Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan - Ini Total Uang yang Saya bayarkan

Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan - Ini Total Uang yang Saya bayarkan

Berikut ini adalah cara perpanjang STNK 5 tahunan atau ganti plat nomor kendaraan motor dan mobil. Perpanjangan STNK 5 tahunan ini biasa juga disebut ganti kaleng di kalangan pemilik kendaraan. Selain membayar pajak kendaraan, saya juga harus mengeluarkan uang 'receh' di beberapa loket dan ini detail perjalanan saya termasuk total uang yang saya harus keluarkan.

Bagaimana cara perpanjang STNK 5 tahunan? Perpanjanan ganti plat nomor 5 Tahunan tidak bisa dilakukan secara online karena harus ada cek fisik kendaraan. Jadi setelah melengkapi berkas seperti KTP, STNK, BPKB Asli dan Fotocopy, kendaraan kita akan diperiksa untuk mencocokan nomor mesin dan nomor rangka setelah itu lanjut proses pembuatan STNK baru dan Plat nomor Baru.

Ini adalah pengalaman saya memperpanjang STNK 5 Tahunan kendaraan jenis motor. Untuk perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) mobil sepertinya tidak ada bedanya juga karena proses nya sama saja, kecuali kalau sekalian balik nama atau mutasi itu beda lagi ya.

Baca juga: Cara & Biaya Membuat Surat Kehilangan di Kantor Polisi

Bayar Pajak STNK 5 Tahunan bawa apa saja?

Berikut ini adalah dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan perpanjangan STNK 5 Tahunan atau ganti plat nomor.

  1. KTP asli dan Fotocopy 2 lembar
  2. STNK asli dan Fotocopy 2 lembar 
  3. BPKB asli dan Fotocopy 2 lembar 
  4. Semua dokumen diatas dimasukan kedalam map berwarna biru

Jika tidak mau ribet urus sendiri /menyusun sendiri dokumen - dokumen diatas. Saya sarankan gunakan jasa tukang fotocopy di dalam kawasan Samsat, tempat fotocopy di dalam kawasan samsat umumnya sudah mahir dalam menyusun dokumen untuk perpanjangan STNK atau surat lainnya. 

Jadi kita hanya perlu membawa KTP, STNK, dan BPKB asli ke tempat fotocopy ini dan biarkan mereka yang menyusun/copy dokumen termasuk menyediakan map juga. Untuk detailnya saya sudah tuliskan dibawah.

Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan (Ganti Plat Nomor)

Ini adalah pengalaman saya saat melakukan perpanjangan STNK motor 5 tahunan di daerah Jawa Barat. Bisa saja ada beberapa langkah yang beda di tempat lain tapi pada umumnya saya yakin sama karena telah di standarisasi. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah.

1. Melengkapi Berkas dan Daftar untuk Cek Fisik Kendaraan

  1. Setelah sampai di area kantor samsat, saya langsung menuju ke tempat fotocopy terlebih dahulu untuk melengkapi berkas, (tidak langsung masuk ke kantor samsat)  saya langsung serahkan KTP, STNK, BPKB asli ke tempat fotocopy dan bilang ini untuk perpanjangan 5 tahunan (ganti kaleng), dan si abang pun langsung mengerti apa saja yang harus dicopy dan langsung dirapihkan didalam map biru. Untuk fotocopy + map ini saya dikenai biaya Rp 5.000,-  (lima ribu rupiah).
  2. Setelah semua berkas lengkap, saya langsung menuju ruangan samsat. Setelah masuk saya langsung bertanya ke bagian informasi dan bilang ingin memperpanjang STNK 5 tahunan. Saya diarahkan ke loket cek fisik dengan tulisan "R. CEK FISIK"
  3. Di loket cek fisik saya berikan berkas tadi, selanjutnya petugas mengembalikan berkas saya ditambah formulir cek fisik dan saya diarahkan untuk pergi ke tempat cek fisik R2 (roda dua) dan membawa motor saya kesana.

