Beranda
Microsoft
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Word
Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Word

Berikut ini adalah cara lengkap untuk print label undangan 103 dan 121 di Microsoft Words (komputer). Lalu bagaimana format label undangan 103 dan 121 di Ms. Words? Semoga langkah - langkah yang ada didalam tutorial ini dapat dipahami dan dipraktekan dengan mudah.

Pemanfaatan kertas label sebenarnya bukan hanya untuk ditempel di kartu undangan atau ucapan, tetapi bisa juga digunakan untuk keperluan lainnya. Bisa digunakan sebagai tanda atau judul dari barang atau kelompok barang, dan penggunaan - penggunaan lainnya sesuai kebutuhan.

Namun kertas label ini khususnya di Indonesia memang lebih dikenal untuk menulis nama - nama undangan ya. Baik itu undangan pernikahan, khitanan atau kegiatan apapun itu sepertinya sangat membutuhkan kertas label diatasnya.

Sebenarnya, jika sudah ada kertas label lebih mudah untuk langsung menulis diatas label tersebut. Namun karena tidak semua orang mempunyai tulisan tangan yang bagus, dan jika dikali ratusan orang sangat memakan waktu, maka ditulis dengan cara digital (print) adalah solusi yang umum.

Lalu bagaimana cara lengkap agar Anda bisa print label undangan 103 atau 121 dengan hasil yang rapi dan menarik? Silahkan simak langkah - langkahnya dibawah ini.

Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Words

Sebelum dilanjut ke langkah - langkah atau tutorial, pastikan dahulu printer Anda terhubung dengan komputer /laptop dan sediakan juga kertas kosong /bekas untuk melakukan test print sebelum dengan kertas label yang asli (pastikan hasil print pas setelah melakukan pengaturan).

Cara ini kami praktektan pada program Ms. Excel dan Ms. Word 2013. Jika Anda menggunakan versi 2010, 2007 atau versi lainnya tidak masalah. Caranya tetap sama, perbedaan mungkin hanya di tata letak menu saja, selain itu bisa diikuti langkahnya sesuai urutan.

Simpan Data Undangan di Ms. Excel

Sebelum membuka aplikasi atua program Ms. Words, pastikan dulu kita mempunyai data undangan dalam bentuk file Microsoft Excel. 

Setiap nama undangan berurut ke bawah, baris pertama (paling atas) digunakan sebagai judul kelompok data seperti KEPADA, NAMA, ALAMAT, dll. Seperti contoh gambar dibawah ini.

Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Word

Jika telah selesai, silahkan simpan data excel tersebut di folder yang mudah dicari. Setelah tersimpan Anda bisa menutup program excel tersebut (tetap dibuka juga tidak apa - apa). Silahkan ke langkah berikutnya dibawah.

Membuat Kolom Label

  1. Buka aplikasi microsoft words
  2. Buka tab "MAILINGS"
  3. Pada bagian tools bar pilih "Start Mail Merge" kemudian pilih "Labels". Jendela Label Options akan terbuka
  4. Pada halaman settings label, karena tidak ada merek yang sesuai di daftar label maka silahkan membuat label baru. Klik "New Label" (akan muncul halaman Label Details)Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Word
  5. Pada halaman Label Details silahkan sesuaikan ukuran label undangan 103 atau 121 (Sesuai kebutuhan). Atau silahkan gunakan ukuran pada gambar dibawah ini.Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Word
  6. Jika sudah cocok dan pas pengaturannya silahkan klik tombol "OK". Kemudian Klik lagi "OK" pada halaman Label Options.
  7. Kembali ke tab "HOME". Block semua kolom (ctrl+A). Pilih Menu "Borders" kemudian pilih type "All Borders". Jika berhasil maka garis bantu untuk setiap label akan muncul.Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Word
  8. Simpan Dokumen. Jangan lupa untuk menyimpan dokumen /save (ctrl+s) secara berkala.

Masukan Data Undangan

  1. Pada tab MAILINGS Pilih menu "Select Recipients" lalu pilih "Use an Existing List" (halaman windows explorer akan terbuka)
  2. Silahkan cari dan pilih file Excel yang telah diisi dengan daftar nama dan alamat yang akan di print di label.
  3. Pilih nomor Sheet (halaman) tempat anda menyimpan data undangan. Umumnya berada di Sheet 1.
  4.  Pastikan Checklist aktif di kotak kecil bertuliskan "First row of data contains column headers". Kemudian klik "OK"
  5. Pada menu MAILINGS Pilih Menu "Insert Merge Field" kemudian Pilih item KEPADA. Lakukan langkah yang sama untuk item NAMA dan ALAMAT hingga semua data yang kita butuhkan muncul.
  6. Atur posisi data sesuai kebutuhan pada kolom pertama seperti rata tengah (center), Align, dll. 
  7. Pada menu MAILINGS klik "Update Labels". Jika sesuai, semua kolom akan terisi dengan data yang sama.
  8. Klik "Preview Result". Daftar nama dan alamat undangan akan muncul di setiap kolom.Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Word

