Xiaomi Diduga Mengirim Data Pengguna ke Server yang ada di China (UPDATE)

Xiaomi Diduga Mengirim Data Pengguna ke Server yang ada di China (UPDATE)
Xiaomi Diduga Mengirim Data Pengguna ke Server yang ada di China. Baru-baru ini ada berita yang sedikit menggemparkan dunia teknologi dengan aktor utamanya yaitu produsen hanphone asal China, Xiaomi. Menurut GSMArena Produsen asal China ini RedMi Note tertangkap mengirimkan data pribadi pengguna ke server yang berada di Negara asalnya tersebut yaitu China.

Salah satu kalimat yang saya ingat dari artikel GSMArena adalah seperti ini:

You always had a feeling that Xiaomi’s deals were too good to be true, but you just couldn’t figure out what the catch was exactly, right?

Artinya kurang lebih seperti ini (mohon maaf kalau kurang pas):

Kamu selalu mempunyai perasaan bahwa penawaran dari Xiami semuanya terlalu bagus, tapi kamu tidak dapat menggambarkan apa yang sebenarnya terjadi, ia kan?

Ketika membaca kalimat itu sayapun langsung berpikir bahwa pasti ada sesuatu dibalik murahnya harga-harga produk Xiaomi dengan spesifikasi yang selalu diatas rata-rata. Namun hal ini juga bisa jadi hanya akal-akalan sebagian pihak yang merasa terancam akan keberadaannya pesaing baru di segmen smartphone ini. Semuanya bisa saja terjadi namun kita sebagai konsumen tentu harus dapat menyadari ini semua dan harus tau resiko dari setiap pilihan yang kita ambil.

Oke, kita kembali lagi ke pokok pembahasan tentan Xiaomi yang sedang dicurigai ini.

Data apa saja yang dikirim melalui jalur “rahasia” ini?

Menurut GSMArena data pengguna yang dikirim melalui jalur rahasia ini tidak lain adalah Foto Pengguna dan Pesan Singkat (SMS) yang ditransfer ke server yang berada di China. Menurut GSMArena pula smartphone Xiaomi akan otomatis terhubung pada sebuah alamat IP kapanpun perangkat itu terhubung dengan jaringan WiFi dan mengirim data. Perangkat itu juga akan tetap mengirim data melalui sambungan 3G tetapi dengan ukuran yang lebih rendah.

Berita lainnya lagi sistem otomatis ini tidak dapat dihilangkan dengan mudah, bahkan dengan melakukan rooting ataupun flashing dengan program – program yang baru itu tidak akan merubah apapun, smartphone Xiaomi anda akan tetap melakukan pengiriman data.

Berikut adalah gambar yang kami dapatkan terkait rumor ini dari GSMArena
Xiaomi Diduga Mengirim Data Pengguna ke Server yang ada di China (UPDATE)
Source: GSMArena


Issue ini juga telah menjadi perhatian besar khususnya untuk pemerintah China, dan pastinya berita ini sungguh tidak mengenakan bagi Xiaomi ditengah mereka sedang gencar melakukan ekspansi besar-besaran di seluruh dunia dan sedikit banyaknya pasti akan terimbas dari dampak issue ini.

UPDATES: Team Xiaomi telah menjawab sebagian rumor yang berkaitan tentang rumor ini yang dianggap bahwa mereka telah melakukan “sharing” data dengan pemerintah China. Xiaomi juga terindikasi hanya melakukan pengumpulan data yang bersifat “non-user” di server yang berada di China tersebut, seperti halnya handset spesifikasi, emotikon, dan data lainnya yang bersifat umum. Anda juga dapat melihat respon Xiaomi dari akun facebook resmiXiaomi India.
Sumber: GSMArena.com

UPDATES: Berikut adalah tanggapan resmi dari Xiaomi yang berkaitan dengan isu "penyadapan" ini.(Tanggapan Xiaomi atas tuduhan pengumpulan data (pribadi) pengguna secara diam - diam)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »