Beranda
Software
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Mudah Merekam Layar Komputer dengan Audio, Gamer Masuk!
Cara Mudah Merekam Layar Komputer dengan Audio - Screen Recording

Berikut ini adalah cara mudah untuk merekam kegiatan yang ada di layar komputer atau laptop lengkap dengan audio nya, baik itu audio dari microphone yang kita pasang atau bisa juga audio yang diputar di komputer. Pada tutorial ini juga kita akan belajar langkah – langkah untuk merekamnya sampai kita mendapatkan file video yang siap dikirim atau diputar.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan video yang berisi rekaman pergerakan layar di komputer, mulai dari menggunakan pemutar media seperti VLC lalu ditambah menggunakan perekam audio bawaan PC ataupun laptop juga menggunakan tools lainnya. Cara ini menurut tim rinditech.com lumayan ribet dan memerlukan waktu yang lebih tentunya. Lalu cara apa yang kita gunakan pada tutorial kali ini?

Pada tutorial kali ini kami akan menggunakan sebuah software (Gratis - optional) yang memang dikhususkan untuk merekam seluruh tayangan yang tampil di layar. Dari mulai membuat tutorial, sampai kepada gamer yang sering muncul di Youtube juga menggunakan software seperti ini.

Cara ini memerlukan sebuah aplikasi yang bernama Bandicam, sebenarnya ini bukanlah aplikasi satu – satunya yang dapat merekam layar berikut audionya, namun hanya kebetulan saja kami mencoba bandicam terlebih dahulu dan tidak menutup kemungkinan ada aplikasi lain yang serupa atau bahkan lebih baik. Tetapi untuk saat ini kita akan fokus dulu menggunakan bandicam.


Baca juga: Cara Live Streaming YouTube Menggunakan Nvidia GeForce Experience

3 Mode Perekaman Layar

Pada aplikasi ini terdapat 3 jenis ataupun mode perekaman yang bisa dipilih, yaitu Mode Game recording, Screen recording, dan HDMI recording.

Screen recording

Pada screen recording kita dapat merekam segala kegiatan yang tampil pada layar komputer atau PC kita, mulai dari melakukan tutorial maupun merekam video yang sedang diputar. Kita dapat mengatur ukuran layar yang akan direkam ataupun fullscreen. Selain itu kita juga dapat melakukan penambahan tanda ataupun garis, tulisan di layar secara live.

Game recording

Pada mode game recording ini kita dapat merekam tampilan game yang sedang kita jalankan, kemudian kita juga dapat menambahkan video webcam seperti yang sering kita lihat di video – video youtube milik gamer, pada saat merekam kita juga dapat berbicara atau memberikan komentar melalui microphone yang terpasang di headset ataupun yang terpisah terhubung ke komputer.

HDMI recording

Mode HDMI recording memungkinkan kita untuk merekam tampilan diluar layar komputer atau laptop kita, mode ini merekam video ataupun tampilan yang terhubung dengan port HDMI yang ada di komputer ataupun di laptop. dengan mode ini berarti kita dapat menghubungkan kamera untuk merekam dan hasil rekaman akan langsung tersimpan di komputer ataupun laptop yang terhubung.


Cara Mudah Merekam Layar Komputer dengan Audio

Cara Mudah Merekam Layar Komputer dengan Audio

Sebelum ke tutorial atau langkah – langkah untuk dapat merekam layar komputer, Teman – teman bisa mendapatkan aplikasi Bandicam melalui Google Search atau mesin pencari lainnya. atau bisa juga langsung mengunjungi website resmi dari Bandicam (link akan disebutkan didalam langkah – langkah)

Pada langkah – langkah dibawah ini kita akan memeberikan tutorial untuk merekam dengan mode screen recording, untuk mode lainnya teman – teman bisa melakukan eksplorasi sendiri.
  1. Buka Browser (Chrome, Firefox, Opera, Safari, dll)
  2. Download file instalasi Bandicam disini > www.bandicam.com/downloads
  3. Install File yang telah didownload (Klik kanan >Open /Run as administrator kemudian ikut petunjuk yang muncul sampai terinstall sempurna)
  4. Buka Aplikasi Bandicam yang telah di install
  5. Pilih mode yang akan digunakan (Game recording, Screen recording, atau HDMI recording)
  6. Tentukan layar yang akan direkam
  7. Klik tombol Record
  8. Klik kembali tombol Record untuk berhenti merekam (Stop)
  9. Periksa Hasil Rekaman. Selesai!