Test & Print

  1. Sebelum print label undangan, silahkan cek kembali setiap data yang ada
  2. Lakukan print (ctrl+p) percobaan 1 lembar saja di kertas biasa. Pada hasil cetak perhatikan orientasi dan posisi cetak. 
  3. Ukur hasil cetak dengan label yang akan dipakai. Jika dirasa kurang rapi silahkan disesuaikan lagi ukuran pada Label Details. Jika sudah pas silahkan lanjutkan ke langkah selanjutnya.
  4. Print di kertas label (disarankan jangan langsung print semua, lihat dulu hasilnya pada kertas label. Jika sudah pas silahkan lanjutkan.
  5. Masih pada menu MAILINGS klik tombol "Finish & Merge"Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Word
  6. Menu Pop-up akan keluar, Pilih "All" kemudian klik "OK". Jendela Microsoft Word baru akan terbuka. Anda juga masih bisa melakukan perbaikan terhadap data yang ada sebelum di print.
  7. Jika semua sudah cocok dan pas, silahkan print kembali nama - nama undangan yang belum di cetak.
  8. Selesai!

Print /per Lembar Sangat Disarankan

Disarankan untuk tidak langsung print Semua halaman. Jika hasilnya ada lebih dari 10 lembar dan Anda hanya memiliki stok terbatas (adapun cadangan kertas tapi tidak banyak), lebih baik print satu per satu. Untuk menghindari kesalahan dalam proses print seperti miring, tinta habis, dan masalah lainnya.

Bayangkan saja, jika Anda mengatur untuk print 10 lembar dalam satu kali proses, maka jika ada kemiringan pada lembar ke 5 maka lembar setelahnya kemungkinan akan semakin miring hasilnya.

Akhirnya Anda harus mengganti seluruh hasil yang tidak lurus tersebut dengan kertas baru. Itu baru 5 lembar, bagaimana kalau puluhan lembar? Walaupun sebenarnya harga kertas label tidak terlalu mahal, tetapi akan lebih baik jika semuanya dikerjakan secara efisien.

Semoga artikel mengenai cara print label undangan 103 dan 121 di komputer (microsoft words) ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Apabila ada pertanyaan atau saran mengenai pembahasan ini, silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa!

Baca juga: 

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

10 komentar

  1. wisata kuliner
    wisata kuliner
    Rabu, September 01, 2021
    maaf saya mau bertanya, sudah buat label tapi ketika akan di print perhalaman nama pada kolom kedua muncul kembali di kolom pertama, nama kolom ketiga muncul kembali di kolom kedua, solusinya boskuh? terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, September 01, 2021
      Maaf saya kurang mengerti pertanyaannya. Saya sarankan sih ulangi lagi dari awal siapatau ada yang kelewat pengaturannya. Atau coba dulu buat dari data yang sederhana seperti 5-10 nama dulu, kalau hasilnya sudah benar tinggal ditambah daftarnya.
  2. mus
    mus
    Senin, Januari 25, 2021
    Min sy udah berhasil insert, tapi datanya tidak tampil semua di word. ada yang hilang. misal, jumlah datanya ada 37 tapi yang tampil di label word cuma 29. itu gmn ya min?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 25, 2021
      kyknya di data excel nya ada salah ketik atau pakai karakter khusus. Kalau masih belum bisa dibagi dua saja datanya atau dibuat lagi daftarnya di dokumen excel yang baru
  3. Ahde Satrya
    Ahde Satrya
    Senin, Oktober 19, 2020
    min udah saya input data excel nya tapi gak bisa update label
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 20, 2020
      Berarti ada yang salah di data excel nya, coba lihat lagi penempatan data2 nya
  4. DeepRabbit
    DeepRabbit
    Minggu, Desember 08, 2019
    udah dicoba dan bisa dipraktekkan nih gan, tapi ketika print dia selalu posisi di tengan kertas ya(menggunakan kertas normal), kalau kita print pake kertas label 121 jadi g pas posisinya dengan label yang ada, kira2 gimana pengaturan posisinya ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 08, 2019
      kalau bisa kertas polos nya dipotong sesuai ukuran kertas label terus di pengaturan print coba diatur ukuran kertas pada bagian output nya, ukurannya di customize sesuaikan dengan ukuran kertas label. Semoga membantu!
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!