Cara Cek Tarif Grab Gojek di Lokasi Berbeda Tanpa Aplikasi

Rindi Putra
8 Komentar
Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Cek Tarif Grab Gojek di Lokasi Berbeda Tanpa Aplikasi
Cara Cek Tarif Grab Gojek Dimana Saja Tanpa Aplikasi

Berikut ini adalah cara untuk mengetahui atau cara cek tarif transportasi berbasis aplikasi online seperti Grab dan Gojek tanpa harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Dengan cara ini juga kita tidak perlu untuk berada tepat di lokasi (lokasi berbeda).

Dengan cara cek tarif ini kita dapat mengetahui harga tarif Grab /Go-jek walaupun sedang berada di tempat lain. Kita dapat mengetahui tarif Grab atau Gojek dari bandara Ngurah Rai (Bali) ke hotel tempat kita akan menginap di pulau Bali, padahal saat memeriksa harga kita masih berada di Jakarta.

Maksud dari tanpa aplikasi disini adalah tanpa aplikasi Gojek atau aplikasi Grab itu sendiri, untuk trik atau cara cek tarif ini kita memanfaatkan fitur yang ada disetiap smartphone pada umumnya, yaitu aplikasi Maps dari Google.

Sebelum lanjut ke langkah - langkah atau tutorial cara cek tarif pastikan dahulu smartphone kamu mempunyai koneksi internet dan terpasang aplikasi Maps dari Google. Untuk aplikasi Maps pada smartphone Android biasanya sudah terinstall otomatis bersamaan dengan sistem operasi. Untuk pengguna iOS atau iPhone silahkan periksa terlebih dahulu.

Jika sudah siap, kita akan langsung melakukan cek tarif grab mobil /motor atau juga cek tarif gojek mobil /motor. Informasi dari kedua platform tersebut dapat kita ketahui dengan satu cara dibawah ini.

Baca juga: Cara Streaming Lalu - lintas CCTV DISHUB JABAR

Cara Cek Tarif Grab Gojek Darimana Saja Tanpa Aplikasi

  1. Buka aplikasi MapsCara Cek Tarif Grab Gojek Dimana Saja Tanpa Aplikasi
  2. Ketik atau masukan alamat tujuan
  3. Klik >Directions (kiri-bawah)Cara Cek Tarif Grab Gojek Dimana Saja Tanpa Aplikasi
  4. Ketik atau masukan alamat penjemputan
  5. Pindahkan ke mode transit (ikon orang sedang melambaikan tangan)
  6. Pilih aplikasi yang ingin digunakan Gojek atau Grab (sesuai ketersediaan)
  7. Pilih jasa yang ingin digunakan seperti motor atau mobil (Gojek, GoCar, GrabBike, GrabCar, GrabTaxi, dll). Selesai!Cara Cek Tarif Grab Gojek Dimana Saja Tanpa Aplikasi

Anda akan melihat harga dari setiap jasa yang ada, nominalnya akan tertera seperti prediksi harga, contohnya apabila kita mencari harga GrabBike dari bandara Husein (Bandung) ke Trans Studio Bandung disana tertera IDR 17,000 - 22,000 yang menandakan bahwa harga dapat bervariasi antara 17ribu sampai 22ribu.

Mungkin nanti real-nya bisa 18 ribu, 19 ribu,  atau harga kisaran tertinggi yaitu 22 ribu. Yang jelas tidak akan jauh dari harga perkiraan.

Ingin langsung memesan Go-Jek atau Grab nya? Bisa!

Apabila anda ingin langsung memesan saat itu juga, Anda dapat langsung melanjutkan pemesanan dari aplikasi yang telah dipilih. Jika anda sudah cek tarif grab mobil /motor atau cek tarif gojek mobil /motor dan ingin langsung memesannya, bisa juga anda lakukan.

Pada bagian bawah layar terdapat tulisan OPEN APP, klik tulisan tersebut dan aplikasi yang telah kita pilih pun akan terbuka dan melanjutkan pemesanan dengan alamat penjemputan dan alamat antar yang telah kita tuliskan pada aplikasi Google Maps. Mudah kan?!.

*Syaratnya di smartphone Anda terinstall aplikasi ojek online seperti Grab dan Go-Jek. 
Cara Cek Tarif Grab Gojek Dimana Saja Tanpa Aplikasi

Kenapa Google Maps dapat mengetahui harga transportasi online seperti Go-Jek dan Grab?

Masih ingat Waze? Yup! aplikasi petunjuk arah yang dapat mengetahui jalan mana saja yang sedang padat atau macet dan dapat mengetahui perkembangan terbaru tentang situasi dijalan berkat informasi yang dibagikan antar pengguna.

Sekarang, hampir semua fitur dan update yang ada di Waze dapat kita temukan di Google Maps. Karena Google Maps telah bekerjasama dengan Waze sehingga pertukaran informasi antar aplikasi dapat terjadi. 

Begitu juga dengan informasi tarif angkutan online seperti Grab dan Go-Jek. Besar kemungkinan perusahaan - perusahaan tersebut telah bekerjasama dalam hal berbagi data (informasi). sehingga manfaatnya kita bisa lihat seperti sekarang.

Dan sepertinya masih banyak alasan - alasan lain untuk menjawab pertanyaan ini, yang pasti kita sebagai pengguna harus dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.

Semoga artikel ini dapat membantu, apabila ada masalah atau kendala dalam penerapan tutorial cara mengetahui atau cara cek tarif grab dan go-jek dimana saja tanpa aplikasi ini bisa langsung ditanyakan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

8 komentar

  1. Zatymeela
    Zatymeela
    Sabtu, April 02, 2022
    Gmaps ku udha updates tai ga nampilin kayak tutor yang di atas, mas 😢
    Gimana donk?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, April 03, 2022
      Untuk di beberapa daerah memang kadang gak tersedia informasinya, jadi bukan salah aplikasi nya. kalau masih penasaran sih coba saja di HP lain, kalau tetap gak muncul berarti memang belum ada data nya.
  2. Unknown
    Unknown
    Kamis, November 04, 2021
    Sy mau tanya utk perjlnan karanganyar semarang .tepatnya di terminal banyumanik itu taksiran tarif gojek grape brp ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 04, 2021
      Untuk perhitungan tarif semua aplikasi hitungannya berdasarkan jarak tempuh, dicoba saja pakai cara diatas, masukan alamat penjemputan dan alamat tujuan. Nanti kelihatan jarak dan harganya.
  3. Unknown
    Unknown
    Rabu, Januari 22, 2020
    Halo, knapa di gmaps saya tidak muncul ikon transit ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Januari 22, 2020
      Coba di periksa dulu ya aplikasi google maps nya usahakan selalu diupdate. Dan pastikan jarak antar lokasinya tidak terlalu jauh (biasanya didalam kota /kecamatan yang sama), Saya cek 5 menit yang lalu ikon transit masih ada dan berfungsi. Semoga berhasil!
  4. Dito
    Dito
    Rabu, Mei 08, 2019
    The POWER OF API
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 08, 2019
      Hehe. Tau aja nih agan Dito rahasianya, terimakasih gan sudah berkunjung.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!