Cara Membuat Shortcut Langsung ke Chat WhatsApp yang Diinginkan

Sulit mencari percakapan yang ‘tenggelam’ diantara chat – chat baru di whatsApp? Sering mengirim pesan ke orang – orang tertentu dan ingin cepat membuka chat tanpa harus melakukan pencarian? Berikut ini adalah Cara membuat shortcut atau link yang dapat membawa kita langsung ke chat atau percakapan yang diinginkan di whatsApp tanpa harus melakukan pencarian, bahkan tanpa harus membuka aplikasi home whatsapp.

Seiring berjalannya waktu pengguna whatsapp terus bertambah, dari mulai anak sekolah sampai orangtua hampir semua memiliki akun whatsApp, selain penggunaannya mudah seperti SMS atau telepon pada umumnya, aplikasi ini juga memungkinkan kita membuat kelompok atau group yang dapat dibuat dan diikuti oleh siapa saja.

Semakin banyak kontak yang ditambahkan maka akan semakin banyak juga percakapan yang diterima dan dikirim dari ponsel atau smartphone kita masing – masing, apalagi bila berbicara group di whatsApp, ada yang sepi tapi ada juga yang selalu aktif sepanjang waktu, membuat kita harus pandai – pandai memilih chat di whatsApp, alih - alih banyak chat yang aktif efeknya kita dapat mengirim pesan teks ataupun gambar ke kontak atau group yang berbeda dari yang kita maksud, dengan kata lain “SALAH KIRIM” hehe..


Nah bagaimana cara untuk menghindari salah kirim tersebut? Bila yang salah kirim adalah chat pada umumnya kita hanya perlu menambahkan pesan susulan, “maaf salah kirim”. Namun akan sulit urusannya apabila yang salah kirim adalah data – data sensitif seperti password Email, PIN ATM, ataupun pesan – pesan sensitif lainnya.

Cara Membuat Shortcut Langsung ke Chat WhatsApp yang Diinginkan

Cara Membuat Shortcut Langsung ke Chat WhatsApp yang Diinginkan di Home screen


Berikut ini langkah mudahnya untuk membuat shortcut atau link baru untuk sebuah chat atau group whatsApp yang kita inginkan dan meletakannya di Home screen.


  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Buka Group atau Chat (percakapan) yang ingin kita buka sebagai target shortcut
  3. Klik >Menu (tombol 3 lingkaran berjajar) umumnya berada di kanan-atas layar
  4. Pilih >More pada popup menu yang muncul
  5. Pilih >Add shortcut. Selesai!
Cara Membuat Shortcut Langsung ke Chat WhatsApp yang Diinginkan

Selesai!. Setelah memilih >Add shortcut maka sebuah icon baru akan muncul di area home screen. Periksa area home screen atau di kelompok aplikasi, shortcut akan berbentuk icon dengan gambar yang sedang digunakan oleh group atau kontak tersebut.

Catatan dalam Membuat Shortcut Chat WhatsApp di home screen


  • Icon chat atau shortcut yang telah dibuat dan berada di home screen dapat dipindahkan lokasinya drag and drop seperti icon aplikasi lainnya, bisa juga disimpan di folder tertentu berbarengan dengan aplikasi – aplikasi lainnya.
  • Seperti terlihat pada gambar, kita dapat membuat lebih dari satu shortcut chat untuk kontak personal maupun untuk shortcut chat group. Berdasarkan percobaan tim rinditech.com membuat 15 buah shortcut pun masih bisa dan sepertinya menambah beberapa buah shortcut pun tidak ada masalah.
  • Nama shortcut atau icon yang telah kita buat (sampai artikel ini disusun) tidak dapat dirubah namanya ataupun gambar yang digunakan, atribut tersebut mengikuti data ataupun gambar yang digunakan sebagai profile picture di kontak whatsApp masing – masing kontak.
  • Shortcut yang dibuat bukan berupa aplikasi baru namun hanya sebuah link atau icon yang terhubung kepada chat yang sama, bisa diakses melalui shortcut dan tetap bisa diakses melalui aplikasi whatsApp seperti biasa.
  • Bila sudah tidak diperlukan lagi shortcut yang telah dibuat dapat dihapus dengan mudah seperti menghilangkan aplikasi dari home screen, bila di Smartphone Xiaomi (Android) dan iPhone (iOS) kita hanya perlu melakukan drag and drop icon shortcut kedalam icon tempat sampah yang muncul pada bagian atas layar.

Ada masalah?

Apabila teman – teman mengalami kendala ataupun mengalami kesulitan dalam penerapan tutorial atau langkah – langkah diatas, teman – teman bisa langsung berdiskusi di kolom komentar seperti biasa. Insyaallah akan kami bantu semaksimal mungkin.

Semoga artikel mengenai cara membuat shortcut chat whatsapp di homepage ini dapat membantu, dan menyelesaikan masalah ataupun kendala yang berhubungan dengan cara ini. Jadilah pengguna yang bijak! #beWiseUser.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »