Cara Mudah Hidden dan Memunculkan Foto di Smartphone Xiaomi Redmi Note 3

Berikut ini adalah cara mudah menyembunyikan (hidden) foto atau file apa saja yang ada di smartphone Xiaomi dan juga cara melihat dan memunculkannya kembali kedalam galeri seperti sedia kala. Dengan cara ini mengharuskan kita untuk menggunakan password bila ingin mengakses ke tempat penyimpanan tersembunyi tersebut.

Punya foto atau file yang perlu dirahasiakan? Walaupun kita bukan seorang artis ataupun pubic figure namun nampaknya kita juga punya batasan pribadi tentang hal – hal apa saja yang boleh dilihat orang dan tidak, seperti contohnya saat kita mempunyai  proyek rahasia yang sedang dikerjakan dan ada file – file (tidak hanya foto) yang harus masih dirahasiakan sebelum dipublikasikan pada akhirnya, maka menyembunyikannya (hidden) adalah cara yang sangat wajar untuk dilakukan.

Fitur ini juga tersedia dan dapat diaplikasikan pada smartphone Xiaomi type lainnya juga, tidak terbatas hanya pada Redmi Note 3 Saja dan sudah dapat digunakan oleh smartphone mulai dari MIUI 7, MIUI 8, atau lebih baru lagi. Pada awal penggunaan fitur ini akan meminta kita untuk memasukan 4-digit angka yang kita gunakan sebagai master password yang sering digunakan untuk memberikan izin kepada hal – hal yang sensitif seperti data pribadi pengguna, penambahan sidik jari, dll.

Cara Mudah Hidden dan Memunculkan Foto di Smartphone Xiaomi Redmi Note 3


Dan berikut ini adalah langkah – langah atau cara mudah untuk menyembunyikan (hidden) dan memunculkan foto atau file di Smartphone Xiaomi

Cara hidden foto atau file di Xiaomi

#1 Pilih pada foto atau file – file yang ingin di sembunyikan (hidden)

Pilih foto atau file – file yang ingin di sembunyikan (hidden) dengan menandainya seperti halnya kita ingin mengirim satu atau beberapa gambar kepada orang lain. Sampai menu pilihan muncul.

#2 Pilih ‘Hide’ pada pilihan yang muncul

Pilih >More kemudian pilih >Hide pada pilihan yang ada hingga anda diminta untuk memasukan master password (4-digit) bila ini adalah pertama kalinya kita menggunakan fitur Hidden File

Cara Mudah Hidden dan Memunculkan Foto di Smartphone Xiaomi Redmi Note 3

#3 Masukan 4-digit master password

Masukan 4-digit password yang biasa digunakan untuk memberikan akses kepada hal – hal sensitif seperti saat kita akan menambahkan sidik jari baru, atau mengganti password, dll. Password ini biasanya dibuat pada saat kita menyalakan smartphone untuk pertama kalinya.

#4 Buat Pola (pattern-lock)

Setelah memasukan 4-digit password anda akan diminta untuk membuat pola (Pattern-lock) yang digunakan untuk mengunci akses ke tempat ‘persembunyian’ file – file tersebut (untuk penggunaan pertama biasanya diminta 2 kali sebagai konfirmasi penggunaan pola baru)


Langkah 3 & 4 hanya perlu dilakukan saat pertama kali saja, untuk selanjutnya file akan otomatis menghilang dan tersimpan di folder tersembunyi.

#5 Selesai!

Setelah proses pembuatan pola selesai maka file – file atau foto yang telah dipilih tadi tidak akan terlihat lagi di dalam galeri, begitu juga bila dicari dari file explorer tidak akan ditemukan.

