Cara Mengetahui Device ID (16 Digit) pada smartphone / Tablet Android

Bila kita ingat beberapa waktu yang lalu saat smartphone Blackberry memegang sebagian besar pangsa pasar di Indonesia. Kita (sebagian besar) sudah tahu cara untuk melakukan pengecekan nomor IMEI pada setiap ponsel Blackberry. Nah pada adroid juga ada kode semacam itu namun tetap disembunyikan di halaman default setiap smartphone dan hanya dapat dilihat dengan memasukan kode khusus seperti pada smartphone blackberry yaitu dengan memasukan beberapa nomor pada fitur telepon.

Kegunaan Device ID pada smartphone Android


Selain sebagai nomor seri atau pengenal, Device ID pada sebuah smartphone Android juga digunakan sebagai nomor pengenal agar kita dapat melakukan download file APK ke PC dengan mudah melalui chrome extension (baca: Cara Download File APK dari Playstore ke PC). Sebelum kita dapat mendownload aplikasi dari Playstore melalui PC, kita akan diminta memasukan Device ID sebelum benar – benar dibebaskan untuk melakukan download aplikasi (APK) yang ada di Playstore.

Cara Mengetahui Device ID pada smartphone /tablet android


Disini kami akan memberikan 2 cara untuk mengetahui Device ID pada smartphone /tablet android kita yang berlaku untuk hampir di semua jenis Android yang sekarang ada di pasaran sebagai berikut.

1. Dengan menggunakan kode: Ini adalah cara yang paling mudah dan sangat simple untuk dilakukan, tidak perlu install aplikasi atau apapun, kita hanya perlu memasukan kode dibawah ini pada fitur panggilan (seperti melakukan cek pulsa).

*#*#8255#*#*

Cara Mengetahui Device ID (16 Digit) pada smartphone / Tablet Android


Seperti gambar diatas akan muncul ketika kita telah menekan seluruh kode tersebut (*#*#8255#*#*) dan GTalk Service Monitor akan muncul seketika dan memperlihatkan berbagai informasi mengenai perangkat android anda termasuk Device ID yang sedang kita bicarakan. Cara ini berhasil pada hampir seluruh merk dan type Android yang ada saat ini, namun bila menurut anda cara ini tidak berhasil kita masih dapat menggunakan cara yang kedua.

2. I nstall Aplikasi “Device ID: Bila cara yang pertama tidak berhasil anda masih dapat melakukan pengecekan mengenai Device ID dengan menggunakan sebuah aplikasi yang memang dikhususkan untuk memunculkan seluruh informasi yang tersimpan pada perangkan Android anda, termasuk Device ID. ”: Tenang saja, Aplikasi ini tidak memakan memori penyimpanan anda karena aplikasi ini sangat ringan sekitar 40KB.

Cara Mengetahui Device ID (16 Digit) pada smartphone / Tablet Android


Gambar diatas adalah halaman download Device ID yang tersedia di playstore, anda dapat mendownload aplikasi Device ID ini disini. Cara menggunakannya juga sangat mudah anda hanya perlu menginstall aplikasi ini dan membukanya seperti biasa, dan seluruh data (termasuk Device ID) pada smartphone anda akan muncul. Kelebihan menggunakan aplikasi Device ID ini, kita akan mengetahui juga detail yang lebih banyak seperti Google Services Framework Key ID, IMEI, IMSI, SIM Card Serial, WiFi MAC Address, dan juga Ethernet MAC Address.

Semoga informasi ini berguna bagi anda yang sedang mencari cara untuk mengetahui Device ID pada smartphone /tablet anda untuk berbagai hal. Bila anda ingin membagikan artikel ini kepada teman anda, silahkan share melalui aplikasi social media share yang ada di bawah ini. Terimakasih! J

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
December 11, 2015 at 12:47 PM delete

Sangat bermanfaat gan, jangan lupa kunjungannya ke blog saya :) kumpulan app android juga

Reply
avatar