Virtual Reality Headset: Yang Harus Kamu Ketahui (Cara Kerja, Cara Pakai, Harga & Sejarah)

Beberapa saat yang lalu kami menjajal alat untuk melihat video atau game Virtual Reality (VR) dan alat itu lebih umum disebut VR Headset. Lalu bagaimana sebenarnya alat ini bekerja? Bagaimana cara menggunakannya? Apa saja yang bisa kita lakukan dengan VR Headset ini? Bagaimanakah efeknya terhadapt kesehatan mata kita? Berapakah harganya?

Semua pertanyaan diatas akan kami jawab dalam artikel ini.

VR Headset atau alat yang dipasang dikepala untuk melihat tampilah bertipe virtual reality ini memang mulai ngehits! dalam beberapa tahun belakangan ini, terutama di Indonesia seiring dengan bertambahnya produsen dan penjual VR Headset dengan berbagai macam tipe, fitur dan harga yang tentunya dapat memanjakan kita sebagai konsumen (end user).

Sekilas info, di Wikipedia alat ini disebut dengan Virtual Reality Headset, sangat beralasan karena alat tersebut memang di desain untuk dipasang di daerah kepala. Dan tahukah kamu sebenarnya konsep VR seperti ini telah lama ditemukan dan dikembangkan, tepatnya pada tahun 1838 oleh Charles Wheatstone yang membuat sebuah alat yang mempunyai konsep seperti Virtual Reality bertujuan untuk mendemonstrasikan proses kinerja otak. Dan terus dikembangkan sampai seperti yang kita lihat sekarang ini.

Bagaimana cara alat Virtual Reality Headset ini bekerja?

Virtual Reality Headset: Yang Harus Kamu Ketahui (Cara Kerja, Cara Pakai, Harga & Sejarah)

Sebenarnya untuk VR Headset standar yang menggunakan Smartphone sebagai sumber video hanyalah sebagai tempat ‘menyimpan’ smartphone kita agar layar tetap menghadap kepada mata kita dan mengikuti kemanapun arah kepala kita bergerak sehingga apapun yang kita lihat pasti bersumber dari layar smartphone yang kita simpan didalam alat tersebut. Bila diibaratkan VR Headset dan smartphone adalah sebuah kaca mata dimana VR Box adalah Kerangka kaca matanya, sedangkan smartphone adalah lensanya.

Berbeda dengan VR Headset standar, VR Headset yang menggunakan teknologi canggih seperti VR Headset buatan Oculus, didalam VR Headset buatan Oculus telah terdapat layar yang dapat menampilkan video atau gambar, alat yang tergolong high tech ini selain dapat terhubung dengan smartphone, juga dapat terhubung dengan komputer sehingga pengalaman yang kita dapatkanpun akan semakin kaya karena sumber daya yang dapat digunakan tidak terbatas hanya pada smartphone yang pada umumnya masih belum dapat menandingi kekuatan komputer.

Bagaimana cara menggunakan alat Virtual Reality Headset?

Virtual Reality Headset: Yang Harus Kamu Ketahui (Cara Kerja, Cara Pakai, Harga & Sejarah)
Kiri: Ir. H.  Joko Widodo (Presiden R.I.) Kanan: Mark Zuckerberg (CEO Facebook) sedang menjajal Virtual Reality Headset di Kantor Pusat Facebook di Amerika (Silicon Valley)
Cara penggunaan VR Headset standar sangat mudah, seperti yang telah dijelaskan bahwa VR Headset ini hanyalah alat untuk menyimpan smartphone kita agar tetap mengikuti kemana arah padangan kita seperti layaknya kaca mata. 

Caranya kita hanya perlu memasukan smartphone kita kedalam sebuah soket yang dapat dibuka /ditarik dan didalam soket tersebut kita dapat memasang smartpohne kita (dengan mengatur posisi yang pas terlebih dahulu), kemudian kita tutup /masukan kembali soket kedalam VR Headset tersebut sehingga didepan mata kita adalah layar smartphone yang kita telah pasang tadi. 

