Cara Backup Data ( Kontak, Pesan, Photo, Aplikasi, Setting, dll) pada Smartphone Android

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Android
Tutorial
Cara Backup Data ( Kontak, Pesan, Photo, Aplikasi, Setting, dll) pada Smartphone Android
Cara Backup Data ( Kontak, Pesan, Photo, Aplikasi, Setting, dll) pada Smartphone Andoroid

Smartphone anda hilang ataupun rusak bukan berarti data anda hilang juga, selama itu telah di backup lebih dulu. Berikut langkah-langkah dalam melakukan backup data-data seperti aplikasi, kontak, pesan, dll.Dalam cara yang mudah tentunya.

Jangan nunggu sampai smartphone anda hilang dulu baru sadar bahwa pentingnya mem-backup data2 itu. Kebanyakan dari kita menggunakan kamera pada smartphone untuk mengambil photo setiap harinya dan kita menyimpan pesan2 yang penting di folder tersendiri agar tidak terhapus secara tidak sengaja. Jadi, sebelum handphone anda hilang, jatuh, ataupun matot (mati total) karena tersiram air minum, ikuti beberapa langkah ini:

Baca juga: Cara Mengetahui Device ID pada smartphone /tablet Android

Manfaatkan Google

Pada smartphone anda buka bagian Setting>Privacy, dan pastikan anda mengaktifkan (check) “back up my settings” dan “Automatic restore”(seperti gambar dibawah).

Buka bagian Setting>Account and sync, buka akun Gmail anda dan pastikan mengaktifkan (check) semua pilihannya. Dengan settingan ini, kontak, system settings, aplikasi, kalender, dan e-mail akan dikembalikan (restore) kapanpun kita berganti smartphone baru dengan akun email yang sama.

Cara Backup Data ( Kontak, Pesan, Photo, Aplikasi, Setting, dll) pada Smartphone Andoroid

Foto & Video

Aplikasi dengan nama “Google Photos” yang baru diluncurkan oleh Google pada bulan Mei 2015 nampaknya akan banyak disukai oleh para pengguna smartphone, karena selain dapat melakukan backup foto, aplikasi ini juga dapat menyimpan file video. Lebih hebatnya lagi google tidak membatasi kapasitas penyimpanan didalam server online nya, alias unlimited

Kita dapat menyimpan foto sebanyak apapun tanpa ada biaya atau GRATIS. Selain Unlimited dan Gratis, aplikasi ini juga dapat melakukan pencarian foto secara cepat berdasarkan konten yang ada didalam foto. Jadi tunggu apalagi, segera manfaatkan aplikasi ini sebelum google berubah pikiran (berubah menjadi berbayar).

Link download (via PC): Google Photos

Kata kunci untuk pencarian di AppStore (via smartphone): ketik “Google Photos

Masih penasaran dengan aplikasi Google Photos? Berikut tim kami telah menyusun informasi lengkap tentang aplikasi milik Google ini kedalam sebuah artikel:

Baca juga: Google Photos, Backup dan Edit Foto dengan Rapi dan Mudah

Selain Google photos kita juga bisa mempergunakan Photobucket Mobile dalam melakukan backup photo, aplikasi ini dapat melakukan upload secara otomatis setiap ada jepretan (foto )yang baru. Aplikasi Flickr dan Picasa Tool juga beberapa aplikasi gratis yang dapat melakukan upload tetapi tidak begitu otomatis seperti Photobucket.

Copy-Paste

Kadang cara yang tradisional memang lebih ampuh. Hubungkan smartphone android anda dengan komputer (via kabel USB) setting sebagai “pembuka media penyimpanan”. Pilih file2 yang ingin anda backup kemudian simpan di komputer dengan folder khusus (agar tidak berantakan).

SMS

SMSBackup+ memungkinkan kita melakukan backup file SMS yang ada pada smartphone kita ke dalam media penyimpanan online (cloud). Aplikasi gratis ini akan mengirim secara otomatis setiap SMS ke akun Gmail kita dan menyimpannya pada label baru, yaitu label “SMS”.

Biarkan sebuah program melakukan semuanya

Jika anda merasa ribet dengan langkah2 di atas, anda bisa memakai aplikasi MyBackup Pro. Aplikasi ini di banderol dengan harga Rp. 60.000,00 bisa melakukan backup semuanya, SMS, Photo, Aplokasi, Call Log, Contact, System Setting, Bookmark, dll ke dalam SD card atau di simpan di server online (tidak ada biaya tambahan). Dan tetntunya aplikasi ini dapat mengembalikan (restore) semua data yang telah di backup.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra