Beranda
Corel
Design
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Mudah Dark Mode di Corel DRAW
Cara Mudah Dark Mode di Corel DRAW

Berikut ini adalah cara mudah dark mode di Corel Draw. Dengan cara ini anda dapat merubah tampilan aplikasi CorelDraw menjadi mode gelap atau biasa disebut dark mode. Cara ini bisa diterapkan di aplikasi Corel Draw versi X8, 2017 (19), 2018 (20), 2019 (21), atau versi lebih baru.

Fitur dark mode saat ini bisa ditemukan di hampir semua program komputer dan juga di aplikasi smartphone. Mulai dari Instagram, Youtube, Microsoft Office, dan aplikasi lainnya telah memberikan pilihan tema dark mode dan sekarang anda juga dapat merasakan tema dark mode di Corel DRAW.

Mode dark mode di corel Draw ini sepertinya hanya untuk Corel Draw versi X8 atau lebih baru. Jika anda masih menggunakan aplikasi corel draw versi X4, X5, X6, X7 atau bahkan versi yang lebih jadul. Sebaiknya pertimbangkan untuk segera beralih atau upgrade ke versi yang lebih baru, minimal CorelDraw X8.

Cara Mudah Dark Mode di Corel Draw

  1. Buka Menu "Tools"
  2. kemudian pilih "Options" (jendela pengaturan akan terbuka)
  3. Pada bagian kiri menu pilih "Appearance"
  4. Pada bagian kanan silahkan ganti Theme menjadi "Dark" atau "Black" (pilih sesuai kenyamanan anda)Cara Mudah Dark Mode di Corel DRAW
  5. Setelah selesai memilih tema yang sesuai silahkan klik tombol "OK"

Dark mode di Corel Draw ini sangat mudah untuk dipraktekan. Dan anda pun dapat mengembalikan pengaturan tema ke pengaturan awal dengan cara yang sama. Kami sarankan anda untuk mencoba satu persatu tema yang ditawarkan, siapa tahu anda akan lebih nyaman dengan pengaturan yang dark atau malah tetap di light.

Custom Theme

Selain memilih tema yang tersedia seperti light, dark, black, dll. Anda juga dapat menentukan pengaturan warna tema sesuai keinginan. Silahkan dicari kombinasi yang pas untuk anda bekerja dengan mengatur pilihan di kolom warna "Window border" dan warna "Desktop" tepat dibawah kolom tema (theme).

Setelah memilih warna tema sendiri silahkan klik tombol "OK" seperti cara diatas. Jika dirasa kurang pas anda bisa terus mengubah di menu pengaturan yang sama. 

Semoga tulisan mengenai cara dark mode di Corel Draw ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

6 komentar

  1. smartgagdet
    smartgagdet
    Minggu, April 03, 2022
    Bang punyaku ngga ada theme gimana ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, April 03, 2022
      Wah itu kan fitur bawaan, kalau ga ada berarti ada yang kurang di file nya. Coba install ulang saja aplikasi Corel Draw nya.
  2. Unknown
    Unknown
    Minggu, Maret 27, 2022
    terima kasih ,,,sangat membantu sekali.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Maret 28, 2022
      Sama - sama ya. selamat menikmati dark mode!
  3. LA
    LA
    Rabu, Desember 01, 2021
    makasih gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 01, 2021
      Sama - sama gan. Enjoy!
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!