Cara Melihat dan Memunculkan File /foto yang telah di hidden

Selain memunculkan kembali kedalam gallery seperti semula, cara ini juga bisa digunakan untuk melihat – lihat saja file atau foto yang telah di sembunyikan (hidden). Berikut caranya,

#1 Buka halaman Albums

Posisikan layar di bagian Album yang terletak didalam gallery

#2 Tarik /Usapkan jari dari bagian atas hingga ke bawah

Tarik atau usapkan atau drag jari atau jempol anda dari folder yang paling atas ke bawah hingga muncul halaman pattern-lock. Jangan terlalu atas untuk memulai usapan, karena kalau terlalu atas anda hanya akan membuka jendela notifikasi, bukan hidden file folder.

Cara Mudah Hidden dan Memunculkan Foto di Smartphone Xiaomi Redmi Note 3

#3 Masukan Pola kunci/pattern-lock

Masukan pola yang telah dibuat sebelumnya, tepatnya pada saat kita melakukan hidden file /foto pertama kali dan anda akan masuk ke folder Hidden album.


Bila hanya ingin melihat – lihat saja foto /file yang telah di hidden maka langkahnya berhenti sampai disini, namun bila anda ingin membuat file – file tersebut kembali ke tempat asalnya dan tidak lagi disembunyikan (unhide) maka anda harus melanjutkan ke langkah #4.

#4 Pilih /tandai file

Pilihlah atau tandai file – file /foto mana saja yang ingin dimunculkan lagi kedalam galeri.

#5 Pilih Unhide & Folder tujuan

Pilih >Unhide pada menu yang muncul  kemudian pilih di folder mana kita akan menyimpan foto tersebut. Bila ingin memiliki foder sendiri kita juga bisa langsung membuat folder dari menu tersebut dengan memilih >Create an album setelah memilih pilihan Unhide.

Cara Mudah Hidden dan Memunculkan Foto di Smartphone Xiaomi Redmi Note 3

#Selesai

Selesai!!! File – file yang telah anda sembunyikan /hidden sekarang telah kembali ke tempat asalnya dan dapat diihat kembali di dalam galeri tanpa harus mengakses ke folder tersembunyi.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi teman – teman yang sedang mencari informasi tentang bagaimana menyembunyikan file atau foto yang ada di smartphone Xiaomi dan juga mengakses dan mengembalikannya lagi ke tempat semula.

Bila ada kendala atau masalah di salah satu langkah yang ada diatas bisa langsung berdiskusi di kolom komentar ya, insyaalah kita bantu semaksimal mungkin, terimakasi! Jadilah pengguna yang bijak! #beWiseUser

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
February 5, 2017 at 8:12 PM delete

bang kl punya gua. kan pertama gua hide nah tanpa gua buatin folder. asal gua hide gitu aja. gua jga blum punya akun mi clouds atau apalah. gua hide tuh, eh gua mau cari gabisa bang? udh gua coba sesuai yg di website abang tapi tetep aja gabisa. di berkas tu jumlah gambarnya tetep bang gak berkuranhg. terus gua mesti gmna bang?

Reply
avatar
February 7, 2017 at 7:05 PM delete

ga bisa munculinnya pas langkah yg mana? coba hide lg gambar apa aja (ngasal) harusnya sih tempatnya sama.

Reply
avatar
February 12, 2017 at 11:42 PM delete

Bang,ane udah coba buat tampilin yg tersembunyi tp ko pas ane ikutin cara diatas malah otomatis ke mi cloud yaaa bukan kaya gambar gembok gitu?

Reply
avatar
February 14, 2017 at 2:21 PM delete

berarti itu belum buat atau belum login k mi-cloud nya. coba pastikan dulu kamu sudah login k mi-cloud.

Reply
avatar
July 8, 2017 at 6:10 PM delete

Klo lupa pola hidden ny gmna, dah di coba pame akun MI ny ttp gk bs kebuka

Reply
avatar
July 8, 2017 at 9:12 PM delete

bisa di coba cara alternatif dengan melakukan logout akun MI di HP nya, kemudian login lagi. setelah itu sistem akan minta kita untuk membuat pola. semoga membantu :)

Reply
avatar