Beranda
Internet
Tips 'n Trick
Toko Online
Tutorial
Cara Tracking Melacak Kiriman Paket J&T JNE TIKI POS Indonesia
>Cara Tracking Melacak Kiriman Paket J&T JNE TIKI POS Indonesia

Berikut ini adalah cara untuk tracking atau melacak kiriman paket J&T JNE TIKI POS Indonesia. Dengan cara ini kita dapat mengetahui dimana posisi barang yang kita kirim atau pesan melalui ekspedisi yang digunakan.

Dengan melacak kiriman paket kita akan tahu bahwa kiriman tersebut sudah sampai mana, apakah sudah sampai kota tujuan atau apakah sudah diterima oleh pembeli. dengan cara ini juga kita dapat mengetahui apakah si pengirim sudah benar - benar menyerahkan paket kiriman ke tempat kurir /ekspedisi.

Dalam dunia ekspedisi, update informasi lokasi dari setiap barang yang sedang dikirim sangat penting. Bukan hanya untuk manajemen dari perusahaan ekspedisi, tetapi juga penting untuk manajemen pihak - pihak lain termasuk penjual baran (pengirim) dan pembeli barang (penerima).

Dengan sistem online perusahaan ekspedisi diharuskan untuk terus melakukan update pada setiap paket barang yang dikirim, karena pada saat yang bersamaan pula pengirim dan penerima dapat langsung melacak kiriman paket secara langsung.

Sebelum kita lanjut ke tutorial atau langkah - langkah melacak kiriman paket ada hal yang perlu disiapkan, yaitu nomor resi atau nomor tracking yang didapatkan dari pihak ekspedisi (apabila kita sebagai pengirim/penjual) atau dari pihak pengirim (apabila kita sebagai pembeli /penerima).

Cara Tracking Melacak Kiriman Paket J&T JNE TIKI POS Indonesia

Seperti yang telah disebutkan diatas untuk dapat melacak paket yang kita kirim /tunggu, kita membutuhkan nomor resi atau nomor tracking yang dikeluarkan oleh perusahaan ekspedisi, atau pihak toko online.

  • contoh nomor resi J&T > JD0019883733
  • contoh nomor resi JNE > 011610343227814
  • contoh nomor resi TIKI > 030106743078
  • contoh nomor resi POS Indonesia > 15881914383

Setelah kita mendapatkan nomor resi /nomor tracking, barulah kita dapat memeriksa posisi atau status dari paket yang sedang dikirim. ikuti tutorial atau langkah - langkah dibawah ini. 

  1. Buka aplikasi browser di komputer ataupun di smartphone seperti google chrome, mozilla, opera, safari, dll.)
  2. Buka alamat website resmi dari perusahaan ekspedisi yang sedang digunakan, atau klik link dibawah ini sesuai perusahaan ekspedisi yang sedang digunakan.
  3. ketikan nomor resi / nomor tracking di kolom yang telah disediakan. (biasanya ada tulisan "masukan nomor resi disini" atau "input nomor resi" atau "trace & track" atau kata - kata lain yang sejenisnya)
  4. Klik tulisan Track /Ok /Lacak /Cari /Confirm atau kata - kata lain yang sejenis.
  5. Tunggu sampai data pengiriman muncul. Selesai!

Setelah kita melakukan konfirmasi nomor resi /tracking dengan cara diatas maka kita dapat melihat update posisi atau status dari paket yang kita kirim /kita akan terima.


Cara Tracking Melacak Kiriman Paket J&T JNE TIKI POS Indonesia

Tampilan detail informasi dari setiap website pastinya berbeda - beda, ada yang menampilkan informasi secara utuh dan ada juga yang menampilkannya berdasarkan tanggal atau status. Silahkan lakukan eksplorasi untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Fitur keamanan atau challenge code saat melacak kiriman paket

Pada beberapa website biasanya kita diwajibkan untuk mengisi atau melewati fitur keamanan /challenge code seperti mengetikan huruf /memilih gambar yang diperintahkan. Fitur keamanan tersebut harus diisi untuk dapat meneruskan proses pencarian data atau status dari paket.

Melakukan pencarian paket lebih dari satu nomor resi

Hampir di setiap website kita dapat memeriksa atau melacak status barang lebih dari satu, bahkan sampai 10 nomor resi dalam satu kali input. fitur ini sangat berguna khususnya bagi para penjual /seller yang sudah sering mengirim barang dalam jumlah yang banyak ke tempat yang berbeda - beda.


Cara Tracking Melacak Kiriman Paket J&T JNE TIKI POS Indonesia

Bagaimana bila tidak ada data yang muncul saat melacak kiriman?

Ada berbagai macam faktor kenapa data atau status dari barang yang kita sedang lacak tidak muncul atau tidak dapat ditemukan oleh sistem.

  • Barang belum dikirimkan ke kurir atau ke tempat ekspedisi dan nomor resi didapat dari nomor resi otomatis.
  • Data belum dikonfirmasi atau belum diinput oleh operator di pihak ekspedisi
  • Nomor resi yang dikirimkan salah ketik /salah input oleh pengirim
  • Sistem website sedang error
  • Dll.

Apabila ada yang janggal atau aneh pada data yang muncul segera lakukan konfirmasi kepada pihak pengirim atau ekspedisi, semakin cepat diselesaikan maka semakin cepat juga barang sampai.

Barang telah sampai di kota tujuan tapi belum diterima?

Bagaimana jika pada data di website menunjukan barang telah sampai di kota tujuan atau di outlet ekspedisi terdekat dengan penerima namun barang belum dikirim ke rumah?.

Untuk pengiriman ke rumah /alamat tujuan biasanya tergantung kurir atau kebijakan dari setiap tempat ekspedisi, ada baiknya jika memang membutuhkan segera barang tersebut langsung saja datangi tempat dimana barang tersebut berada.

kita bisa melakukan pengambilan barang secara langsung dengan catatan dibawa langsung oleh si penerima.

Semoga artikel mengenai cara tracking atau melacak kiriman paket ini dapat membantu, apabila ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Senin, Oktober 07, 2019
    Bagaimana cara mengecek barang yang belum sampai ke kota tujuan lewat tiki
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 07, 2019
      Jika mas sebaga pembeli, bisa minta saja pihak penjual untuk membantu memeriksa perkembangan pengiriman. Jika masih belum sampai, mas nya bisa bertanya melalui customer care TIKI di media sosial seperti twitter, biasanya mereka membalas dengan cepat jika ditanya lewat media sosial. Atau bisa juga langsung menghubungi pihak tiki di nomor 1500125. Semoga membantu!
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!