Tips Penting Memilih Nama Domain (Alamat Website) untuk Semua Jenis Website

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pemilihan nama domain atau alamat website yang dapat diaplikasikan untuk semua jenis website (toko online, majalah online, berita, profil perusahaan, jasa, organisasi, event, personal, dll). Kenapa penting? Karena sedikit banyaknya nama domain dapat berpengaruh terhadap seluruh statistik pada sebuah website, baik itu statistik pengunjung, penjualan, pendapatan sampai kepada statistik di mata mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo Search, dll.

Oleh sebab itu pemilihan nama domain untuk sebuah website dianggap sangat penting oleh sebagian besar pemilik website terutama bagi mereka yang bergerak di area komersil (bisnis). Bagi sebuah perusahaan yang memilik dana khusus, tidak sedikit dari mereka yang rela mengeluarkan biaya lebih untuk mendatangkan seorang konsultan ‘hanya’ untuk mendapatkan sebuah nama domain yang pas.

Tips Penting Memilih Nama Domain (Alamat Website) untuk Semua Jenis Website

Berikut adalah tips – tips penting yang kami peroleh dari berbagai sumber yang telah berpengalaman dengan pemilihan nama domain (Rand Fishkin konsultan dari moz.com, registrar (godaddy.com), dan para blogger senior). Perlu diingat ini adalah tips untuk semua jenis website (toko online, profil perusahaan, organisasi, personal, event, dll).

1. Buatlah nama yang mudah diketik dan disebutkan

Ketika kita mengucapkan alamat tersebut secara verbal pastikan orang lain dapat mengetikan alamat tersebut tanpa harus kita bimbing huruf per huruf (spelling). Bila kita menyebutkan “rumahkita.com” maka orang lain akan mudah mengingatnya dan akan sedikit sekali kesalahan dalam mengetik karena kata – kata tersebut sangat umum dan jelas. Berbeda bila kita menyebutkan “blokinspirasi.com” maka orang lain akan sedikit sulit untuk menuliskannya di address bar, bisa saja menjadi “blockinspirasi.com” atau “bloginspirasi.com. bila ini terjadi, kita bisa kehilangan pengunjung potensial untuk website kita. 

Menurut artikel yang ditulis oleh Rand Fishkin cobalah untuk menghindari huruf - huruf ini :”q”, “z”, “x”, “c”, “p”. terutama bila menggunakan nama yang berbau (bahasa) inggris.

2. Usahakan tetap pendek

Kata - kata yang panjang memang akan menggambarkan lebih jelas isi sebuah website namun para pakar SEO dari MOZ.com masih mempercayai bahwa alamat website yang pendek masih lebih baik ketimbang alamat website yang panjang meskipun jelas menggambarkan isi website tersebut. Selain agar mudah diingat, kemungkinan salah ketik pun akan berkurang bila menggunakan nama domain yang pendek.

3. Olah dari beberapa kata kunci utama (top keywords)

Ambilah (misal) 4 kata yang sangat menggambarkan website kita lalu tambahkan beberapa frasa didepan atau belakang sampai kita menemukan kata yang pas dan sangat menggambarkan isi website kita. Misalnya: kita akan membuat website tentang reparasi kendaraan maka kita bisa memulai dari kata seperti jasareparasi, otoreparasi, montirservice, otoservice, sampai kita menemukan paduan yang cocok. Mengambil alamat website dari kata kunci juga sangat baik di mata mesin pencari.

4. Buatlah Alamat yang Unik

Mempunyai nama domain yang mirip dengan website yang sudah populer atau sudah dimiliki oleh orang lain merupakan hal yang sangat beresiko, Rand FIshkin sendiri menyebut hal ini seperti bencana karena kemungkinan pengunjung kita salah alamat akan sangat tinggi. Rish mencontohkan dan masih meyakini bahwa website berbagi foto milik Yahoo (Flickr.com) sangat ingin membeli nama Flicker.com karena Yahoo kehilangan banyak sekali pengunjung karena ‘kesalahan’ pengetikan atau ‘spelling correction’. Bliau memberikan ilustrasi bila seorang anak menyuruh orangtua mereka melihat foto di flickr.com maka kemungkinan orang tua tersebut menuliskan Flicker.com sangat tinggi.

5 tahun setelah berdiri, Flickr.com akhirnya memiliki (membeli) nama Flicker.com dengan mahar yang sangat fantastis dan proses yang tidak mudah.

5. Pilihlah ekstensi domain yang benar – benar pas (.com .net .co .org .asia dll)

Walaupun sekarang telah tersedia ekstensi yang beragam seperti .asia .country .travel .store dll, sebagian besar ahli masih berpendapat bahwa ekstensi .COM masih menjadi primadona dan tetap diusulkan menjadi pilihan utama untuk sebuah ekstensi, sampai sekarang ini orang – orang akan otomatis menambahkan dan menyimpulkan bahwa website tersebut menggunakan ekstensi .com

Tips Penting Memilih Nama Domain (Alamat Website) untuk Semua Jenis Website

Sebagai referensi, berikut beberapa ekstensi yang umum digunakan dan peruntukannya.
  • .co: sebuah perusahaan (company), keuangan, komunitas
  • .info: website informasi
  • .net: teknikal, internet infrastruktur
  • .org: organisasi non-profit
  • .biz: bisnis, komersil, website e-commerce
  • .me: blog, resume, website pribadi

Kalaupun anda memilih untuk menggunakan esktensi selain .com, sangat disarankan agar kita tetap memiliki nama domain versi .com nya (untuk di re-direct) agar kita tidak kehilangan pengunjung karena kesalahan mengetik ekstensi.

