Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakan Second Space di MIUI 8

Apa itu second space? Apa fungsi second space? Bagaimana fitur second space bekerja? Lalu bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Second space di smartphone Xiaomi khusus nya di ROM MIUI 8. Sebelum melangkah ke pengaturan dan penggunaan ada baiknya kita mengetahui dulu seputar atau seluk beluk tentang fitur Second space ini.

Apa itu Second space di Smartphone Xiaomi?

Second Space adalah salah satu fitur andalan yang dibawa oleh Xiaomi di MIUI 8. Fitur ini memungkinkan kita memiliki 2 sistem dan pengaturan yang terpisah dalam satu buah smartphone. Sehingga kita dapat memiliki 2 buah akun whatsApp aktif, 2 buah akun BBM aktif, 2 buah email utama yang aktif, 2 buah tema aktif, dll. Ibaratnya kita memiliki 2 buah smartphone secara virtual dalam satu buah smartphone secara fisik.

Kalau ada Second space berarti harus ada First space nya dong..

Kalau ada second space berarti harus ada first space nya dong.. naah First space sebenarnya adalah sistem default atau utama yang sistem, aplikasi, pengaturan dan seluruh isinya kita gunakan sekarang (sebelum mengaktifkan second space).  Setelah mengaktifkan Second space maka seluruh setting beserta isinya yang berada di sistem default itu menjadi First Space.

Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakan Second Space di MIUI 8

Bagaimana Fitur Second Space Bekerja di smartphone Xiaomi Kita?

Sebelum dapat menggunakan fitur second space ini kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu (caranya akan dijelaskan dibawah). Fitur ini akan membuat sistem baru yang terpisah dimana awal sistem ini akan tampak seperti mengatur handphone baru tanpa mengubah /mempengaruhi pengaturan di sistem sebelumnya (First Space).

Kita dapat berpindah dari space 1 ke space 2 kapanpun, tanpa harus melakukan restart handphone. Cukup dengan memasukan password / pattern-lock maka kita sudah dapat berpindah seperti mengoperasikan handphone yang berbeda.

Cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Second space

Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan fitur second space di smartphone Xiaomi. Pastikan smartphone xiaomi anda telah menggunkan MIUI versi 8.0.1.0 , 8.0.2.0, 8.0.5.0 atau terbaru.

#1 Aktifkan Second space

>Settings >Second Space >Turn on Second space

Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakan Second Space di MIUI 8

Tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan Second space selesai. Setelah proses selesai maka anda berada di dalam wilayah Second space, terlihat seperti menyalakan smartphone untuk pertama kalinya.

#2 Masuk ke pengaturan Second space

Setelah anda mengaktifkan fitur second space maka anda harus melakukan beberapa pengaturan tentang penggunaan second space.

Buka bagian >Manage >Set dan anda akan diminta untuk membuat beberapa pengaturan tentang penggunaan Second space.

Atau bisa diakses dari bagian settings.
Buka >Settings >Second space >Set

Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakan Second Space di MIUI 8

#3 Buat Password

Piih >Set Second space password untuk menambahkan password bila ingin mengakses ke wilayah Second space. Anda akan diminta untuk memasukan PIN 4 angka untuk mengunci Second space.
Atau bisa pilih >Not now untuk melewati langkah ini yang berarti tidak menggunakan password saat berpindah dari first pace ke second space.

Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakan Second Space di MIUI 8

#4 Import photos

Pilih >Import bila anda ingin mengambil foto yang berada di First space ke Second space.

Atau

Pilih >Next bila anda tidak ingin melakukan import atau tidak ingin mengambil foto dari First space ke Second space.

#5 Import files

Sama hal nya dengan Import Foto, Piih >Import bila ingin mengambil data /file dari First space ke Second space. Atau pilih >Next bila tidak ingin melakukan import.

#6 Import Apps

Begitu juga dengan Aplikasi,  anda bisa memilih >Import bila ingin mengambil aplikasi dari First space ke Second space. Atau >Next bila ingin melakukan install secara mandiri.

#7 You’re all set! (Selesai)

Selesai!. Pilih >OK pada layar bila telah mengatur beberapa pengaturan diatas.

Apa itu dan Bagaimana Cara Menggunakan Second Space di MIUI 8

Setelah klik OK maka layar pengaturan Second space akan terbuka, pada halaman ini anda dapat mengubah atau menambahkan pengaturan yang berhubungan dengan Second space seperti Password, Fingerprint, Notifikasi, Data, dan pengaturan lainnya juga dapat dilihat di halaman Second space ini.

Selamat! Anda telah mempunyai ‘handphone baru’ di dalam smartphone Xiaomi anda yang sekarang. Untuk selebihnya anda dapat melakukan eksplorasi sendiri mengenai hal – hal apa saja yang dapat dilakukan di fitur Second space. Untuk aplikasi anda bisa melakukan instalasi langsung dari Playstore atau install manual dari file apk yang telah di download.

Bila ada yang masih membingungkan atau ada yang ditanyakan langsung aja simpan pertanyaan atau apapun itu di kolom komentar dibawah, akan kita bantu semaksimal mungkin. Jangan lupa untuk menjadi pengguna yang bijak. #beWiseUser!

Artikel Terkait:
Cara Setting Smartphone Xiaomi Menjadi Remote TV
Cara Mudah Agar Sinyal 4G Muncul di MIUI 8 (No Root)Cara Menghapus Second space di Smartphone Xiaomi MIUI 8

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »