Beranda
Productivity
Social Media
Telegram
Tutorial
Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop
Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop

Berikut ini adalah cara mudah untuk pasang aplikasi Telegram di PC atau komputer. Cara ini juga dapat diterapkan di laptop atau notebook. Cara install aplikasi telegram juga akan dibahas disini berikut cara login atau membuka akun telegram di PC. Bagaimana cara pasang dan pakai aplikasi telegram di komputer?

Telegram adalah salah satu platform komunikasi online yang berasal dari Negara Russia, yang sempat mendadak ramai diperbincangkan karena sempat di blok oleh pemerintah Indonesia walaupun hanya telegram versi website nya saja yang di blok, sedangkan versi mobile masih bisa digunakan.

Berdasarkan pantauan tim rinditech.com saat artikel ini disusun, layanan Telegram versi website sudah dapat digunakan seperti biasa di Indonesia, artinya pemblokiran tersebut bersifat sementara.

Baca juga: Cara Mudah Dark Mode di Telegram

Fitur dan keamanan

Aplikasi telegram menawarkan keamanan data pengguna (privacy) yang sangat ketat, dan mungkin itulah salah satu alasan kenapa aplikasi ini sempat di blokir. Terlepas dari itu, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi chatting lainnya seperti whatsApp, Line, dll, yang dapat mengirim pesan, gambar, video, file dan juga membuat group.

Digunakan oleh pegiat komunitas dan juga artis. Diam – diam, aplikasi telegram ini dipakai oleh berbagai kalangan khususnya untuk membuat sebuah group chat. Bukan tanpa alasa, ternyata salah satu keunggulan dari telegram ini adalah kapasitas anggota group (member), yaitu sebesar 20.000 anggota untuk satu buah group! Sangat menjanjikan untuk bisnis ataupun kegiatan dengan orientasi kuantitas.

Telegram mengklaim bahwa proses sinkronisasi dilakukan secara real time, dengan memberikan contoh apabila kita sedang mengetik di smartphone lalu berpindah ke komputer maka kita tetap bisa melanjutkan tulisan tersebut di komputer yang sebelumnya kita ketik di platform yang berbeda.

Baca juga: Cara Mudah Mengirim foto Full Resolusi di WhatsApp

Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop (via Browser)

Akan ada dua metode dalam membuka aplikasi telegram di komputer ini, pertama yaitu menggunakan browser dan yang kedua adalah menggunakan file instalasi telegram (official).

Berikut ini adalah metode pertama dalam membuka aplikasi atau akun telegram di PC atau komputer melalui browser. Pada metode pertama ini kita tidak perlu melakukan download software atau file instalasi. Berikut langkah – langkah atau tutorial nya.

  1. Buka Browser (Chrome, Firefox, Safari, Opera, Edge, dll)
  2. Buka website telegram khusus untuk pengguna, atau klik link berikut: https://web.telegram.org
  3. Login menggunakan nomor telepon yang telah didaftarkan. (pastikan lokasi yang dipilih adalah Indonesia)
  4. Verifikasi. Selesai!

Website akan mengirim kode verifikasi ke smartphone dengan akun Telegram yang sama, ketikan kode tersebut form isian yang telah disediakan. Waktu untuk memasukan kode verifikasi sangat sebentar yaitu hanya 2 menit. Pastikan handphone anda berada dalam jangkauan saat melakukan login.

Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop
Perlu diingat bahwa anda menggunakan browser untuk mengoperasikan Telegram sehingga bila browser ditutup maka aplikasi Telegram juga akan ikut terhenti.

Telegram menggunakan sistem cloud computing yang berarti seluruh data yang dikirim dan diterima tidak disimpan di smartphone pengguna secara lokal, namun disimpan di server telegram, hal ini memungkinkan kita untuk berpindah – pindah gadget tanpa takut ketinggalan file ataupun tulisan (yang berada di gadget sebelumnya).

Baca juga: Cara Mudah Buka Aplikasi LINE di Komputer

Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop (via Install)

Berikut ini adalah cara atau metode kedua untuk membuka aplikasi Telegram di PC ataupun Laptop dengan cara melakukan install aplikasi terlebih dahulu di komputer. Pastikan komputer yang akan kita gunakan terhubung ke internet karena kita akan melakukan download file instalasi terlebih dahulu dari situs resmi Telegram. Berikut langkah – langkah nya.

Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop
  1. Buka Browser (Apa saja)
  2. Buka Website resmi Telegram yang khusus untuk mengunduh atau download file instalasi di komputer atau desktop, berikut ini alamatnya: https://desktop.telegram.org/
  3. ownload file instalasi dengan klik tombol biru “Get Telegram for Windows” (Jika computer anda menggunakan OS Windows, atau iOS jika anda menggunakan notebook keluaran Apple (Mac)
  4. Install File. Double-click (atau klik kanan-Run) pada file yang telah di download, kemudian ikuti petunjuk yang ada sampai proses install selesai.
  5. Buka aplikasi Telegram yang telah terinstall di Komputer
  6. Login menggunakan nomor telepon (pastikan lokasi diatur ke Indonesia
  7. Verifikasi. Selesai!
Seperti halnya membuka akun Telegram di website, pada metode ini juga kita diharuskan untuk melakukan verifikasi akun, sebelum benar – benar dapat mengoperasikan aplikasi.

Dengan metode ini aplikasi yang digunakan tidak bergantung pada aplikasi lainnya seperti browser, sehingga tidak akan menggagu kegiatan browsing ataupun tidak akan terjadi kasus ‘tidak sengaja browser ditutup, jadi telegram juga ikut tertutup”. Hihi..

Cara Mudah Buka Aplikasi Telegram di PC /Laptop

Tutorial Buka Telegram di PC versi Video Youtube

Berikut ini adalah tutorial versi video yang bisa langsung ditonton atau bisa juga dibuka di aplikasi Youtube. Silahkan ditonton agar lebih paham dengan tampilan yang lengkap.

Kenapa menggunakan Telegram for Desktop (Komputer)?

Selain dari pada pertimbangan efisiensi untuk para pekerja kantoran, perlu diketahui bahwa aplikasi Telegram tidak memberikan batas maksimum ukuran file ataupun durasi video yang dikirim ataupun diterima sehingga akan sangat bermanfaat bila kita sedang berkirim file dengan ukuran yang besar langsung melalui computer.

Selebihnya kita dapat melakukan efisiensi kerja, karena kita tidak lagi disibukan dengan berganti – ganti gadget bila sedang melakukan chat dengan kontak yang ada di telegram. 

Bagi anda yang selalu berganti perangkat komputer disarankan untuk selalu melakukan >Logout setelah menggunakan aplikasi telegram agar akun anda tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Semoga artikel ini membantu teman – teman yang sedang mencari cara untuk memasang ataupun membuka akun Telegram melalui computer ataupun laptop. Bila mengalami kendala ataupun ada yang ditanyakan, silahkan untuk menyimpan pertanyaan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

37 komentar

  1. Omia Crefioza
    Omia Crefioza
    Minggu, Juni 06, 2021
    Bagaimana cara log in ke telegram, namun case nya hp dalam keadaan rusak ya mas? Aoakah tidak bisa kirim kode verifikasi via sms saja? Terima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 08, 2021
      Bisa kok login pakai nomor telepon. Ada pilihannya, Login with phone number.
  2. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juni 04, 2021
    Sudah di donload, tapi munculnya malah masukkan cloud pasword. Maksudnya gimana ya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Juni 04, 2021
      Pakai Windows atau MacBook?
  3. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 13, 2021
    Terima kasih mas Rindi Putra atas informasinya. Skrg sy bisa buka telegram d laptop tanpa download d hp.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Maret 14, 2021
      sama - sama mas. semoga bermanfaat!
  4. Santania
    Santania
    Selasa, Februari 02, 2021
    kalo telegram di hape dihapus dan cuma make yang di laptop aja, apa gapapa?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Februari 02, 2021
      belum coba tapi harusnya sih bisa ya, yang penting nomor HP aktif buat verifikasi/login
    2. RAyDessert
      RAyDessert
      Rabu, April 21, 2021
      bisa kok, gapapa, aku dah nyoba
  5. princess nataleah
    princess nataleah
    Minggu, Desember 27, 2020
    Kalo telegram blm logout di gadget lama tetapi sudah di install tele nya , apa masih bisa login kembali tanpa verifikasi sms ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 28, 2020
      tergantung ya, kalau komputernya masih simpan data history login kemungkinan masih bisa buka tanpa verifikasi. Tapi kalau history loginnya sudah dihapus/otomatis dihapus berarti harus verifikasi sms lagi
  6. Belalang goreng
    Belalang goreng
    Jumat, November 27, 2020
    Ini seriusan harus verifikasi setiap mau buka tele? Klo pas aku gak pegang hp gimana? Apa kalo bukanya pake aplikasi masih harus verifikasi tiap log in?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 27, 2020
      kalau pake aplikasi gak perlu verifikasi lagi. cukup di awal installasi saja yang harus verifikasi, selanjutnya tinggal buka saja langsung konek dan update otomatis.
  7. Unknown
    Unknown
    Rabu, November 18, 2020
    Pas nonton drakor kok loding mulu ya kak?kyk mulai trs loding lagi, begitu seterusnya. Padahal Chace nya udh ak bersiin, apa hrs install ulang??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 20, 2020
      nontonnya dimana? Apa ga ada hubungannya sama telegram?
  8. Unknown
    Unknown
    Selasa, November 10, 2020
    cara ubah bio bisa gk mohon di jawab🙏
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 11, 2020
      Bisa dong. Coba aja cari - cari di pengaturan /Settings nanti disana ada bagian Bio bisa di edit
  9. Alif Ishmatfalah
    Alif Ishmatfalah
    Selasa, November 03, 2020
    Kok ikon telfon di tele saya kok hilang ya pak ??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, November 03, 2020
      Kurang tau juga ya, klo memang ga ada mending install ulang aja. data - datanya ga bakal ilang kok, nanti akan sama kyk di aplikasi telegram di HP
  10. Unknown
    Unknown
    Minggu, September 13, 2020
    met siang gan , apakah aplikasi plus mesennger sama dengan telegram
    bisakah download apliksi plus mesengger di laptop , di hp sudah menggunakan plus mesengger bagaimana klo di laptop .... tks tuk infonya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, September 13, 2020
      Sepertinya belum bisa kalau di PC, di website nya pun tidak ada informasi mengenai pemasangan atau aplikasi khusus PC/laptop
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Senin, Juni 29, 2020
    gan mau nanya kalo mau masuk grup via barcode tp aplikasinya di laptop gimana ya ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juni 29, 2020
      kurang tau gan, tapi sepertinya harus pake HP klo mau join via barcode
  13. Ikhlas Berbagi
    Ikhlas Berbagi
    Kamis, Mei 21, 2020
    Mau tanya mas kalau mau join di telegram gmn caranya...nuhun pisan.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Mei 21, 2020
      Ya mas nya tinggal download dan install saja aplikasi Telegram di HP. Selanjutnya daftar akun baru. Kalau sudah terbuat akunnya baru tambah - tambah teman seperti aplikasi chatting lainnya
  14. ryolasta
    ryolasta
    Rabu, Mei 13, 2020
    apakah bisa login tele via PC tanpa konfirmasi kode de nomor telpon? krn kasus saya sim card nomor tsb sdg hilang, tetapi akun di tele nya msh saya pakai, thanks admin
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Mei 14, 2020
      Sepertinya tidak bisa ya tanpa verifikasi telepon, apalagi untuk integrasi perdana. Lebih baik dirubah saja dulu nomor teleponnya di bagian >Menu/Settings(pengaturan) dengan nomor yang aktif, baru konek ke telegram PC ya. Semoga membantu!
    2. Brian Siahaya
      Brian Siahaya
      Minggu, Oktober 04, 2020
      Bisa om...
      install telegram desktop https://desktop.telegram.org/
      1. Buka aplikasi telegram di hp
      2. klik strip 3 di pojok kanan atas
      3. Pilih pengaturan
      4. Pilih perangkat
      5. Pindai Kode QR
      6. Silahkan menggunakan dengan bijak
  15. Admin
    Admin
    Jumat, November 15, 2019
    Terima kasih mas Rindi Putra atas informasinya. Blognya sangat informatif sekali. Desain blognya juga enak dilihat, jadi betah baca-baca artikel di blog ini. Salam kenal.

    Kalau boleh tahu, nama template yang terpasang di blog ini apa ya mas? tampilannya elegan, clean dan speednya ngebut.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, November 15, 2019
      Salam kenal juga mas, saya pake template nya MagOne bisa langsung dicari di google magOne template.
  16. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 24, 2018
    aplikasi telegram tidak bisa dibuka...kenapa ya.. mohon solusinya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 24, 2018
      Ada banyak faktor gan kenapa tidak bisa dibuka. Apakah sebelumnya bisa dibuka? atau baru pasang tapi langsung tidak bisa dibuka? apakah ada notifikasi kenapa tidak bisa dibuka? apabila tidak ada notifikasi apa - apa. lebih aman di install ulang aja gan. bisa jadi karena gagal saat install. semoga membantu :)
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!