6. Pilihlah nama yang mudah diingat

Masih ingat promosi dari mulut ke mulut? Bagaimana teman anda dapat memberitahu teman – temannya yang lain bila nama website anda saja mereka tidak ingat?

7. Penuhi Ekspektasi

Pilihlah nama domain yang benar – benar menggambarkan isi dari website tersebut, orang – orang akan menerka apa isi dari website kita dari nama yang digunakan. Bila kita mendengar kata jobsDB.com pasti kita sudah dapat membayangkan apa isi dari website tersebut, begitu juga dengan tokopedia.com atau berniaga.com. Seorang konsultan domain percaya bahwa Amazon.com membutuhkan usaha yang lebih untuk (Branding) memberitahu orang – orang bahwa website mereka adalah sebuah ritel online bukan website tentang hutan Amazon.

8. Hindari copyright (hak cipta)

Menggunakan nama domain yang telah terdaftar sebagai hak cipta milik orang lain memang jarang terjadi tetapi dapat mematikan sebuah website bila itu benar – benar terjadi. Sebelum memilih, pastikan dulu nama domain yang kita pilih itu benar – benar ‘bersih’ dan tidak memiliki potensi masalah dikemudian hari.

9. Buatlah sebuah ‘Brand’

Menggunakan sebuah nama yang unik akan memberikan nilai tambah bagi website milik kita. Sebuah Brand itu bukan hanya kumpulan dari beberapa kata, nama domain seperti jualbarangdisini.com atau caritiketuntukmudik.com tidak dapat disandingkan dengan nama seperti tokopedia.com atau traveloka.com karena bila dicermati secara mendalam kita akan dapat merasakan mana yang disebut brand dan mana yang disebut kumpulan kata.

10. Hindari penggunaan symbol dan angka

Kesalahan persepsi dalam mengetikan alamat sangat mungkin terjadi, apakah dengan menggunakan angka (7) atau (tujuh) /(seven). Atau lupa memasukan tanda minus /dash (-) yang membuat calon pengunjung kita tidak ‘mendarat’ di website yang kita inginkan.

11. Jangan Mengikuti Tren

Bila kalian berniat untuk menciptakan website jangka panjang maka tips ini perlu mendapat perhatian yang lebih karena kita tahu sendiri tren itu dapat berubah sewaktu – waktu dan bisa saja hal yang kita anggap ‘keren’ bulan ini mungkin saja akan terlihat aneh beberapa bulan ke depan. Kasus Flickr.com diatas adalah salah satu contoh akibat dari mengikuti tren dengan menggunakan nama plesetan (miss spelling) dari nama yang diinginkan tetapi tidak tersedia atau sudah di beli. Bayangkan nama domain kita beberapa tahun ke depan, apakah akan stan out atau sama dengan kumpulan domain – domain pada umumnya.

12. Target cakupan area (bila perlu)

Bila target pengunjung anda hanya untuk satu ataupun beberapa wilayah, jangan segan untuk menambahkan nama area tersebut contoh: BandungCarWash.com /carwashJKT.com cara ini akan sangat membantu calon pengunjung untuk menemukan website kita melalui mesin pencari.

13. Lindungi Brand domain anda

Bila mempunyai dana yang cukup, kita dapat membeli beberapa nama domain (selain domain utama) yang mirip – mirip dan sekiranya potensi ‘salah ketik’ paling besar misalnya kita memilih carwashJKT.com untuk domain pilihan kita lalu kita juga membeli nama domain carwashjakarta.com untuk memproteksi orang lain menggunakan nama tersebut dan kita tidak akan kehilangan pengunjung karena kita dapat ‘mengirim’ pengunjung yang mengunjungi carwashjakarta.com ke website utama kita (carwashjkt.com)

14. Cek ketersediaan dan Bertindak cepat

Sangat mungkin bahwa nama domain yang kita inginkan telah dipakai oleh orang lain, kadang kita dipusingkan untuk mencari nama domain alternatif karena nama yang kita inginkan sudah tidak tersedia. Kalaupun bisa di ‘tebus’ (membeli kepada pemilik yang sekarang) harganya pasti akan melambung. Maka dari itu segeralah amankan domain yang anda inginkan sebelum terlambat.

Gunakanlah website penyedia domain /hosting untuk mengecek ketersediaan, tidak perlu langsung di beli, hanya pastikan bahwa nama tersebut masih tersedia sehingga dapat benar – benar kita jadikan sebagai nominasi untuk dipilih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »