Cara Menggunakan Voucher Internet wifi.id Telkom Indihome Speedy

Rindi Putra
46 Komentar
Beranda
Indihome
Internet
Tutorial
Cara Menggunakan Voucher Internet wifi.id Telkom Indihome Speedy
Cara%2BMenggunakan%2BVoucher%2Bwifi%2Bid%2BTelkom%2BSpeedy

Berikut ini adalah cara untuk menghubungkan (konek /connect) internet ke hotspot wifi.id atau wifi yang disediakan oleh Telkom Indonesia yang dikunci atau di password. Cara ini dapat dilakukan dari handphone (smartphone) ataupun dari laptop. Cara ini hanya dapat dilakukan apabila kita telah membeli paket internet atau voucher (Speedy Instant Card) di konter-konter yang tersedia karena didalam kartu speedy tersebut terdapat user name dan password yang akan digunakan untuk melakukan login.

Artikel ini dibuat berdasarkan kisah nyata tim RindiTech yang ingin mencoba dahsyatnya kecepatan internet yang disediakan oleh pihak Telkom di spot – spot atau lokasi yang memang telah ditentukan. Karena antusiasnya, setelah membeli paket internet yang Rp. 5000 /hari kami langsung menyalakan laptop kemudian mengaktifkan wifi.

Namun kami bingung saat mencari dimana kami harus memasukan username + password nya karena saat menghubungkan koneksi ke wifi.id itu langsung terhubung, namun masalah muncul ketika ada tanda seru berwarna kuning yang menandakan bahwa koneksi belum dapat dipakai meskipun telah terhubung. Setelah melakukan meditasi sebentar plus googling lewat internet dari handphone, akhirnya kami menemukan caranya dan ternyata sangat mudah dan praktis.

Dimana bisa mendapat voucher internet Speedy?

Sebenarnya tidak perlu mendapatkan kartu internet secara fisik karena yang kita butuhan hanyalah username dan password jadi kita juga bisa membeli username +password tersebut secara online dengan menggunakan pulsa regular yang kita miliki. Namun pada umumnya kita bisa mendapatkan (membeli) kartu atau username +password tersebut di kantor – kantor Telkom atau di outlet (konter) yang disediakan oleh pihak Telkom di tempat – tempat umum (ramai).

Membeli Voucher Internet Speedy dengan Pulsa

Cara mendapatkan username +password atau voucher dengan pulsa telepon regular sangat mudah. Anda hanya perlu mengirim SMS dengan format: NET(spasi)JENISPAKET Kirim ke: 98108 berikut contoh bila kita ingin membeli voucher dengan harga Rp. 5000

Format SMS: NET 5000

Kirim ke: 98108 (Telkomsel & XL) Maka setelah pulsa anda terpotong sebesar 5000 rupiah, anda akan mendapatkan username + password untuk digunakan di wifi CORNER yang tersedia. Bagaimana dengan pengguna operator lain? Untuk cara lengkap membeli paket internet wifi.id Telkom Indonesia silahkan baca tulisan dibawah ini: Baca juga: Cara Membeli Paket Internet WiFi.id Telkom Semua Operator

Dimana kita bisa menggunakan Voucher (Speedy Instant Card) ini?

Pada umumnya kita bisa menggunakan voucher internet yang telah kita beli ini di area hotspot yang disebar oleh phak Telkom Speedy. Yang sudah pasti ada yaitu di sekitaran kantor – kantor Telkom di setiap daerah. Sekarang sudah tersebar banyak di area  - area ramai seperti taman kota, sekolah, kampus, mall, dan lokasi – lokasi lain yang telah dipasang atau bekerja sama dengan pihak Telkom.

Untuk daftar lengkapnya kita bisa mengakses website wifi.id dan melakukan pencarian dimana saja kita dapat mendapatkan sinyal internet (hotspot). Untuk pastinya, nyalakan saja wifi dari handphone anda, apabila disana tersedia wifi.id maka disana pula anda dapat menggunakan voucher yang telah anda beli.

Cara Menghubungkan Laptop atau smartphone ke hotspot Wifi id

  1. Aktifkan WiFi. Pastikan fitur wifi di perangkat laptop atau smartphone anda aktif dan dapat menerima sinyal internet
  2. Cari dan Hubungkan dengan hotspot wifi.id. Lakukan pencarian sinyal hotspot di lokasi anda, hubungkan dengan hotspot bernama wifi.id (sebenarnya ada beberapa nama lainnya yang disediakan oleh pihak Telkom agar dapat terhubung namun pada umumnya bernama wifi.id). pada tahap ini perangkat anda sudah terhubung dengan internet nya Telkom namun masih belum dapat digunakan karena anda belum memasukan username + password. Ditandai dengan tanda seru berwarna kuning bila di laptop.
  3. Buka browser apa saja (Chrome, Firefox, Opera, Safari, dll). Setelah terhubung, buka browser apa saja yang tersedia di perangkat anda. Bisa dengan Google Chrome, Safari (iOS),  Firefox, Opera, Safari, Windows Explorer, atau browser bawaan pun bisa bila anda menggunakan smartphone.
  4. Buka alamat website wifi.id atau alamat website apa saja. Buka alamat website apa saja, misalnya google.com . Kemudian browser akan otomatis melakukan pengalihan alamat website yang dituju (redirect) kepada halaman login wifi.id. ibaratnya ini adalah sebuah pancingan saja untuk membuka halaman login.
  5. Masukan Username + password. Ketik username + password yang anda dapatkan setelah membeli voucher baik dari sms bila membeli secara online ataupun dari kartu atau voucher fisik (jangan lupa gosok bagian hologramnya untuk mendapatkan password.
  6. Enjoy!. Selesai. Setelah proses memasukan username + password, anda sudah terhubung dengan internet yang disediakan oleh pihak Telkom. Anda dapat menikmati internet bebas tanpa batas kuota seharian (tergantung paket yang dibeli).

Baca juga: Cara UNREG Semua Layanan yang Menguras Pulsa

Kecepatan wifi.id

Dari pantauan tim RindiTech, kecepatan internet dari hotspot wifi id ini tidak terlalu mengecewakan, pada beberapa kali percobaan tes kecepatan (speed test) kami mendapatkan sekitar 7-12 Mbps untuk download dan upload. Namun hasil ini mungkin berbeda untuk setiap wilayah atau daerah.

Namun kecepatan itu juga tidak mutlak, karena pada saat pengguna hotspot ini bertambah di tempat yang sama, kecepatan yang ada berkurang dan sangat terasa penurunannya. Namun secara keseluruhan kualitas internetnya bisa diandalkan karena tidak pernah sampai nge-lag atau istilahnya lemot apalagi error.

Kecepatan diatas dilakukan hanya pada hari itu saja, jadi bisa saja hari – hari sebelumnya atau setelahnya itu lebih rendah ataupun lebih tinggi kecepatannya.

Baca juga: Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome

Semoga teman – teman dapat mengerti dan berhasil mempraktikan cara menghubungkan atau meng konek kan wifi ke hotspot wifi id milik nya Telkom diatas, bila ada kendala atau masih bingung teman – teman dapat bertanya di kolom komentar seperti biasa. Jangan lupan untuk tetap menjadi pengguna yang bijak! Selamat mencoba!

Baca juga: Download Logo Indihome by Telkomsel Terbaru

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

46 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Kamis, Januari 20, 2022
    Bang. Kalo misalkan sudah log in wifi dari jam 8 (pakai kode voucher) kemudian log out jam 9. Apakah nanti bisa log out kembali menggunakan kode voucher yg tadi?
    Mohon infonya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 20, 2022
      Setau saya sih bisa ya, karena itu itungannya 24 jam. Kalau masih ragu coba saja beli dulu paket yang paling murah.
  2. Sidik
    Sidik
    Jumat, Desember 10, 2021
    Bang apakah beli vocer wifi harus pulsa Telkomsel, saya udh coba pake Indosat tapi gak bisa
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 10, 2021
      Setau saya sekarang sudah bisa beli dari operator lain selain telkomsel. Mungkin sedang ada kendala jaringan saja. Coba lagi 1 jam kedepan.
  3. Muhammad Nasir
    Muhammad Nasir
    Sabtu, Juni 12, 2021
    mas. Kalau ditempat saya. ada jaringan wifi Mikrotik. apakah bisa pakai voucer wifi id...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 15, 2021
      Kyknya gak bisa. Setau saya jaringan wifi id tidak pakai mikrotik
  4. Alif
    Alif
    Kamis, April 22, 2021
    sinyal wifi.id digembok harus masukin password itu gimana ya solusinya? setau saya wifi.id kan open network ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, April 23, 2021
      iya setau saya juga sinyal wifi id itu gak pake password, masukin password nya setelah buka browser. Mungkin itu cuman namanya saja wifi.id, aslinya wifi rumahan biasa.
  5. Unknown
    Unknown
    Minggu, Maret 28, 2021
    Bang.. Kan tetangga pasang Wifi.id nihh.. Dan gua pengen coba" beli paket nya nihh.. Kira" bisa kan??..
    Dan kalok pindah di tempat lain yang ada wifi id nya bisa konek ngk bang??..

