Google Photos: Backup & Edit Foto dengan Rapih dan Mudah

Google Photos adalah sebuah aplikasi yang dapat menyimpan (backup) file foto dan video dari berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, PC/Laptop. Tidak hanya mudah dalam proses penyimpanan, aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk mencari foto yang kita inginkan dengan mudah, karena aplikasi ini menggunakan suatu algoritma yang memungkinkan sistem membaca konten atau isi yang ada pada sebuah foto. Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk melakukan edit foto dengan cara yang sangat mudah dan hal lain yang sama pentingnya adalah, Pihak Google tidak memberikan batasan jumlah foto yang dapat diupload /disimpan alias Unlimited dan aplikasi ini dapat diunduh dan diinstall secara Gratis!.

Aplikasi ini sepertinya memang menjadi sebuah menu wajib untuk diadakan bagi Google karena sebelumnya raksasa internet ini memang tidak memiliki aplikasi khusus sebagai tempat penyimpanan foto seperti yang telah dimiliki oleh Yahoo dengan Flickr nya atau Facebook dengan Instagram nya. Karena itu terlihat sekali keseriusan dari pihak Google untuk bersaing dengan aplikasi – aplikasi yang sudah berjaya selama bertahun – tahun itu. Maka dari itu, tidak heran jika google memberikan service ekstra kepada pengguna barunya seperti Unlimited space, Free, sampai penggunaan algoritma baru untuk pencarian foto cepat.

Mencari Foto Lebih Cepat dengan Algoritma "Tingkat Dewa"

Google Photos: Backup & Edit Foto dengan Rapih dan Mudah

Satu hal yang membuat beberapa pengamat teknologi terkesan adalah sistem pencarian dengan algoritma yang lebih kompleks, dimana aplikasi ini selain dapat mencari foto berdasarkan waktu, nama dan lokasi seperti pada umumnya, aplikasi ini juga dapat melakukan pencarian foto berdasarkan isi yang ada dalam foto.

Sebagai contoh, bila kita memasukan kata kunci “mountain” atau gunung, maka sistem juga akan memunculkan foto – foto yang didalamnya terdapat gambar gunung meskipun gambar tersebut tidak dinamai sebagai gunung ataupun tidak ada informasi lokasi pengambilan gambar. Sebagai contoh lagi, bila kita memasukan kata kunci “dog” maka aplikasi ini akan memunculkan foto – foto yang didalamnya terdapat gambar anjing.

Owen Williams (@ow) seorang reporter dibidang gadget, trend dan keamanan merupakan salah satu dari beberapa reporter yang telah menggunakan aplikasi ini dan salah satu alasan kenapa dia sangat suka terhadap aplikasi Google Photos adalah sistem pencarian ini, akhir – akhir ini Owen lebih sering membuka aplikasi Google Photos dan melakukan pencarian dengan kata acak dan dia senang ketika beberapa foto muncul dan membuka lagi kenangan – kenangan yang telah dia lalui dan berikut adalah beberapa screenshot dari dokumentasi pribadi Owen yang kami sunting dari TheNextWeb.com

Google Photos: Backup & Edit Foto dengan Rapih dan Mudah


Jauh bertahun – tahun lalu Google telah memulai menciptakan suatu mesin pencari yang dapat mengenali isi foto/gambar sehingga data yang diolah pun tidak hanya sebatas data huruf dan angka. Dan sebenarnya algoritma ini sudah diterapkan di mesin pencari Google yang khusus untuk melakukan pencarian berdasarkan isi yang ada pada foto. Maka dari itu tidak heran bahwa sekarang algoritma itu juga diterapkan pada aplikasi pengolah foto buatan mereka sendiri.

Edit dan Bagikan ke Berbagai Sosial Media

Pada dasarnya aplikasi ini adalah tempat penyimpanan foto online yang dimiliki oleh Google, namun selain tempat untuk menyimpan foto kita juga dapat melakukan perubahan terhadap foto – foto yang kita punya seperti aplikasi pengolah foto pada umumnya yang berguna untuk memaksimalkan tampilan foto sebelum disimpan, selain itu kita juga dapat bagikan foto – foto terbaik kita ke berbagai akun sosial media yang kita miliki seperti halnya konsep berbagi yang ada pada sebuah smartphone seperti mengirim foto ke alamat email, kontak telepon, bbm, facebook, instagram, dll.

Dapat Menghapus File Secara Otomatis

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan abadi, didalam aplikasi ini kita juga dapat mengaktifkan fitur untuk melakukan penghapusan otomatis foto original bila telah terupload, jadi kita dapat lebih menghemat penggunaan memori untuk foto yang kita ambil sehari – hari tanpa harus khawatir foto tersebut hilang/terhapus. Karena fitur ini bersifat optional maka kita dapat mengaktifkan dan mematikan fitur ini kapan saja.

Mendukung Berbagai Jenis Gadget

Seperti yang telah disinggung pada paragraph awal dalam artikel ini, aplikasi ini sejatinya adalah aplikasi untuk smartphone namun Google tidak membatasi penggunaannya hanya terbatas untuk smartphone saja, pengguna juga dapat melakukan backup foto dan video otomatis dari berbagai gadget seperti smartphone, tablet, laptop, PC, dll.

Menghidupkan Kenangan Lewat Cerita, Film dan Animasi

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah ketika kita telah menyimpan foto – foto dengan cerita yang sama dan sistem didalam aplikasi ini secara otomatis akan mengubahnya (tanpa menghilangkan file asli) foto – foto menjadi sebuah cerita, film dan animasi (gif) yang dapat mengingatkan kita kembali kedalam cerita dibalik foto – foto tersebut dan pastinya membuat kita ingin terus melakukan eksplorasi terhadap foto lainnya.

Google Photos: Backup & Edit Foto dengan Rapih dan Mudah

  • Bila kita mengunggah (upload) lima atau lebih foto yang mempunyai kemiripan maka kita akan mendapatkan file animasi berupa gif yang sangat menarik! (seperti animasi diatas)
  • Foto – foto yang saling terkait dan juga video secara otomatis akan dikombinasikan dan diolah menjadi sebuah film yang terlihat professional dengan ditambahkan music/soundtrack yang cocok.
  • Foto – foto terbaik yang ada akan dirubah menjadi sebuah timeline yang interaktif, indah dan lengkap dengan lokasi yang pernah dikunjungi.

Simpan Foto dengan Waktu dan Kondisi Terbaik dengan Mudah

Kita dapat menyimpan dua atau lebih foto dengan landscape yang sama dan aplikasi akan dengan otomatis melakukan sinkronisasi foto – foto tersebut menjadi sebuah foto panorama yang sangat indah.

Kita dapat melakukan ‘snap’ atau mengambil foto dari sebuah video yang telah kita simpan dan setelah kita mendapatkan momen terbaik, kita juga dapat langsung mengeditnya seperti yang dapat kita lakukan terhadap foto pada umumnya.


Tertarik untuk mencoba aplikasi ini? Kalian bisa dapatkan link download untuk file apk dari aplikasi Google photos ini di artikel: Cara backup file pada smartphone android

Artikel Terkait:
Cara Menghapus Data di Google Drive yang Penuh

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »