Cara Mudah Install Windows 7 Ultimate Menggunakan USB Flash Disk Tanpa Bantuan Software

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Tutorial
Windows
Cara Mudah Install Windows 7 Ultimate Menggunakan USB Flash Disk Tanpa Bantuan Software
Cara Mudah Install Windows 7 Ultimate Menggunakan USB Flash Disk Tanpa Bantuan Software

Ketika saya mencoba menginstall PC di rumah saya dengan Windows7 Ultimate, sering sekali ditengah perjalanan menginstall terjadi error atau “nge-hang” saya sendiri tidak tahu masalah yang sebenarnya dimana, tetapi saya mengambil beberapa kesimpulan

  • DVD Room-nya sudah lemah jadi tidak kuat untuk membaca OS..(mungkin saja, tetapi kondisinya saat itu CD Room saya baru beli yang gressJ)
  • Piringan DVD Windows7 nya yang rusak atau banyak bercak-bercak..(mungkin juga, tapi baru beli dan dipake perdana saat masalah itu terjadi)
  • Spesifikasi computer-nya kurang memenuhi standar untuk di install windows7. (sepertinya tidak mungkin, karena setelah mencari informasi di internet spesifikasi-nya sudah memenuhi rekomendasi dari windows7-nya..)

Naahh lho..!! masalahnya dimana dong??

Baca juga: Cara Masuk BIOS Tanpa Restart Komputer

Setelah saya berkonsultasi dengan “ustad google”, akhirnya ketemu artikel cara install windows7 dari flashdisk Akhirnya, tanpa pikir-pikir lagi (karena saya sudah gatal untuk memakai computer baru) saya mencoba alternatif untuk menginstall windows7-nya dari flashdisk. 

Dan ternyata eh ternyata, sekali saya mencoba langsung berhasil, computer saya terinstall windows7 ultimate secara utuh alias sama seperti menginstall dengan menggunakan DVD.

Berikut alat-alat yang perlu dipersiapkan :

  • DVD OS contoh: windows 7 Ultimate
  • Flashdisk min.4GB karena khusus untuk Windows7 memerlukan lebih dari 2GB
  • Do’a

Cara Mudah Install Windows 7 Ultimate Menggunakan USB Flash Disk Tanpa Bantuan Software

  1. Siapkan flash disk minimal 4 GB karena kapasitas dari file windows 7 ultimate sendiri kurang lebih 3 GB dan tentunya siapkan juga Laptop atau PC yang ada DVD drivenya dan DVD windows 7 ultimate.
  2. Masukkan flash disk ke colokan USB laptop kamu, flash disk ini nantinya akan diformat ulang, jadi backuplah dahulu isinya karena akan terhapus semua.
  3. Buka jendela Command Prompt dengan menekan tombol di keyboard simbol windows + R, ketik cmd lalu klik OK
  4. Di jendela Command Prompt yang baru muncul, ketik DISKPART dan tekan ENTER,
  5. Ketik LIST DISK kemudian ENTER, akan muncul semua size drive. Lihatlah ukuran dari masing-masing drive untuk mengenal yang mana flash disk dan hardisk kamu. Di laptop saya, Disk 0 ukurannya 298 GB dan Disk 1 ukurannya 3856 MB. Berarti, Disk 1 adalah flash disk 4 GB saya.
  6. Ketik perintah berikut secara berurutan:
    1. SELECT DISK 1 enter
    2. CLEAN enter
    3. CREATE PARTITION PRIMARY enter
    4. SELECT PARTITION 1 enter
    5. ACTIVE enter
    6. FORMAT FS=NTFS enter
    7. Tunggu sampai 100 % completed
    8. Ketik EXIT dan tekan enter.
  7. Minimize jendela Command Prompt tadi
  8. Masukkan DVD Windows 7 ke dalam DVD drive dan perhatikan drive letter DVD drive tadi (nama drive yang terbaca). Ingat drive letter DVD drive dan flash disk kamu. Pada laptop saya, drive F adalah DVD Windows 7 dan drive G adalah flash disk saya.
  9. Maximize jendela Command Prompt yang tadi kamu minimized, ketik perintah berikut satu demi satu:
    1. F: tekan enter (F adalah drive DVD Windows 7 saya)
    2. CD BOOT tekan enter
    3. BOOTSECT.EXE/NT60 G: tekan enter (G adalah flash disk saya)
  10. Tutup jendela Command Prompt.
  11. Copy semua file dari DVD Windows 7 ultimate ke dalam flash disk kamu, Selamat, sekarang flash disk kamu siap digunakan untuk menginstal Windows 7 ultimate.

Trik install windows 7 ultimate menggunakan flashdisk tanpa bantuan software ini cocok buat install windows pada netbook yang notabene tidak mempunyai cd room maupun dvd room.

Baca juga: Windows 10 - Yang Perlu Diketahui dari OS Baru dari Microsoft Ini

Sebenarnya masih ada cara lain install windows 7 menggunakan Flash disk dengan bantuan WintoFlash dan menggunakan software dari microsoft sendiri yaitu Windows 7 USB / DVD.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!