Tanggapan Xiaomi atas tuduhan pengumpulan data (pribadi) pengguna secara diam – diam

Tanggapan Xiaomi atas tuduhan pengumpulan data (pribadi) pengguna secara diam – diam
Berikut adalah tanggapan dari pihak Xiaomi atas tuduhan pengumpulan data pribadi pengguna secara diam – diam dan mengirimkannya pada server rahasia yang ada di China. Bagi anda yang baru membaca artikel tentang issue ini sebaiknya anda membaca terlebih dahulu artikel bagian pertama mengenai isu Xiaomi ini disini (Xiaomi Diduga Mengirim Data Pengguna ke server yang ada di China).

Seperti yang kami janjikan sebelumnya bahwa kita akan membicarakan tentang tanggapan Xiaomi dari akun Facebook resminya Xiaomi India karena website besar seperti GSMArena juga mereferensikan link pernyataan resmi Xiaomi India ini karena berhubungan dengan isu pengumpulan data illegal yang tengah mengudara.

Berikut Pernyataan resmi dari Xiaomi India yang menanggapi isu ini dengan format Tanya jawab, kami akan mencoba mengartikannya saja, tidak ada yang dikurangi atau dilebih – lebihkan.

Q = Question (pertanyaan)
A = Answer (Jawaban)

Q: Beberapa artikel online baru – baru ini tengah menyoroti beberapa isu privasi pada Redmi Note, dan mengklaim bahwa foto-foto dan pesan singkat dikirim ke China secara diam – diam. Apa itu Benar?

A: Beberapa artikel online sangat salah menginterpretasikan sebuah ‘thread’ diskusi  yang menanyakan tentang komunikasi Redmi Note dengan server yang ada di China. Artikel tersebut juga tidak berdasarkan pernyataan resmi (Q&A) dari Xiaom yang telah diposting oleh Facebook Page Xiaomi Hong Kong (https://www.facebook.com/Xiaomihongkong/posts/799059896795602). Bahwa MIUI tidak mengUpload foto-foto dan pesan singkat secara diam – diam.
MIUI (Xiaomi) meminta data public dari server – server Xiaomi dari waktu ke waktu. Data – data yang dimaksud seperti “preset greeting messages (ribuan humor, ucapan – ucapan liburan dan puisi – puisi) dala applikasi pesan (Messaging)dan MIUI OTA update notifications, semua data non-personal yang tidak melanggar privasi pengguna.

Q: Apakah Xiaomi mengUpload data pribadi tanpa saya ketahui?

A: Tidak. Xiaomi menawarkan service yang disebut “Mi Cloud” yang memungkinkan para pengguna melakukan backup dan mengelola informasi pribadi secara online, seperti melakukan sinkronisasi kepada gadget yang lain. Ini berupa Kontak, Notes, Pesan singkat, dan Foto-foto. Fitur Mi Cloud dimatikan pada posisi default (standar). Para pengguna harus melakukan log – in dengan akun Mi mereka dan secara manual menghidupkan Mi Cloud. Mereka juga mempunyai pilihan untuk mematikan (turn off) untuk beberapa type data yang diinginkan. Penggunaan dan penyimpanan data di Mi Cloud sangat patuh pada setiap peraturan yang ada di setiap Negara dan wilayah. Menggunakan algoritma yang sangat kuat yang digunakan untuk melindungi privasi pengguna.

Q: Apakah saya dapat menonaktifkan layanan Mi Cloud?

A: Ya. Anda hanya perlu ke bagian Settings> nonaktifkan fitur Mi Cloud. Jika anda ingin menggunakan backup service dari provider lain ada beberapa pilihan seperti dari Google, Dropbox dan masih banyak lagi yang lainnya.

Q: Kenapa Saya harus percaya dengan anda?

A: Xiaomi sangat serius tentang privasi pengguna dan mengambil langkah - langkah untuk memastikan bahwa internet service kita mematuhi semua peraturan pengguna (Privacy Policy). Kami tidak melakukan upload informasi pribadi dan data tanpa seizing pengguna. Dalam ekonomi yang global, Produsen – produsen gadget China telah melakukan penjualan yang sangat baik dengan skala Internasional, dan banyak dari Brand – brand internasional sangat suksek di China  - segala bentuh pelanggaran hokum akan sangat merugikan upaya ekspansi global perusahaan.

Selesai.
Sumber: (https://www.facebook.com/MiIndiaOfficial/posts/1516675545213678)

Semoga dengan dirilisnya pernyataan resmi ini para pengguna dan calon pengguna Xiaomi khususnya yang ada di Indonesia mendapat sedikit pencerahan akan isu ini. Dengan adanya isu ini pula mengingatkan kami akan pemberitaan mengenai RIM yang mengumpulkan segala data dan percakapan pengguna BBM kepada server pribadi mereka.

Untuk itu pada dunia teknologi yang sangat pesat ini sangat susah sekali untuk merahasiakan data kita apabila sudah di upload ke internet, baik itu sudah disetting sedemikian rupa tetap saja sangat rentan untuk disebarluaskan. Maka dari itu bijaklah dalam menggunakan media – media internet seperti media sosial dan lainnya karena tidak ada yang bisa menjamin 100% bahwa data kita akan aman selamanya.


Semoga artikel tentang Tanggapan Xiaomi atas tuduhan pengumpulan data (pribadi) pengguna secara diam – diam ini dapat menambah referensi anda dalam memilih dan menggunakan gadget anda secara bijak. Bila anda ada informasi tambahan, pertanyaan ataupun pendapat tentang berita seputar isu ini anda bisa langsung memberikannya di kolom komentar dibawah, dapat melalui akun facebook anda ataupun dengan Open user ID dibawahnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »