Cara Mengatasi Audio Suara yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV

Kabel HDMI sudah terpasang tersambung tapi suara tidak keluar? Suara Laptop tidak muncul di TV? HDMI ke TV tidak ada suaranya? Sound HDMI tidak terdeteksi? Saat ingin menontong film di TV rumah dari laptop menggunakan kabel HDMI tapi suara yang seharusnya keluar di speaker televisi malah tidak terdengar sama sekali, atau bahkan suaranya masih keluar dari speaker laptop? Gambarnya (visual) sudah muncul di layar, tetapi suaranya tidak ada? Tenang saja berikut solusinya.

Seperti yang kita ketahui kabel HDMI (High-Definition Multimedia Interface) adalah kabel yang dapat menghubungkan laptop atau komputer ke sebuah layar seperti TV atau monitor. Baik gambar maupun suara, dapat dihubungkan dengan satu kabel tersebut. 

Tidak hanya gambar (visual) yang dapat dihubungkan, tetapi juga suara (audio) sehingga kita tidak perlu lagi menggunakan port (lubang) headset atau speaker output yang ada di laptop, dalam satu kabel tersebut kita sudah dapat menyambungkan baik citra visual (gambar) dan juga suara (audio) yang ada di laptop ke televisi yang dihubungkan.

Cara Mengatasi Audio (Suara) yang Tidak Keluar Saat Menggunakan Kabel HDMI

Kita asumsikan bahwa anda telah measang kabel HDMI secara benar yang ditandai dengan gambar yang ada di layar laptop telah muncul di layar televisi. Cara ini berlaku untuk semua jenis televisi baik Samsung, Toshiba, Sharp Aquos ataupun type lainnya.

#1. Klik kanan  pada icon speaker yang (biasanya) ada di taskbar (kanan-bawah)

#2. Pilih "Volume Control Option" di menu popup yang muncul

Cara Mengatasi Audio (Suara) yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV

#3. Ceklis  (Pilih) HDMI Output. Kemudian Klik OK.

Cara Mengatasi Audio (Suara) yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV

#4. Selesai!

Beres! Selamat sekarang suara yang ada di laptop akan keluar di speaker TV sebagai mana mestinya. Anda sudah dapat menonton film atau memutar musik dan suaranya keluar dari speaker televisi melalui kabel HDMI.

Belum Berhasil?

  • Bila belum berhasil cobalah untuk memeriksa setiap sambungan, baik sambungan dari kabel HDMI ke laptop juga sambungan dari kabelm HDMI ke Televisi. Coba cabut kemudian pasangkan lagi.
  • Periksa pengaturan di laptop /computer yang digunakan, pastikan anda mengaktifkan sambungan melalui kabel HDMI tersebut. (Klik kanan di Desktop kemudian pilih >Screen Resolution)
  • Periksa Volume TV dan volume laptop. Bisa jadi lupa membesarkan volume suara atau lupa karena telah di Mute.
  • Coba ganti kabel HDMI. Bila ada teman atau tetangga yang punya kabel HDMI coba saja pinjam sebentar untuk membuktikan bahwa memang tidak bisa. Namun bila berhasil menggunakan HDMI ‘pinjaman’ tersebut maka ada masalah di kabel milik anda.
  • Eksperimen. Coba ganti laptop dulu, atau bila ada coba hubungkan di Televisi lain. Karena masalah bisa ada dari mana saja.
Semoga artikel mengenai cara mengatasi audio yang tidak keluar saat menggunakan kabel HDMI di TV ini dapat membantu teman – teman semua yang mengalami permasalahan yang serupa.

Bila ada pertanyaan atau masih mengalami kendala, silahkan simpan pertanyaan atau testimony di kolom komentar dibawah. Kami akan bantu semaksimal mungkin. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. #beWiseUser

Artikel Terkait:

0 Response to "Cara Mengatasi Audio Suara yang Tidak Keluar Saat menggunakan Kabel HDMI di TV"

Post a Comment