Virtual Reality Headset: Yang Harus Kamu Ketahui (Cara Kerja, Cara Pakai, Harga & Sejarah)
Namun sebelum memasukan smartphone pastikan dulu bahwa smartphone kita telah aktif dalam mode VR (dengan menjalankan video atau game khusus VR maka smartphone kita akan otomatis berubah kepada mode VR)
Virtual Reality Headset: Yang Harus Kamu Ketahui (Cara Kerja, Cara Pakai, Harga & Sejarah)
Setelah Smartphone terpasang didalam VR Headset dan telah berjalan dengan VR Mode maka kita dapat langsung memakainya dengan posisi seperti pengganti kaca mata (Pengguna kaca mata tetap bisa menggunakan kacamata pada saat menggunakan VR Headset) dengan memanfaatkan tali (Strap) elastis agar VR Headset tidak terlepas maupun berpindah posisi saat digunakan meskipun kita aktif bergerak.

Apa Saja yang dapat kita lakukan dengan Virtual Reality Headset?

Pada dasarnya dengan menggunakan VR Headset kita dapat melihat video /citra /gambar dengan sudut pandang yang tidak terbatas, kita dapat melihat ke belakang, samping, atas bawah, dll. Video yang diputar pada umumnya disebut video 360. Selama video diputar, kita dapat melihat ke berbagai arah dan seakan – akan kita berada didalamnya.


Tidak  hanya video yang bersifat satu arah, tetapi kita juga dapat bermain games dengan memakai VR Headset ini. Dengan tambahan remote khusus / joystick atau alat bantu lainnya kita dapat bermain games secara interaktif. Namun tentunya games yang dapat dimainkan haruslah games yang telah dibuat khusus untuk dimainkan menggunakan alat VR ini.

Virtual Reality Headset: Yang Harus Kamu Ketahui (Cara Kerja, Cara Pakai, Harga & Sejarah)
Seperti halnya genre dalam film dan games, jenis tontonan dan permainan yang kita bisa nikmati sangat beragam, dari mulai genre pendidikan seperti melihat proses operasi, melihat kehidupan di hutan, sampai kepada genre action yang mengharuskan kita untuk aktif bergerak saat menggunakan alat ini.

Seiring berjalannya waktu ketersediaan video dan permainan khusus VR akan terus bertambah dan akan sangat banyak lagi genre – genre baru seiring dengan kreatifitas dan inovasi dari para pencipta konten VR di dunia.

Berapa Harga Virtual Reality Headset di Indonesia?

Virtual Reality Headset: Yang Harus Kamu Ketahui (Cara Kerja, Cara Pakai, Harga & Sejarah)
Harga dari Virtual Reality Headset di Indonesia sangat beragam, hal ini dikarenakan banyaknya distributor yang menjual di berbagai situs online dengan berbagai macam type dan keunggulan. Harga termurah dari alat ini berkisar antara 25 – 30 ribuan yang berbahan dasar kardus (cupboard). Di kelas menengah terdapat VR Headset berbahan dasar Plastik yang memiliki harga berkisar antara 65 - 300 ribuan tergantung fitur dan kualitas barang. Di kelas premium – umumnya keluaran merek ternama seperti Samsung atau Oculus – memiliki rentang harga diatas 1juta tergantung kualitas dan fitur yang ditawarkan.


Virtual Reality Headset: Yang Harus Kamu Ketahui (Cara Kerja, Cara Pakai, Harga & Sejarah)
Bila teman – teman ingin mencoba, disarankan untuk membeli VR headset kelas menengah terlebih dahulu dengan harga dibawah 100 ribu. Bila dirasa kurang puas /kurang nyaman teman – teman bisa mempertimbangkan untuk membeli VRH kualitas premium.

Perkembangan teknologi sangatlah ‘liar’, kita tidak bisa menahan atau mempercepatnya sesuka hati. Yang paling penting adalah bagaimana kita memanfaatkan teknologi secara bijak dan menggunakannya untuk memberikan nilai tambah kedalam kehidupan kita. Seperti hal nya alat VR Headset ini, kita bisa menggunakannya untuk menambah ilmu pengetahuan kita, bisa juga menggunakannya hanya untuk bersenang – senang. Kita yang tentukan.

Selamat Mencoba! #beWiseUser

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »