Cara Membuat Tulisan Tebal, Miring, Coret bahkan Kombinasi di WhatsApp

Berikut ini adalah cara untuk membuat tulisan tebal (bold), miring (italic) dan coret (strikethrough) di aplikasi WhatsApp /WA dan bahkan kita dapat membuat tulisan kombinasi antara efek – efek tersebut seperti tulisan tebal dan miring, atau kombinasi antara coret dan miring, atau bahkan kombinasi antara ketiga efek tersebut yaitu tebal, miring dan coret dalam tulisan atau kata yang sama.

Sebuah terobosan baru telah dilakukan oleh salah satu aplikasi chatting yang sudah mendunia, yaitu WhatsApp dengan fitur barunya, sekarang kita bisa memberikan sentuhan efek seperti halnya kita menulis pada sebuah komputer seperti efek tebal dan miring, juga yang mungkin jarang digunakan adalah efek coret.

Namun fitur tersebut sepertinya sudah dapat diprediksi kemunculannya karena fitur – fitur tersebut memang sangat dibutuhkan oleh para pengguna aplikasi chatting seperti halnya membuat tulisan di komputer dan whatsApp lah yang merespon dengan cepat kebutuhan ini. Kita tunggu saja fitur ini akan menjamur pada aplikasi – aplikasi chatting lainnya. Hehe

Cara Membuat tulisan Tebal, Miring dan Coret di Aplikasi WhatsApp


Berikut adalah cara untuk membuat tulisan tebal (bold) miring (italic) dan Coret (Strikethrough). Untuk membuat efek – efek ini tidak memerlukan settingan khusus pada smartphone ataupun settingan di aplikasi (WhatsApp) yang harus dipastikan adalah anda menggunakan aplikasi WhatsApp yang terbaru. Bila belum, segeralah melakukan update aplikasi melalui Play Store yang ada pada smartphone anda.

Anggap saja kita sudah berada pada antarmuka whatsApp dan kita sedang mengetik sesuatu untuk salah satu kontak atau group. Untuk memudahkan, kita langsung bongkar saja tulisan – tulisan yang ada pada gambar dibawah ini:

Cara Membuat Tulisan Tebal, Miring, Coret bahkan Kombinasi di WhatsApp

Berikut ini adalah tulisan yang ada di gambar, ditulis ulang dengan tanda ‘rahasia’ nya.

*Ini contoh tulisan full bold (tebal)*
Ini contoh *sebagian* bold

_Ini contoh tulisan full italic (miring) _
Ini contoh _sebagian_ italic

~Ini contoh tulisan full strikethrough (coret) ~
Ini ~sebagian~ strikethrough


Tanda kunci:
Bold
Untuk membuat efek bold /tebal kita hanya perlu menambahkan symbol bintang (*) tanpa spasi diantara kata atau tulisan (*bold*)

Italic
Untuk membuat efek italic /miring kita hanya perlu menambahkan garis bawah (_) tanpa spasi diantara kata atau tulisan (_italic_)

Strikethrough
Untuk membuat efek strikethrough /coret kita hanya perlu menambahkan garis ombak (~) tanpa spasi diantara kata atau tulisan (~strikethrough~)

Bagaimana cara membuat tulisan dengan efek kombinasi?


Untuk membuat tulisan kombinasi pada chattingan di WhatsApp prinsipnya sama saja dengan efek yang single, hanya bedanya kita menambahkan tanda kunci ganda pada kata atau tulisan yang dikehendaki. Yang perlu diperhatikan adalah penempatan tanda kunci karena bila salah penempatan, bila salah maka hasilnya tidak akan sempurna.


Tanda kunci:
Bold +Italic
*_bolditalic_*

Strikethrough +Italic
~_strikethroughItalic_~

Bold +Italic +Strikethrough
*_~boldItalicStrikethrough~_*

Agar lebih mudah berikut kami jabarkan tulisan ulang dari kata – kata yang ada pada gambar dibawah ini lengkap dengan tanda kuncinya:

Cara Membuat Tulisan Tebal, Miring, Coret bahkan Kombinasi di WhatsApp

Ini contoh tulisan kombinasi antara *_bold dan italic_* (tebal +miring)
Ini contoh kombinasi antara ~_strikethrough dan italic_~ (coret +miring)
Ini tulisan kombinasi antara *_~bold, italic dan strikethrough~_* (tebal +miring +coret)

Saat kita menerima pesan dari seseorang yang menggunakan whatsApp versi terbaru, nama mereka akan ditebalkan pada saat muncul di notifikasi dan tulisan yang telah diberi efek pun akan terlihat. Pada versi ini pun kita akan mendapat fitur tambahan berupa fungsi untuk membalas pesan dengan mudah (quick reply), kemampuan untuk memilih multiple chat dan kontak, dan pilihan warna solid untuk wallpaper.

Berikut adalah ulasan lengkap mengenai fitur – fitur baru yang dihadirkan WhatsApp pada update terakhirnya. Semoga tulisan ini dapat membantu teman – teman semua dan bermanfaat. Aamiin.. bila masih memiliki kendala dengan penerapan fitur baru ini, jangan segan untuk bertanya pada kolom komentar dibawah. Terima kasih. #beWiseUser.

Artikel Terkait:

20 Responses to "Cara Membuat Tulisan Tebal, Miring, Coret bahkan Kombinasi di WhatsApp"

  1. makasih sharingnya, singkat-padat-jelas+contoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama gan, senang dapat membantu.. bila ada pertanyaan atau permasalahan seputar WhatsApp jangan ragu untuk bertanya disini.
      terima kasih atas testimoni nya

      Delete
  2. Replies
    1. sama - sama mas, senang dapat berbagi..
      terima kasih atas testimoninya..

      Delete
  3. Replies
    1. selamat mencoba gan, terima kasih testimoni nya

      Delete
  4. Replies
    1. untuk format garis bawah atau underscore sepertinya harus nunggu update selanjutnya.. skrg belum ada

      Delete
  5. Trims brow.. Ditunggu artikel berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap bro.. sama - sama. thanks testimoninya!

      Delete
  6. Replies
    1. sama - sama bro Unknown! thanks testimoni nya.

      Delete
  7. Replies
    1. sama-sama.. senang dapat membantu. makasih testimoni nya!

      Delete
  8. Replies
    1. sama - sama bu. senang dapat membantu. makasih testimoni nya.

      Delete
  9. Bro kenapa hp Microsoft ga bs download playstore...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo playstore setau ane itu khusus untuk android. klo untuk hp microsoft yg berbasis windows itu ada aplikasi khusus seperti playstore namanya Windows store. semoga membantu gan,

      Delete