Cara Menghubungkan Xiaomi Redmi Note 4 ke PC Komputer

Rindi Putra Rindi Putra
19 Komentar
Beranda
Tutorial
Xiaomi
Cara Menghubungkan Xiaomi Redmi Note 4 ke PC Komputer
Cara Menghubungkan Xiaomi Redmi Note 4 ke PC Komputer

Berikut ini adalah cara untuk menghubungkan smartphone Xiaomi Redmi Note 4 ke PC /laptop untuk memindahkan data yang ada di smartphone ke PC atau sebaliknya (foto, musik, file, dll). dan juga menghubungkan koneksi internet ke PC. bila selama ini anda mengalami kesulitan dalam melakukannya, berikut ini adalah caranya.

Cara ini juga digunakan bila kita ingin melakukan flashing, mengganti ROM, atau hal lainnya yang mengharuskan smartphone dihubungkan dengan komputer. Cara ini berhasil juga diterapkan untuk smartphone xiaomi type lainnya.

Masalahnya ada pada perizinan untuk perlintasan data dari handphone ke PC, atau lebih spesifiknya yaitu pada bagian USB debugging yang terletak di bagian developer options pada smartphone. pastikan juga kabel USB yang digunakan original Xiaomi atau kualitas yang setara dengan itu.

Apakah cara ini bisa untuk Xiaomi type yang lain?

Bisa. Pada dasarnya semua perangkat Xiaomi memiliki tampilan dan pengaturan yang sama karena semuanya menggunakan MIUI, software atau ROM untuk semua Smartphone Xiaomi. Jadi jika anda menggunakan type Xiaomi lain, bisa menggunakan tutorial ini untuk menghubungkan Xiaomi anda ke PC atau laptop. 

Yuk! kita langsung ke tekape, Kita ke langkah-langkahnya agar smartphone Xiaomi kamu dapat terhubung ke PC.

Cara Menghubungkan Xiaomi Redmi Note 3 ke PC atau Komputer

#1 Aktifkan Developer Mode

Anda tidak dapat mengaktifkan fitur USB Debugging sebelum mengaktifkan smartphone dalam Mode Developer dengan cara dibawah ini:

  1. Masuk ke bagian >Settings di handphone Xiaomi kamu, kemudian >About Phone.
  2. Cari tulisan MIUI version, di sebelah kanan tulisan ada keterangan tentang versi ROM yang sedang digunakan (contoh: MIUI Global 8.0 | Stable)  ketuk (tap) tulisan tersebut 7 – 12 kali sampai keluar tulisan pop up “you are now a developer”.
Cara Menghubungkan Xiaomi Redmi Note 4 ke PC Komputer

#2 Aktifkan fitur USB Debugging

Setelah anda aktifkan fitur Developer, maka menu tambahan baru akan muncul yaitu menu Developer Option, lalu kita bisa mengaktifkan USB Debugging dengan cara:

  1. Buka kembali bagian >Setting Kemudian buka bagian >Additional Settings
  2. Kemudian buka pilihan >Developer Options
  3. Cari tulisan USB debugging kemudian aktifkan fitur tersebut (dengan melakukan tap satu kali pada pilihan tersebut)
Cara Menghubungkan Xiaomi Redmi Note 4 ke PC Komputer
Selesai. Silahkan coba hubungkan ke PC atau Laptop

Setelah selesai mengaktifkan fitur USB debugging maka smartphone Xiaomi anda dapat terhubung langsung dengan PC atau komputer dengan menggunakan kabel USB dan anda pun dapat mengakses data yang ada didalam smartphone Xiaomi dari PC.

Pastikan juga port USB di PC atau laptop anda bekerja dengan baik dan pastikan juga kabel yang digunakan mendukung fitur transfer data, bukan hanya untuk mengisi daya (charging).

Ada masalah?

Bila masih belum berhasil dan masih tidak terdeteksi, pastikan anda telah menginstall Xiaomi PC Suite (MiPC Suite) di komputer atau PC yang akan dihubungkan. Dan pastikan juga kabel yang digunakan adalah kabel standar untuk menghubungkan smartphone ke komputer, bukan kabel abal – abal yang hanya dapat melakukan pengisian baterai saja.

