Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya

Berikut ini adalah cara untuk memindahkan (transfer) chat akun whatsapp dari smartphone atau handphone androd ke iOS (iPhone). Cara ini juga dapat digunakan untuk memindahkan chat whatsapp dari iPhone ke Android (sebaliknya). Semoga cara ini menjadi solusi bagi teman – teman yang sudah ataupun ingin berganti smartphone dari android ke iOS (iPhone) ataupun sebaliknya.

Artikel ini merupakan bahasan lanjutan dari cara transfer chat whatsapp saat ganti hape. Namun ternyata cara yang dijelaskan pada artikel tersebut hanya berhasil bila smartphone mempunyai OS (Operating Sistem) yang sama seperti Android ke android (dengan merk dan type apapun asalkan android) atau iPhone ke iPhone.

Apakah merk (brand) atau type yang berbeda berpengaruh? Seperti Samsung ke iPhone atau Xiaomi ke iPhone, atau ASUS ke iPhone, atau SONY ke iPhone, dll. Pada umumnya tidak berpengaruh asalkan tetap menggunakan OS (operating system) Android. Begitu pun sebaliknya, iPhone ke Samsung, Xiaomi, ASUS SONY, dll. Yang berbeda mungkin hanya di pengaturan awal masing – masing type yang berhubungan dengan driver handphone, namun pada umumnya sama.

Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya

Kami menemukan bahwa cara yang kemungkinan berhasilnya lebih besar adalah dengan bantuan software, dan anda juga harus menggunakan komputer /laptop sebagai media transfer. Ada beberapa software yang dapat digunakan (termasuk iTunes untuk PC), ada beberapa yang gratis, dan ada juga yang memiliki lisensi dimana anda harus membelinya untuk mendapatkan fitur penuh.

Cara Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone atau Sebaliknya


  1. Install iTunes di komputer /laptop.
  2. Aktifkan USB debugging pada handphone android
  3. Backup Chat WhatsApp di Android
  4. Hubungkan handphone ke komputer dengan kabel USB
  5. Hubungkan iPhone ke komputer dengan kabel USB
  6. Install & Buka Software untuk transfer Chat WhatsApp (BackupTrans)
  7. Pilih smartphone Android yang terbaca didalam Software
  8. Pilih Transfer Messages from Android to iPhone (>File >Transfer Messages from Android to iPhone)
  9. Pilih iPhone yang ingin di transfer (chat)
  10. Klik Confirm. Selesai.

Penjelasan Cara Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone atau Sebaliknya


  1. Install iTunes di komputer /laptop. Pastikan anda telah memiliki iTunes di komputer dengan versi terbaru, bila belum anda bisa download langsung dari website resmi Apple.
  2. Aktifkan USB debugging pada handphone android. Cara mengaktifkan USB debugging bisa dengan membuka bagian Setting pada smartphone android anda, >Setting >About >Tap (ketuk) Build Number 7-11 kali untuk mengaktifkan Developer Mode. Kemudian Buka kembali bagian >Setting >More >Developer options >enable USB debugging. Bila anda kebingungan, dapat mengikuti cara pada artikel terpisah ini yang dilengkapi dengan gambar dan penjelasan yang lebih rinci. >>Cara Menghubungkan Smartphone ke PC.
  3. Backup Chat WhatsApp di Android. Lakukan Backup chat terlebih dahulu dengan membuka bagian >Setting >Chats >Backup >Klik tombol (tulisan) “Backup”.
  4. Hubungkan handphone ke komputer dengan kabel USB. Pastikan kabel yang digunakan adalah kabel standar (original) untuk menghindari kegagalan transfer dan kegagalan penghubungan. Tunggu beberapa saat sampai smartphone Android terinstal di komputer dengan sempurna.
  5. Hubungkan iPhone ke komputer dengan kabel USB. Pastikan juga kabel yang digunakan adalah kabel original standard iPhone. Tunggu beberapa saat sampai iPhone terinstal di komputer dengan sempurna.
  6. Install & Buka Software untuk transfer Chat WhatsApp (BackupTrans atau WhatsMate). Ada 2 buah software yang dapat digunakan yaitu BackupTrans atau WhatsMate, untuk kali ini kami akan gunakan software BackupTrans sebagai contoh. Download aplikasinya disini >>BackupTrans
  7. Pilih smartphone Android yang terbaca didalam Software. Setelah software terinstall dan dibuka, pada bagian Device (kiri) akan muncul smartphone yang terhubung dengan computer. Pilih (Klik /aktifkan) Smartphone Android anda (Biasanya akan muncul dengan type handphone seperti Galaxy S4, Redmi Note 3, dll)
  8. Pilih Transfer Messages from Android to iPhone. Pilih tulisan atau fitur yang bertuliskan Transfer Messages from Android to iPhone, bila tidak dapat menemukan anda bisa membuka >File >Transfer Messages from Android to iPhone.
    Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya
  9. Pilih iPhone yang ingin di transfer (chat). Karena anda menghubungkan satu buah iPhone pada computer maka sepertinya tidak akan sulit menemukan didalam list. Pilih iPhone tersebut.
    Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya
  10. Klik Confirm. Selesai. Setelah iPhone dipilih kemudian klik Confirm. Selesai.

Tutup Aplikasi transfer yang digunakan, cabut (Eject) kabel yang menghubungkan smartphone dengan PC (Android & iPhone). Setelah melakukan semua langkah diatas maka anda telah selesai melakukan transfer chat whatsapp dari smartphone berbasis Android ke smartphone berbasis iOS atau iPhone.

Bagaimana bila smartphone android tidak dapat terdeteksi di komputer?

Bila smartphone android anda tidak muncul didalam software transfer, install lah software suite yang disediakan oleh perusahaan brand handphone android tersebut, misalnya kalau smartphone Xiaomi, maka anda harus menginstall Mi PC Suite, Kalau Nokia berarti anda harus menginstall Nokia PC Suite, untuk Samsung berarti anda harus menginstall Samsung Kies PC Suite, begitu juga dengan merk – merk lainnya.

Bila ada kendala atau kesulitan dalam mengaplikasikan langkah transfer chat whatsapp diatas, silahkan tuliskan testimony atau pertanyaan anda pada kolom komentar dibawah, disarankan menggunakan kolom komentar via blogger (email) bukan menggunakan komentar via Facebook untuk respond yang lebih cepat. Jadilah Pengguna yang bijak! #beWiseUser

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
April 1, 2017 at 12:51 PM delete

Kalo pake backuptrans harus di root dulu gan andro nya.. walah cuma mau mindah chat history WA aja musti ngeroot android 😣

cara lain gan? mohon dibalas, sangat sangat butuh dan mungkin bukan cuma saya yg butuh. Thanks.

Reply
avatar
April 1, 2017 at 8:38 PM delete

Bisa gan tanpa harus di root, cuman harus pakai whatsapp yang sudah dimodifikasi terlebih dahulu. Cara lengkapnya masih disusun karena terlalu panjang kalau harus disimpan di komentar.

kalau butuh buru - buru agan bisa cari dulu di toko2 sebelah, mungkin ada yang sudah posting. tapi kalau mau pantengin website rinditech.com juga boleh. Begitu tutorialny selesai, langsung akan kita posting.

Reply
avatar
April 2, 2017 at 8:38 PM delete

Gitu ya.. baik saya tunggu gan. terimakasih 👍

Reply
avatar
April 4, 2017 at 1:24 AM delete

Backuptrans nya ga jalan gan. Padahal udah di-downgrade Whatsapp di handphone

Reply
avatar
April 5, 2017 at 7:53 AM delete

ga jalan pas gmn gan? sepertinya ga perlu di downgrade whatsapp nya

Reply
avatar