Game Fortnite dikeluarkan dari PlayStore dan AppStore, Bagaimana kelanjutannya?

Game Fortnite dikeluarkan dari PlayStore dan AppStore, Bagaimana kelanjutannya?
Dianggap melanggar peraturan, game Fortnite dikeluarkan dari PlayStore dan AppStore. Game dengan tema battle royale tersebut dianggap telah melanggar kebijakan Apple dan Google untuk aplikasi yang berada di marketplace aplikasi milik masing - masing. 

Masih belum selesai berita pemblokiran TikTok, kini Fortnite mobile juga sedang mengalami masalah. Walaupun masalah kedua aplikasi ini tidak saling berhubungan, tetapi mereka dipastikan sedang menghadapi masalah yang cukup berat.

Jika TikTok saat ini sedang bermasalah dengan pemerintah amerika serikat, Fortnite malah bermasalah dengan perusahaan teknologi raksasa asal amerika serikat. Tidak hanya satu, tapi Fortnite sedang bermasalah dengan 2 perusahaan raksasa, Apple dan Google.

Baca juga: Kenapa Donald Trump Bersikeras Memblokir TikTok?

Peraturan apa yang dilanggar hingga Fortnite dikeluarkan dari dari PlayStore dan AppStore?

Pada tanggal 13 Agustus 2020 waktu setempat, Apple diberitakan telah memblokir aplikasi game Fortnite dari AppStore. Beberapa jam kemudian Google juga memblokir aplikasi Fortnite dari PlayStore sehingga pengguna ponsel Android dan iPhone tidak bisa menemukan aplikasi tersebut di marketplace PlayStore dan AppStore.

Hal ini disinyalir karena Fortnite telah mengakali sistem transaksi sehingga Apple dan Google tidak mendapat fee atau potongan yang seharusnya mereka dapatkan dari setiap transaksi yang dilakukan.

Diketahui bahwa Fortnite sengaja 'menggiring' para pemain untuk melakukan transaksi diluar aplikasi. Pada pemain sengaja diminta untuk melakukan transaksi di website Fortnite, bukan di aplikasi seperti yang diinginkan Apple dan Google.

Dengan transaksi diluar aplikasi, Apple dan Google otomatis tidak dapat menuntut bagian mereka.

Pihak Apple dan Google pun tidak tinggal diam, game Fortnite mobile dianggap melanggar peraturan karena dengan sengaja menggiring transaksi diluar aplikasi untuk menghindari bagi hasil dengan Google dan Apple.

Apple dan Google menerapkan kebijakan potongan (fee) sebesar 30 persen untuk setiap transaksi yang dilakukan didalam aplikasi/game yang diupload di app market mereka masing - masing. Nampaknya Fortnite memiliki pemikiran yang berbeda, dan menganggap potongan tersebut tidak adil bagi developer.

Apakah game Fortnite masih bisa dimainkan di iOS dan Android?

Jawabannya, ya. Bagi pengguna smartphone iOS (iPhone) yang sudah menginstall aplikasi game Fortnite sebelum aplikasi ini diblokir di AppStore tetap dapat bermain game ini seperti biasa. Namun tidak dapat menerima update terbaru, termasuk season pass mendatang. 

Bagi yang belum sempat menginstall, dikabarkan tidak akan dapat bermain karena pihak Apple telah memblokir aplikasi tersebut untuk diinstall di produk Apple (sampai waktu yang tidak ditentukan).

Bagi anda pengguna Android, anda juga tetap dapat memainkan permainan ini, namun untuk mendapatkan update sepertinya harus melakukan install manual langsung dari website Fortnite

Bagi anda yang belum sempat install, anda tetap dapat menginstall permainan Fortnite ini. Caranya anda harus melakuka install manual dan download file isntalasi (apk) dari website Fortnite, kemudian install mandiri di HP Android kalian.  

Fortnite menuntut Apple dan Google

Setelah Apple memblokir aplikasi Fortnite, tidak lama kemudian Fortnite pun bereaksi dengan membuat video sindiran untuk Apple. Didalam video tersebut pihak Fortnite terlihat jelas menyindir apple yang berusaha memonopoli bisnis.

Nampaknya Fortnite juga akan bereaksi terhadap langkah Google yang memblokir aplikasi mereka sama seperti Apple. Kita lihat saja nanti.

Tidak hanya itu, diberitakan The New York Times pihak EPIC, developer Fortnite mobile, juga diberitakan telah melayangkan tuntutan secara resmi kepada Apple dan Google setelah mereka memblokir aplikasi Fortnite di marketplace mereka masing - masing.

Sepertinya permasalahan ini tidak akan reda begitu saja, dengan langkah Fortnite yang serius untuk melayangkan tuntutan ini sepertinya jalan damai masih terlihat samar - samar.

Semoga permasalahan ini ada jalan keluarnya untuk semua pihak ya, karena tidak bisa dipungkiri bahwa semua pihak juga memiliki ketergantungan satu sama lain.

Semoga informasi mengenai game Fortnite dikeluarkan dari PlayStore dan AppStore ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,23,Design,6,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,28,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,239,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,28,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,43,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,5,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,239,Toko Online,39,Tutorial,266,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Game Fortnite dikeluarkan dari PlayStore dan AppStore, Bagaimana kelanjutannya?
Game Fortnite dikeluarkan dari PlayStore dan AppStore, Bagaimana kelanjutannya?
Fortnite dikeluarkan dari PlayStore dan AppStore. Fortnite dituduh sengaja 'menggiring' para pemain untuk melakukan transaksi diluar aplikasi
https://1.bp.blogspot.com/-CsuMZwowoRw/XzZ6kMwtRHI/AAAAAAAAIvQ/jtVTCrdZ5x0QyqHZsQpdu6fORWwJvk7dwCLcBGAsYHQ/w640-h342/Game%2BFortnite%2Bdikeluarkan%2Bdari%2BPlayStore%2Bdan%2BAppStore%252C%2Bmelanggar%2Bperaturan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CsuMZwowoRw/XzZ6kMwtRHI/AAAAAAAAIvQ/jtVTCrdZ5x0QyqHZsQpdu6fORWwJvk7dwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h342/Game%2BFortnite%2Bdikeluarkan%2Bdari%2BPlayStore%2Bdan%2BAppStore%252C%2Bmelanggar%2Bperaturan.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/08/game-fortnite-dikeluarkan-dari-playstore-dan-appstore.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/08/game-fortnite-dikeluarkan-dari-playstore-dan-appstore.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content