2. Melakukan Cek Fisik Kendaraan

Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan - Ini Total Uang yang Saya bayarkan
Tempat Cek Fisik Kendaraan di Area Samsat untuk perpanjangan STNK 5 tahunan

  1. Setelah sampai di tempat cek fisik kendaraan, saya berikan berkas dan formulir cek fisik ke meja petugas cek fisik. Setelah berkas saya diterima, petugas kemudian langsung melakukan cek fisik motor saya untuk mencocokan nomor rangka dan nomor mesin. Setelah cek fisik selesai dilakukan, petugas kemudian mengisi formulir cek fisik dengan hasil pemeriksaan dengan cap/pengesahan.
  2. Berkas dan formulir cek fisik yang telah diisi kemudian dikembalikan lagi kepada saya, dan di tahap ini saya diminta sumbangan seikhlasnya. Saya beri saja lima ribu rupiah dan diterima (tidak diminta tambahan lagi) untuk sumbangan ini saya pribadi tidak keberatan karena formulir cek fisik pun diisi sama petugas, jadi saya tidak menulis apapun di formulir tersebut.
  3. Setelah proses pemeriksaan fisik kendaraan saya diminta untuk ambil/pindahkan kembali kendaraan saya ke tempat parkir biasa karena proses pemeriksaan kendaraan sudah selesai.

3. Memberikan Hasil Cek Fisik Kendaraan ke Loket Cek Fisik

  1. Selanjutnya saya kembali lagi ke loket "R. CEK FISIK" dan saya berikan berkas + formulir cek fisik yg sudah diisi tadi. Pihak loket menerima dan saya diminta untuk duduk (menunggu sampai nanti dipanggil).
  2. Setelah proses pemeriksaan di loket cek fisik, saya dipanggil lagi dan berkas lengkap yang tadi diberikan lagi kepada saya. Di loket ini saya diminta dua puluh ribu rupiah. Selanjutnya saya diarahkan untuk menyerahkan berkas ke loket "R. PENDAFTARAN 5 TAHUNAN".

4. Melakukan Pendaftaran di Loket 5 Tahunan

  1. Saya lanjut masukan berkas ke loket pendaftaran 5 tahunan, setelah berkas saya diterima saya diminta untuk duduk lagi (menunggu sampai nanti dipanggil lagi). Kemudian saya dipanggil lagi oleh loket pendaftaran 5 tahunan ini. Berkas saya dikembalikan lagi + formulir pendaftaran 5 tahunan. Saya diminta untuk mengisi formulir tersebut lalu jika telah selesai diminta untuk mengembalikannya lagi ke loket yang sama.
  2. Karena di dalam formulirnya cukup banyak yang harus diisi jadi disana disediakan meja untuk mengisi. Silahkan isi formulir dan sesuaikan dengan dokumen - dokumen yang ada di berkas seperti KTP, STNK, dan BPKB. Jika bingung harus tulis data yang mana, jangan sungkan untuk bertanya ke petugas yang ada disana.  
  3. Setelah selesai mengisi formulir, saya kembalikan lagi berkas + formulir yg telah diisi ke loket yg sama (R. PENDAFTARAN 5 TAHUNAN). Pada tahap ini saya diminta lagi uang dua puluh ribu rupiah. Selanjutnya saya diminta untuk duduk lagi (menunggu dipanggil bagian loket pembayaran).

5. Membayar Pajak STNK 5 Tahunan

  1. Kemudian saya dipanggil oleh loket pembayaran dan disana saya membayar biaya perpanjangan STNK sesuai peraturan pemerintah. Dan nominalnya cocok dengan biaya perpanjangan saat saya cek di aplikasi pembayaran online sebelumnya yaitu Rp 370.000,- (tiga ratus tujuh puluh ribu rupiah).
  2. Setelah pajak motor dibayar, saya diberikan semacam karcis dari loket pembayaran tersebut yang berisi tulisan plat nomor dan nama saya + stempel lunas. Kemudian saya diarahkan untuk menunggu didepan loket penyerahan STNK.

6. Menerima STNK Baru dan Plat Nomor Baru

  1. Setelah menunggu cukup lama akhirnya nama saya dipanggil di loket penyerahan STNK, di loket ini KTP dan BPKB asli saya dikembalikan + STNK baru. Petugas di loket ini meminta saya untuk mendatangi bagian pembuatan plat nomor (RUANGAN TNKB).
  2. Di bagian pencetakan plat nomor saya diminta untuk menyerahkan STNK yang baru dan diminta untuk menunggu proses pembuatan plat nomor baru. Setelah selesai, plat nomor baru dan STNK diserahkan kepada saya. Disini saya diminta uang sepuluh ribu rupiah.

Selesai. KTP, BPKB, STNK baru, dan Plat nomor baru sudah ada ditangan saya semua. Biasanya saya langsung mengambil tempat yang nyaman untuk memeriksa semua dokumen dan merapihkan STNK baru ke dalam plastik dan masukan KTP ke dalam dompet. Setelah semuanya rapi dan tidak ada yang tertinggal, saya langsung menuju parkiran dan pulang.

Total uang yang saya bayarkan saat mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan

Harga dibawah ini bisa saja berbeda di setiap kantor samsat, namun saya harap dengan nominal di bawah ini teman - teman bisa mempersiapkan dan memperkirakan berapa uang yang harus disediakan beserta dengan uang lain - lainnya agar nanti tidak harus bolak - balik ATM karena uang cash kurang.

  • Jasa Fotocopy & Map: Rp 5.000,-
  • Cek Fisik: Rp 5.000,- (seikhlasnya)
  • Loket Cek Fisik: Rp 20.000,-
  • Loket Pendaftaran 5 tahunan: Rp 20.000,-
  • Pajak Motor 5 tahunan: Rp 370.000,-
  • Loket Plat nomor: Rp 10.000,-
  • Parkir: Rp 2.000,-
  • Total Pengeluaran: Rp 432.000,-

Uang yang saya keluarkan saat mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan ini totalnya jadi Rp 432.000,-. Jadi jika biaya perpanjangan STNK anda misalnya tertulis lima ratus ribu di aplikasi, ya sediakan setidaknya uang sebanyak 600 ribu rupiah untuk jaga - jaga.

Perihal biaya - biaya tambahan diatas, secara pribadi saya tidak terlalu keberatan karena dari awal saya sudah siapkan uang lebih untuk biaya - biaya tak terduga seperti itu, alhadulillah uangnya masih cukup.

Tips dari saya sebelum anda melakukan perpanjangan STNK di kantor samsat

  • Lakukan perpanjangan jauh - jauh hari sebelum masa berlaku habis agar jika ada yang salah masih bisa diusahakan dan diulangi sebelum masa berlaku habis. Sekarang kita bisa melakukan perpanjangan 1 bulan (30 hari) sebelum masa berlaku STNK habis.
  • Agar tidak tebak - tebakan harga, lebih baik cek dulu berapa biaya pergantian STNK anda lewat aplikasi yang telah disediakan oleh pihak polisi. Contohnya jika di Jawa Barat ada aplikasi bernama SAMBARA bisa buat cek biaya perpanjangan STNK.
  • Jika memungkinkan, hindari perpanjangan STNK di hari senin karena biasanya jumlah pemohon lebih banyak dari hari lainnya. Sepertinya banyak karyawan yang mengambil cuti / ijin di hari senin untuk mengurus STNK.
  • Kalau mau datang pagi usahakan datangnya sangat pagi agar cepat selesai, atau kalau mau siang lebih baik setelah jam 12 (setelah makan siang) ikut gelombang terakhir biasanya lebih cepat dan lebih santai. Tapi kalau pilih datang siang resiko nya bisa saja ditolak karena sudah terlalu banyak yang daftar dari pagi dan takut tidak terlayani.
  • Bawa alat tulis sendiri seperti pulpen, dsb. Di kantor SAMSAT mungkin disediakan tapi lebih baik jika kita bawa sendiri karena nanti ada formulir yang harus diisi dan lumayan memakan waktu.
  • Pastikan baterai HP penuh dan bawa minuman atau makanan ringan seperti roti untuk jaga - jaga jika mendapat antrian yang panjang. Apalagi jika anda ikut kloter pagi biasanya belum sempat sarapan.
  • Gunakan pakaian yang rapi dan tidak berlebihan. Walaupun tidak ada sesi foto seperti perpanjangan SIM, setidaknya kita juga menghargai para petugas yang bekerja disana yang selalu menggunakan pakaian rapi saat melayani.
  • Persiapkan dokumen minimal 1 hari sebelumnya, biasanya di saat waktu mepet malah dokumen - dokumen mendadak susah dicari, utamanya BPKB.
  • Saran saya lebih baik lakukan foto copy di area samsat karena mereka pasti tahu syarat apa saja yg dibutuhkan, termasuk map juga pasti selalu tersedia. Memang pasti lebih dari harga normal tapi menurut saya itu sangat layak dan kita tidak perlu lagi repot - repot menyusun, gunting, dll.

Apakah Bisa Perpanjang STNK 5 Tahunan Online?

Sayangnya, untuk perpanjangan STNK 5 tahunan tidak bisa online. Karena untuk penggantian plat nomor atau ganti kaleng kendaraan anda harus diperiksa secara fisik untuk mencocokan apakah nomor mesin dan nomor rangka kendaraan sama dengan apa yang ditulis di dokumen.

Walaupun begitu, kita masih bisa melakukan pengecekan berapa biaya perpanjangan 5 tahunan lewat aplikasi online. Jadi sebelum berangkat kita bisa ada banyangan harus bawa uang berapa karena sebelumnya kita sudah cek dulu lewat aplikasi berapa biaya perpanjangan STNK 5 tahunan untuk kendaraan kita.

Contohnya, sebelum saya melakukan perpanjangan STNK 5 Tahunan saya periksa dulu berapa biaya perpanjangan 5 tahunan untuk kendaraan saya di aplikasi SAMBARA (khusus Jawa Barat). Disana diperlihatkan berapa biaya perpanjangan STNK 5 Tahunan untuk motor saya. Jadi saya bisa mengira - ngira berapa uang cash yang harus saya sediakan sebelum datang ke kantor Samsat.

Baca juga: Cara Perpanjang STNK Online (via Indomaret)

Apakah perpanjangan STNK bisa diwakilkan?

Bisa. Jika anda ingin memperpanjang STNK milik orang lain seperti milik orang tua, anda hanya perlu membuat surat kuasa dimana disana dituliskan bahwa pemilik kendaraan mewakilkan proses perpanjangan STNK kepada anda.

Meskipun begitu, anda tetap memerlukan KTP asli dari pemilik kendaraan. Misalnya jika anda memperpanjang STNK motor milik ibu anda, maka anda tetap harus membawa KTP asli ibu anda sebagai syarat perpanjangan STNK.

Bagaimana jika STNK sudah lewat masa berlakunya apakah masih bisa diperpanjang

Setau saya, untuk keterlambatan dibawah 5 tahun masih bisa diperpanjang. Hanya saja anda pasti dikenakan denda keterlambatan dan juga harus membayar pajak STNK tahunan selama 5 tahun tersebut.

Pada saat saya melakukan perpanjangan STNK, saya juga bertemu dengan pemohon yang dia sudah terlambat bayar pajak 2 tahun, tetapi masih bisa diurus dan tetap mendapatkan STNK baru walaupun harus bayar denda keterlambatan.