Semoga artikel mengenai cara menghubungkan Smartphone Xiaomi Redmi Note 4 ke Komputer melalui kabel USB ini dapat membantu, bila ada pertanyaan atau masalah silahkan beritahu kami pada kolom komentar dibawah.


Artikel Terkait:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 8 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Instagram: @rindiputra :)

  1. Unknown
    Unknown
    Selasa, Februari 07, 2017
    Gabisa di miui 8.4
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 07, 2017
      harusnya sih bisa, soalnya ga ada pengaruh dengan versi miui manapun, 8.1 8.0 7.5 dll yg digunakan. coba lagi gan, atau coba di komputer /laptop yang lain
  2. Unknown
    Unknown
    Rabu, April 12, 2017
    Kenpa hp saya xiaomi redmi note 4,aku sambungin ke laptop/computer gag bsa nyambung yaa guys...ada yg tau penyebabny..??ane juga harus gimna?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 12, 2017
      kalau sudah mengikuti semua langkah diatas, pastikan menekan pop-up message yang keluar saat kabel dihubungkan, pilih 'set as storage" atau atur sebagai media "penyimpanan" semoga membantu
    2. lovelyna Tutu
      lovelyna Tutu
      Jumat, April 28, 2017
      semua saran diatas sudah dipenuhi, namun pas dicolok usb cablenya tidak ada pop up message set as storage bang! mohon petunjuk
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, April 28, 2017
      Sudah coba install Mi PC Suite belum di PC /laptop nya?
  3. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juni 02, 2017
    Sudah instal mi pc suite, sdh aktifkn usb debugging jg, tp ttp blm bisa konek,, haduhh,, knp lg ya... tolong...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 05, 2017
      kalau begitu bisa dilihat di bagian driver bila sudah masuk ke PC nanti saat muncul notifikasi di hp (beberapa detik setelah di hubungkan) segera klik notifikasi tersebut kemudian pilih 'set as media' atau yang berhubungan dengan penyimpanan
  4. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Juli 01, 2017
    Kak yg aktifkan developer mode itu bkn buat perbaharui versi MIUI kan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 01, 2017
      Bukan, itu buat memunculkan menu tambahan di settings. pembaruan veri MIUI itu di bagian updater.
  5. sino
    sino
    Minggu, Desember 10, 2017
    Admin gmn y caranya connect layar hp xiaomi redmi note 4x krecommended sellere pc via aplikasi mirror go..? Udah sya coba kok g bisa2 ya..? Padahal klo pkek samsung bisa connect via mirroe go. Mohon pncrahannya admin... Mksih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 12, 2017
      wah sepertinya itu pembahasan lain dan harus dijelaskan dalam satu artikel penuh. untuk sementara coba cek solusinya di website sebelah (google). :)
  6. Unknown
    Unknown
    Senin, Juni 25, 2018
    solusiny gan ane punya xiomi 4x lupa kata sandi & tidak bisa terdeteksi di pc / lapto, ,
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 25, 2018
      saya sarankan sih googling dulu artikel tentang solusi lupa kata sandi, habis itu baru balik lagi ke artikel ini. soalnya itu pembahasan yang berbeda dan terlalu panjang kalau di jelaskan di komentar. sudah banyak kok yang bahas gan, semoga membantu :)
  7. Husni Mujahid
    Husni Mujahid
    Minggu, Februari 07, 2021
    Thanks a lot...
    It works well
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 07, 2021
      Sama - sama mas
  8. Viruss Acakadoet
    Viruss Acakadoet
    Minggu, Februari 28, 2021
    Apakah xiaomi note 4 bisa disambung langsung ke monitor...
    Bagaimana caranya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 28, 2021
      harus pakai alat tambahan seperti chromecast, jadi nanti koneknya via wifi/bluetooth
TIPS BERKOMENTAR:
Klik/Ceklis kotak putih kecil pada bagian "Notify me" atau "Beri tahu saya" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan!