hitam dan lembar kerja putih. Jadi jika kita menggunakan dark mode dengan lembar kerja hitam, saat di print tetap akan normal seperti biasa (kertas putih, tulisan hitam).

Tidak ada pilihan Black (Hitam)

Pada beberapa akun ditemukan bahwa sebagian pengguna microsoft office tidak bisa menemukan pilihan Black (hitam) pada menu tema yang tersedia. Menurut beberapa sumber hal ini dikarenakan versi Microsoft Office yang digunakan tidak terdaftar di akun Microsoft Office 365.

Ada beberapa cara yang disarankan oleh tim IT dari Microsoft tetapi berdasarkan pantauan tim rinditech.com hampir semuanya tidak menemukan hasil (berdasarkan testimoni).

Semoga hal ini dapat segera diperbaiki di update software selanjutnya oleh tim Microsoft. Sambil menunggu, Anda masih dapat menggunakan mode Dark Grey sebagai pengganti Black, masih lebih baik jika dibandingkan dengan tetap menggunakan mode putih terang (colorful /white).

Apalagi jika dipergunakan pada malam hari, sangat membantu.

Semoga tulisan ini membantu Anda khususnya yang sedang mencari cara settings dark mode di microsoft office seperti Word, Excel, PowerPoint, dll. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa! Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

16 komentar

  1. Admin Nata
    Admin Nata
    Rabu, Oktober 27, 2021
    thankyou so much its very helpful!
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Oktober 27, 2021
      You are welcome! Enjoy!
  2. Salsabilla Farka Kirani
    Salsabilla Farka Kirani
    Selasa, Juli 27, 2021
    It's helping me alot. Thank you.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 27, 2021
      You are welcome! Sama - sama ya
  3. Unknown
    Unknown
    Senin, Juni 28, 2021
    halo kak, temanya udah hitam tapi kenapa lembar kerjanya juga ikut hitam,kalo sya sedang mengedit yang membutuhkan warna pun ikut hitam,tidak ad warna nya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 28, 2021
      Itu bawaan settingan terbaru. Kalau mau lembar kerjanya tetap putih klik tombol "Switch modes" di bagian View
  4. leoni susiliastana dewi
    leoni susiliastana dewi
    Selasa, Juni 08, 2021
    Halo kak, kalo temanya black tapi lembar kerjanya tetap putih bisa tidak ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 08, 2021
      Lembar kerja tidak akan berubah, akan selalu putih walaupun tema nya diganti jadi dark mode.
    2. Unknown
      Unknown
      Sabtu, Juli 24, 2021
      Halo kak, sebelumnya saya gitu juga, temanya black tetapi lembar kerjanya hitam juga, nah cara ngatasinya gampang kak, itu disebelah kanan office themenya kan ada disable dark mode, dinyalain aja kak, terima kasih
  5. Noviansyaah
    Noviansyaah
    Jumat, April 03, 2020
    Kemarin kemarin MS word saya sudah saya setting black, terus saya iseng iseng buka seeting pilih tema dark grey d an warnna black gaada hilang sndiri, itu kenapa ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, April 03, 2020
      Coba cek lisensinya full atau tidak. Ada beberapa lisensi yang hanya bisa dark gray, belum black.
    2. Keepe
      Keepe
      Rabu, Juni 10, 2020
      Saya juga mengalami hal yang sama, office saya asli. namun tema Black hilang ketika saya iseng ganti ganti tema yang lain
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!