    Kelanjutanya Dm ig bang kalok mau mbantu.. Maaf🙏
    @bertoclok14_

    Ngk bisa notify me
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Maret 28, 2021
      Harusnya sih bisa ya. Coba aja beli paket yang paling murah dulu yang 5rb buat test
  6. Bima Wahyu Raebawa
    Bima Wahyu Raebawa
    Minggu, Februari 28, 2021
    Apakah voucher wifi.id emang hanya bisa digunakan sekali pakai? Soalnya pernah waktu listrik padam setelah nyala mau login lagi sudah kadaluwarsa vouchernya. Padahal belum habis masa berlakunya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 28, 2021
      setau saya sih itungannya tetap di waktu penggunaan ya, jadi kalaupun rekonek lagi gak masalah. Yang penting gak pindah perangkat atau ganti gadget.
  7. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Januari 30, 2021
    Bang kenapa sekarang sy tidak bisa langaung mendapatkan username and password ketika membeli pulsa wifi id hanya mendapat balasan sms "silahkan masukan pin xxxx anda" solusinya dong...Thanks
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 31, 2021
      Biasanya sih pin nya muncul di sms sebelumnya untuk konfirmasi. tapi kalau masih gak tau lebih baik tanyakan langsung ke CS telkomselnya karena saya juga kurang tau kalau itu
    2. Arif Billah
      Arif Billah
      Minggu, Februari 07, 2021
      Sama gan saya juga begitu, saya sudah telpon CS nya tapi keburu habis pulsa duluan dapat info kagak. Jadi sekarang stuck gabisa beli pake dari SMS Sama sekali
  8. Unknown
    Unknown
    Jumat, Januari 08, 2021
    Bang kenapa ya? Setiap aku beli voucher kok kadang jaringan nya menurun ya, padahal sebelumnya gak kek gitu
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 08, 2021
      bisa karena sedang banyak yang pakai atau bisa juga dari pusatnya memang sedang dibatasi. Kalau masalah jaringan kita sebagai pengguna gak bisa apa2, semoga saja kedepannya bisa lebih stabil
  9. Unknown
    Unknown
    Kamis, Desember 31, 2020
    Bang, kalo beli vouchernya hari ini tapi dipake bsk bisa gak? trus kalo beli paket voucher (5000) 1 hari bisa seharian atau ada batasan nya? makasii bg
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 31, 2020
      Beli hari ini bisa untuk dipake besoknya, yang penting tidak lewat masa kadaluarsa voucher. voucher satu 1 bisa untuk seharian
  10. Unknown
    Unknown
    Rabu, Desember 23, 2020
    Bagaimana cara mendapatkan wifi.id nya,saya masih bingung
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Desember 24, 2020
      Kalau bingung tempat wifi nya langsung saja datang ke kantor telkom terdekat terus tanya sinyal wifi.id di daerahmu ada dimana saja lokasinya. Nanti dikasihtau ada dimana saja lokasi wifi nya
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Hitam Kata
    Hitam Kata
    Rabu, Desember 16, 2020
    Untuk voycher fisik (gosok) di sana cuman tertera pssword. Bagaimana dgn usernamenya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Desember 16, 2020
      Biasanya username tertera di bagian atas atau samping password, jadi bukan di bagian yang digosok. biasanya ada dekat dengan barcode yang garis-garis, terdiri dari 10 digit atau lebih angka
  13. Unknown
    Unknown
    Minggu, Desember 13, 2020
    Kalau punya vc wifi.id d gunakan d manapun yg penting terhubung sinyal wifi katanya bisa ya? Ini punya saya kenapa ga bisa ya kak?

    D rumah saya kan d psang wifi id,terus d rumah tetangga saya jarak sekitar 100m jg pasang,waktu saya main kenrumah tetangga saya,saya coba sambungkan kok ga bisa y kak?waktu log in suruh masukin kode,saya masukkan kode yg sama kayak d rumah,ket nya kode tidak bisa d gunakan d MAC ini
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 13, 2020
      Yup! Seharusnya sih bisa dipake di sinyal wifi.id mana saja ya. Tapi sepertinya kalau ada keterangan itu sepertinya kode vouchernya dipake di perangkat yang berbeda. Jadi kalau sudah login di satu komputer/laptop/HP gak boleh dipake lagi di perangkat lain, harus diperangkat yang sama.
  14. Yuhuuu
    Yuhuuu
    Minggu, Desember 06, 2020
    Mas semisal di sekitar kita ada yg pasang wfi dr telkom, apakah wfi id bisa muncul juga dr sinyal wfinya itu mas ???
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 06, 2020
      Sepengalaman saya sih gak muncul di wifi personal gitu mas, harus dari wifi yg dipasang khusus sama telkom nya
  15. Evantli179
    Evantli179
    Jumat, September 25, 2020
    Bagaimana cara menghubungkan wifi speedy instan bukan wifi id apa harus pake kartu telkomsel? Atau kartu apapun juga bisa....
    Dan aa bila kita beli voucernya kita bisa langsung terhubung?
    Mohon pencerahanya..
    Trimakasih.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 25, 2020
      Gak perlu pake kartu telkomsel, bebas yang penting wifi nya nyala. Voucher itu isinya username dan password yang nanti digunakan saat login di halaman indihome
  16. Bumi ayu gembolo makmur homestay
    Bumi ayu gembolo makmur homestay
    Senin, Juli 27, 2020
    Klau kita beli voucernya melalui hp lalu kita pke wifi id nya di laptop itu bisa gk
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juli 28, 2020
      Bisa. Yang penting ID dan password nya benar
  17. Ulwan Murtadho
    Ulwan Murtadho
    Minggu, Juli 26, 2020
    Di sini ada @wifi.id Mas, tapi ada passwordnya (Biasanya kalau connect ke wifi.id langsung diarahkan ke website untuk login, tapi ini mau connect ke wifi.id nya sudah diminta password duluan), kira2 gmna solusinya Mas?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juli 26, 2020
      Setau saya sampai saat ini untuk login harus pake username (ID) dan password, bukan password saja. Coba saja beli paket yang paling murah terus langsung masukan passwordnya. Kalau gagal berarti itu cuman WiFi biasa yang pake nama @wifi.id (bukan resmi dari Indihome)
  18. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juni 23, 2020
    Jadi kalo di hp kita ngga ada sinyal wifi.id kita ngga bisa pake voucher nya ya??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 23, 2020
      Yup! kurang lebih seperti itu
  19. Unknown
    Unknown
    Selasa, Juni 16, 2020
    Di say ada wifi-s b8sa gk pake voucher wifi.id
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 16, 2020
      setau saya gak ada nama "wifi-s" dari indihome/telkom. Biasanya namanya "wifi.id" . Kalau penasaran ya dicoba saja, beli paket yang paling murah dulu biar gak rugi - rugi banget klo salah.
  20. Rifqiimuh
    Rifqiimuh
    Jumat, Maret 20, 2020
    Cara pembelian dengan menggunakan pulsa itu, pilihan paket nya apa aja ya? Terutama yang unlimited. Terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 21, 2020
      Pilihan paketnya ada 5000 (1 hari) /20000 (7 hari) /50000 (30 hari). Semuanya unlimited. Selain lewat pulsa sekarang sudah tersedia di toko online seperti tokopedia dan lazada ya.
  21. Config_Edan*
    Config_Edan*
    Sabtu, Maret 07, 2020
    Kalo engga ada sinyal wifi id nya gmna?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 07, 2020
      Klo ga ada berarti tidak bisa, karena untuk sumber internet semua berasal dari wifi yang dimiliki oleh telkom.
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Pur
    Pur
    Selasa, September 03, 2019
    Apakah bisa dengan kartu selain telkomsel?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, September 03, 2019
      Bisa. Jenis kartu yang digunakan sebenarnya tidak berpengaruh, yang penting kita berada didalam jangkauan wifi.id Jika kita menyalakan wifi di HP dan muncul jaringan wifi.id maka kita dapat menggunakan voucher internet telkom speedy. Selamat mencoba!
  24. dehart
    dehart
    Rabu, Oktober 04, 2017
    Kalau mau menngunakan wifi.id apakah harus di wifi corner nya? Bisa tidak dirumah soalnya kalau saya lihat jarak nya kurang dari 1km dari rumah saya. Thanks
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Oktober 04, 2017
      Untuk menggunakan wifi.id tidak harus tepat berada di wifi corner, yang penting masih dalam wilayah sinyal wifi.id
      coba saja nyalakan siyal wifi di HP, kalau disana tersedia wifi dari telkom speedy maka voucher bisa digunakan. semoga membantu :)
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!