Cara Agar Smartphone Xiaomi Menjadi Modem Internet di Komputer (via Kabel USB)

Rindi Putra
2 Komentar
Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Xiaomi
Cara Agar Smartphone Xiaomi Menjadi Modem Internet di Komputer (via Kabel USB)
Cara Agar Smartphone Xiaomi Menjadi Modem Internet di Komputer (via Kabel USB)

Ingin menggunakan smartphone Xiaomi sebagai Modem di Komputer (via Kabel USB)? Pastinya ya, apalagi sinyal 4G (bahkan 5G) sekarang telah dapat dinikmati oleh pengguna Smartphone Xiaomi dan pengguna smartphone merek lainnya. 

Cara ini juga dapat digunakan oleh pengguna smartphone merek lainnya karena pada dasarnya dalam segi pengaturan sama saja, namun karena kami mencobanya di Smartphone Xiaomi maka kami pun menuliskannya agar lebih spesifik.

Untuk HP jenis lain, silahkan menyesuaikan ya, posisi meu nya mungkin berbeda, namun pada prinsipnya sama sama, kita akan mengaktifkan mode USB tethering di Smartphone yang kita gunakan.

Kenapa menggunakan kabel USB? Kan ada WiFi

Ada beberapa perangkat komputer atau laptop yang tidak memiliki fitur WiFi, ada juga perangkat yang memiliki WiFi namun kualitasnya tidak bagus seperti. Jadi, menggunakan kabel USB untuk koneksi internet adalah solusi yang efektif.

Walaupun harus ribet dengan kabel yang terus terhubung dengan perangkat komputer, namun koneksi internet dari kabel USB umumya lebih baik jika dibandingkan dengan sambungan internet via WiFi. Bahkan dalam beberapa kondisi, sambungan internet via kabel jauh lebih stabil daripada internet dari WiFi.

Pastikan USB Debugging telah aktif!

Sebelum melakukan pengaturan Internet untuk Komputer dari Smartphone Xiaomi kita, pastikan dahulu kita telah mengaktifkan Fitur USB Debugging di smarpthone kita karena bila fitur ini belum aktif maka pengaturan internetpun tidak dapat dilakukan. Bila pengaturan USB Debugging belum aktif, silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini

  • Buka bagian Settings, kemudian buka bagian "About Phone"
  • Pada halaman about phone silahkan ketuk berulang - ulang (7-12 kali) di bagian "MIUI Version", ketuk /tap terus hingga muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa mode developer (mode pengembang) telah aktif.
  • Selanjutnya silahkan buka lagi halaman "Settings" kemudian buka menu "Additional settings"
  • Cari dan buka menu "Developer Options", selanjutnya aktifkan pengaturan "USB Debugging". Selesai.

Cara Merubah Smartphone Xiaomi menjadi Modem Internet via Kabel USB

Bila anda telah melakukan settingan USB debugging maka kita bisa lanjut ke pengaturan internet di smarpthone Xiaomi kita agar koneksinya dapat digunakan oleh komputer kita dengan menggunakan kabel USB. Bila diibaratkan kita menjadikan smartphone Xiaomi kita sebagai modem untuk komputer kita.

  1. Sambungkan Smartphone Xiaomi ke Komputer dengan menggunakan Kabel USB.
  2. Buka Bagian >Settings >More >Tethering & Portable hotspot
  3. Aktifkan fitur USB tethering
Cara Agar Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Menjadi Modem Internet di Komputer (via Kabel USB)
Selesai!

Setelah anda mengaktifkan fitur USB tethering maka smartphone Xiaomi anda sekarang sedang menjadi Modem untuk memberikan sinyal internet kepada komputer anda. Setelah selesai menggunakan jangan lupa untuk menonaktifkan fitur ini dari smartphone anda terlebih dahulu dengan cara mematikan fitur ini pada bagian USB tethering lagi.

Semoga artikel tentang cara menjadikan Smartphone XIaomi sebagai modem untuk beriternet di komputer /PC dapat membantu. Bila ada kendala dalam melakukan pengaturan diatas, jangan sungkan untuk berdiskusi di kolom komentar dibawah, insyaallah akan kami bantu.


Artikel Terkait:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. Yasin Si Aching
    Yasin Si Aching
    Sabtu, Januari 28, 2017
    Boss sudah aktif datanya di pc, cuma ketika kita coba di internet ko ga ngerespond.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 30, 2017
      ga ngerespond gmn gan? apakah sinyal internet nya sudah munvul d pc?
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!