Beranda
Android
Tutorial
Xiaomi
Cara Menghapus Second Space di Smartphone Xiaomi MIUI 8
Cara Menghapus Second Space di Smartphone Xiaomi MIUI 8

Smartphone Xiaomi anda terasa berat? Atau sudah mengaktifkan fitur Second space tapi jarang digunakan? Atau bahkan tidak tahu cara menggunakannya? Daripada menuh – menuhin memori lebih baik dihapus aja tuh Second space, bila saatnya nanti anda benar – benar membutuhkan fitur Second space baru kita aktifkan lagi.

Seperti yang kita ketahui, fitur second space adalah salah satu fitur andalan yang ditawarkan oleh smartphone Xiaomi di MIUI 8. Fitur ini sebenarnya termasuk kedalam fitur advance karena pada umumnya fitur ini hanya tersedia di smartphone kelas menengah – atas (pada merek smartphone lain).

Fitur Second space memungkinkan pemilik smartphone seperti memiliki 2 buah smartphone yang berbeda didalam satu buah smartphone secara fisik. Untuk beberapa pengguna fitur ini sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan, namun untuk pengguna pada umumnya, termasuk admin, fitur Second space dirasa butuh tak butuh karena tidak menggunakan Second space saja kebutuhan akan sebuah smartphone sudah terpenuhi.

Lakukan backup data sebelum menghapus second space

Cara ini dapat dilakukan dapat dilakukan dari Second space maupun First space. Setelah menonaktifkan atau menghapus Second space di smartphne xiaomi, seluruh data baik file, gambar, video aplikasi dan segala sesuatu yang ada di Second space akan terhapus secara permanent

Meskipun pada proses penghapusan aka nada pilihan untuk memindahkan data dari Second space ke First space, tidak ada salahnya bila kita juga melakukan backup secara manual kedalam memori external ataupun flashdisk (OTG).

Cara menonaktifka atau menghapus fitur second space

  • Buka halaman "Settings" 
  • kemudian buka menu "Second space ", 
  • Setelah itu pilih menu "Delete Second space"

Buka halaman pengaturan second space dari bagian settings, kemudian pilih Delete second space yang ada pada halaman tersebut. Untuk memasuki fitur second space juga dapat diakses dari halama second space pada halaman utama yang bertuliskan Manage dan selanjutnya dapat memilih Delete Second space.

Cara Menghapus Second Space di Smartphone Xiaomi MIUI 8
  • Terakhir silahkan klik tombol "Continue"

Sebuah pop-up peringatan akan muncul yang memberitahukan bahwa kita tidak akan lagi dapat masuk atau mengakses fitur Second space dan seluruh data yang ada di Second space akan terhapus secara permanen.

Cara Menghapus Second Space di Smartphone Xiaomi MIUI 8
  • Masukan Password Second space

Masukan password yang digunakan untuk masuk ke Second space.

Cara Menghapus Second Space di Smartphone Xiaomi MIUI 8
  • Klik tombol "Next"
  • Pilih file yang ingin dibawa ke First space

Pilih jenis file apa saja yang ingin dibawa dari Second space ke First Space (file yang dipindahkan akan disimpan kedalam folder yang berbeda bernama "second space". File yang tidak dipilih akan dihapus secara permanen dan tidak dapat dikembalikan lagi setelah Fitur Second space dinonaktifkan.

  • Continue
  • Move

Setelah memilih Move maka file yang tidak dipilih untuk dipindahkan akan dihapus setelah ini.

Cara Menghapus Second Space di Smartphone Xiaomi MIUI 8
  • Tunggu proses penghapusan berakhir (Deleting Process). Selesai!

Setelah proses penghapusan selesai, maka fitur Second space sudah tidak dapat diakses lagi dan seluruh file baik berupa gambar, sistem ataupun aplikasi yang terinstall di second space akan dihapus secara permanen.

Cara Alternatif untuk Menghapus Second space

Sebelum Anda menghapus Ruang Kedua, pastikan Anda membuat cadangan semua data di Ruang Kedua karena dengan tutorial ini tidak akan ada pilihan untuk memindahkan atau memigrasikan data apa pun yang disimpan di Ruang Kedua.

  • Buka halaman Pengaturan (Settings)
  • Buka "Tentang Ponsel" (About Phone)
  • Ketuk informasi "Versi MIUI" (MIUI Version) 7-12 kali hingga opsi pengembang diaktifkan
  • Kembali ke halaman Pengaturan
  • Temukan dan buka "Pengaturan tambahan" (Additional settings)
  • Buka menu "Opsi pengembang". (Developer options)
  • Temukan dan klik opsi "Hapus Spasi Kedua" (Delete Second space). Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi tindakan pada pop-up konfirmasi, cukup klik opsi "Hapus" untuk melanjutkan. Selesai!

Periksa penyimpanan ponsel sebelum dan sesudah proses penghapusan. Jika masih tidak ada perubahan, coba restart ponsel Anda dan periksa kembali.

Setelah fitur second space dinonaktifkan maka anda akan mendapatkan memori yang lebih banyak (sama seperti sebelum mengaktifkan fitur second space). Namun bila anda ingin mengaktifkan kembali fitur ini, anda hanya perlu mengaktifannya lagi di bagian Settings dengan pengaturan baru, seperti mengaktifkan fitur ini untuk pertama kalinya.

Bila masih ragu untuk melakukan penghapusan second space atau ada kendala atau ingin bertanya seputar second space, jangan ragu untuk menyimpan pertanyaan anda di kolom komentar dibawah. Jadilah pengguna yang bijak.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

12 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Mei 30, 2020
    Seconda space saya secara tidak sengaja terdelete, apakah benar seluruh data ny terdelete permanen, ad kah cara yg bisa mengembalikan nya? Karena ad beberapa rata2 penting .. mohon bantuan nya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Mei 30, 2020
      Kalau second space dihapus sepertinya sangat sulit untuk bisa di kembalikan datanya. Coba lihat backup data di mi Cloud siapatau di backup disana, kemungkinannya kecil, tapi patut dicoba.
  2. Hanif Fahmi
    Hanif Fahmi
    Kamis, Januari 11, 2018
    Saya juga aneh nih.. tiba2 memory penuh.. kan kebagi jadi dua memory internal saat aktifin second space terus waktu second space dihapus memory internal yg kebagi dua gak jadi satu.. ada solusi?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Januari 13, 2018
      Terkadang memang seperti itu, bisa dikarenakan berbagai hal, mulai dari OS sama proses yang tidak sempurna. bisa dicoba di update OS kemudian langkahnya diulangi (buat second space lagi terus delete) kalau masih belum berhasil bisa dicoba lakukan instal ulang OS nya. semoga membantu :)
  3. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 28, 2017
    Saya gak sengaja mengunci first space gan,dan lupa password nya
    Jd datanya terkunci,gimana cara buka first space yg lupa password nya gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juni 29, 2017
      Bisa dengan melakukan reset password melalui email atau mi account yang telah dihubungkan dengan handphone sebelumnya.

      setelah memasukan password salah beberapa kali akan muncul link "forgot password", pilih link tersebut kemudian login lalu agan bisa melakukan melakukan reset atau ganti password dari halaman tersebut. semoga membantu,
  4. Unknown
    Unknown
    Selasa, Januari 24, 2017
    Gan bisa g ngmbaliin memory internal yg berpartisipasi krna second space padahal second space nya sudah tidak diaktifkan..makasih gan ..help me please
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Januari 25, 2017
      maksudnya gimana gan? kalau sudah dihapus second space nya berarti seluruh data yang ada di space yg ke-2 juga akan terhapus secara otomatis. semoga membantu, bila kurang jelas langsung reply disini aja ya
  5. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Desember 24, 2016
    gan ane kok gak bisa buat second space lagi ya :😭
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 25, 2016
      masa sih gan, coba di cek lagi mungkin yang lama belum terhapus atau ada masalah di pengaturan permission
  6. Unknown
    Unknown
    Jumat, Desember 23, 2016
    Thxxxxx u. Dari semua web. Ini yang sangat membantu
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Desember 23, 2016
      sama - sama. senang dapat membantu,
      terima kasih testimoni nya!
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!