Setelah kita menekan tombol stop atau selesai merekam maka video hasil rekaman akan langsung disimpan di file output (default folder: >Documents >Bandicam). Proses penyimpanan tidak memerlukan waktu yang lama dan bahkan tidak ada proses saving ataupun rendering seperti yang biasa dijumpai di aplikasi edit video.

Pada proses perekaman pun kita dapat menghentikan perekaman untuk sementara (Pause) jika dirasa proses yang sedang ditunggu terlalu lama seperti bila kita sedang menunjukan cara melakukan download file, karena proses download memerlukan waktu lebih dari 5 menit maka kita bisa klik tombol PAUSE dan melanjukan kembali proses merekam sesaat sebelum waktu download selesai, atau bahkan setelah selesai (download).

Cara Mudah Merekam Layar Komputer dengan Audio – Gamer Masuk!

Tutorial diatas hanyalah tutorial inti dalam merekam kegiatan yang tampil di layar komputer kita, selebihnya teman – teman bisa melakukan eksplorasi sendiri karena banyak sekali fitur yang disediakan pada aplikasi ini seperti melakukan marking atau memberi tanda saat melakukan perekaman seperti memberikan catatan ataupun menambahkan garis – garis seperti sedang melakukan presentasi.

Baca juga: Volume Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya

Cara menambahkan suara microphone saat merekam

Secara default pengaturan bandicam hanya akan merekam suara yang muncul dari aplikasi atau game yang sedang diputar, tanpa merekam suara dari microphone meskipun aktif digunakan. 

Untuk mengaktifkan dan merekam suara kita saat bermain game atau merekam layar kita perlu mengaktifkan microphone input di pengaturan bandicam. Cara mengaktifkan microphonenya silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini

  1. Pada halaman utama bandicam silahkan klik menu >Video
  2. Kemudian pada sub menu Record silahkan klik tombol >Settings hingga jendela recording settings muncul
  3. Pada jendela Recording settings, pada kolom "Secondary Sound Device" silahkan pilih microphone yang digunakan untuk merekam suara anda. 
  4. Setelah berhasil dipilih silahkan klik tombo >OK untuk menyimpan pengaturan. selesai. 

Silahkan lakukan percobaan rekaman dengan memasukan suara di microphone untuk memastikan pengaturannya berhasil. Untuk menonaktifkannya silahkan buka kembali pengaturan "Sound settings" kemudian pilih >Disable di bagian "Secondary Sound Device" lalu klik kembali tombol >OK.

Bandicam Free License sudah cukup?

Pihak pengembang bandicam menyediakan kedua versi, baik yang gratis maupun berbayar. Menurut pengalaman tim rinditech tidak ada perbedaan dari segi fitur, yang berbeda diantaranya dari waktu atau durasi untuk merekam, untuk versi free license (gratis) dibatasi hanya 10 menit setiap satu kali merekam sedangkan untuk versi berbayar kita dapat merekam lebih dari 24 jam. 

selain itu untuk versi free hasil video akan diberi watermark bandicam sedangkan untuk yang berbayar tidak akan diberi watermark dan bahkan bisa menggunakan logo personal sebagai watermark.

Apabila yang dibutuhkan hanya untuk keperluan pribadi atau proyek – proyek sederhana, versi free license pun kami rasa cukup karena fitur yang disediakanpun sama dengan fitur berbayar.

Ada masalah?

Apabila teman – teman mengalami kendala ataupun ada ada yang ingin didiskusikan seputar cara merekam layar komputer berikut dengan audionya bisa langsung simpang pertanyaannya pada kolom komentar dibawah seperti biasa. Insyaallah akan kami bantu jawab.

Alternatif selain BandiCam

OBS (Open Broadcaster Software)

Walaupun dikenal sebagai aplikasi untuk melakukan live streaming, OBS juga mempunyai fitur merekam layar. Alternatif pertama dan paling populer saat ini adalah aplikasi gratis bernama OBS (Open Broadcaster Software). Software ini banyak digunakan oleh para YouTuber dan Streamer, dari mulai pemula sampai profesional.