Pada dasarnya sih, pihak negara (dalam hal ini bagian penerimaan pajak) akan selalu memberikan jalan bagi kita yang memang niat untuk bayar pajak. Kalau masih ragu ya coba saja tanya - tanya ke teman atau tanya langsung ke kantor samsat tentang keterlambatan ini, mereka pasti memberitahu apa saja yang harus dilakukan agar kita bisa memperpanjang STNK.

Berapa lama saya harus meluangkan waktu untuk perpanjangan STNK

Pada pengalaman saya lumayan lama, karenan pada saat itu saya datang sekitar jam 8.00. Jam 8.00 ini termasuk 'kesiangan' kalau dalam hal layanan publik seperti perpanjangan STNK ini. Idealnya saya harus datang sebelum jam operasional dibuka sekitar jam 7.30 pagi.

Karena saya datang kesiangan, maka saya harus menunggu lumayan lama di setiap proses/loket. Saya baru bisa pulang sekitar pukul 11.00 siang. Jadi total saya mengurus perpanjangan STNK ini sekitar 3 jam.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jika anda ingin ikut 'kloter' pagi, maka usahakan datang sebelum loket dibuka. Dan jika ingin masuk 'kloter' siang, jangan tanggung - tanggung, datang setelah jam makan siang agar benar - benar masuk kloter terakhir dan biasanya kloter terakhir ini prosesnya lebih cepat dan juga lebih santai karena kebanyakan orang/pemohon sudah pulang. Jadi tinggal pendaftar sisa - sisa saja.

Tetapi jika mengincar 'kloter' siang juga ada resikonya, yaitu kita bisa ditolak dan diminta untuk datang lagi besok karena pendaftar sudah terlalu banyak dari pagi dan jika mereka menerima pendaftar baru, takut tidak akan selesai sebelum jam kantor habis. Makanya ada kemungkinan juga kita ditolak dan diminta untuk datang besokannya saja.

Kembali lagi ke pilihan masing - masing, kalau ingin pasti dilayani silahkan ikut kloter pagi, kalau ingin agak santai silahkan ikut kloter siang dengan resiko bisa ditolak karena pendaftar sudah terlalu banyak.

Semoga tutorial atau cara perpanjang STNK 5 Tahunan ini bermanfaat. Dan saya juga telah membagikan berapa total biaya yang saya keluarkan untuk memperpanjang STNK 5 tahunan ini diatas. Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. Sangat berguna informasinya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama ya. Senang bisa bermanfaat tulisannya.

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,3,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,17,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,51,Formula 1,8,Formula E,2,Games,44,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,70,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,251,OPPO,1,Peraturan,8,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,285,Toko Online,51,Tutorial,321,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,12,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,18,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan - Ini Total Uang yang Saya bayarkan
Cara Perpanjang STNK 5 Tahunan - Ini Total Uang yang Saya bayarkan
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiZH6pzjCnUtmXJbutwEAw8QGyhlN9B5RBQyoTH40kM-_dyKNxqW0gL26cA_iYmxnVxbm1Y9DHKTnurMtK2X7XP05gGBsIMvMn9Tjaq9nyhE7weQXG6JMNHXTjnj6PnGKU5KlO_gIkouzl4ty1cxUkfUCjUQo3TNIaUAy5CJ1Ysy_8bvxtiheePkBZqxw=w640-h356
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiZH6pzjCnUtmXJbutwEAw8QGyhlN9B5RBQyoTH40kM-_dyKNxqW0gL26cA_iYmxnVxbm1Y9DHKTnurMtK2X7XP05gGBsIMvMn9Tjaq9nyhE7weQXG6JMNHXTjnj6PnGKU5KlO_gIkouzl4ty1cxUkfUCjUQo3TNIaUAy5CJ1Ysy_8bvxtiheePkBZqxw=s72-w640-c-h356
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/02/cara-perpanjang-stnk-5-tahunan-ganti-plat-nomor.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/02/cara-perpanjang-stnk-5-tahunan-ganti-plat-nomor.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content