Walaupun gratis, software ini mempunyai fitur yang sangat banyak dan cukup mudah digunakan. Anda bisa menggunakan banyak kamera (multicam) saat merekam layar atau saat melakukan live. Selain itu anda juga bisa mengatur secara spesifik kualitas video yang dihasilkan.

NVIDIA GeForce Experience

Software bawaan graphic card Nvidia ini bisa menjadi andalan, terutama jika PC yang anda gunakan masih menggunakan spesifikasi dibawah rata - rata. Saya sendiri sering menggunakan aplikasi ini untuk merekam layar komputer, baik untuk merekam konten tutorial maupun konten gaming.

Menurut saya, aplikasi dari Nvidia ini menjadi aplikasi paling ringan untuk mrekema video. Kita juga bisa mengatur kualitas video agar tidak terlalu memberatkan kinerja VGA yang digunakan. 

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan jika anda menggunakan Graphic Card dari Nvidia. Jika anda mengunakan graphic card AMD, silahkan gunakan aplikasi bernama Radeon Adrenalin.

Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman khususnya yang sedang mencari cara untuk merekam layar komputer berikut dengan audionya. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

18 komentar

  1. Darussalam
    Darussalam
    Minggu, Mei 08, 2022
    Kalau mau rekam dari HDMI CAPTURE, suapaya hasilnya bagus bagaimana caranya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Mei 08, 2022
      Untuk standard YouTube dengan resolusi 1080p minimal harus setting bitrate di 10.000 Kbps atau setara dengan 10 Mbps. Coba saja lihat di bagian pengaturan aplikasi rekamannya, biasanya ada pengaturan resolusi dan bitrate.
  2. Erama Raafi Santiyoko
    Erama Raafi Santiyoko
    Minggu, Juli 25, 2021
    Terima kasih..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juli 26, 2021
      Sama - sama ya!
  3. Haerul
    Haerul
    Minggu, Desember 27, 2020
    Semua tutorial sudah dijalankan .. tapi Audio hanya bisa merekam paling 2 detik .. sisanya audio nya tdk terekam
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 28, 2020
      Sepertinya ada yang salah di komputernya. untuk sekarang coba uninstall dulu aplikasinya terus install lagi. siapatau cuman salah pas di install nya saja
  4. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 08, 2020
    Apakah bandicam bisa merekam video yg kita putar di laptop berikut dengan audionya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 08, 2020
      bisa. caranya sama seperti yang telah dijelaskan di tutorial ini ya
  5. Faldy Reizandy
    Faldy Reizandy
    Selasa, November 17, 2020
    Mau bertanya, saya sudah mencoba candicam tapi kenapa tidak bisa memasukkan audio suara kita saat berbicara ya? Saya menggunakan microphone bawaan laptop.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 17, 2020
      Untuk mengaktifkan microphone harus diatur dulu di "secondary sound device" caranya sudah ada di artikel ya, sudah saya update. semoga membantu
  6. Unknown
    Unknown
    Rabu, Oktober 21, 2020
    Kalu saya cuma punya earphone itu bisa ngak sekalian rekam audio game dengan audio suara kita
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Oktober 21, 2020
      pake mic di earphone juga bisa tapi ada yang harus disetting dulu. Cara lengkapnya sudah banyak ya di google atau di youtube. Cari aja "cara menggunakan earphone sebagai mic"
  7. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 10, 2020
    Mic terserah mo pakek apa?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 11, 2020
      Mic terserah bisa pake yang mana saja, tinggal diatur di bagian >Settings terus >Sound
  8. Khairunnisa Ast
    Khairunnisa Ast
    Selasa, November 07, 2017
    Bagaimana dengan kualitas audionya? Jernih atau tidak?

    Aplikasinya memberatkan laptop atau tidak?

    Hanya bisa untuk merekam, atau juga bisa buat edit video?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 07, 2017
      Hallo Khairunnisa,
      Untuk kualitas audio tidak mengecewakan, aplikasi ringan, tapi hanya bisa untuk merekam saja, tidak dengan edit :)
      semoga membantu..
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!