Picpal: Aplikasi untuk Selfie Bareng Teman dari Tempat yang Berbeda dalam Waktu yang Bersamaan

Picpal adala sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk mengambil gambar selfie dengan teman dalam waktu yang bersamaan (real-time) meskipun berada di tempat yang berbeda-beda.

Punya teman dekat saat sekolah /kuliah yang sering hangout bareng, becanda bareng dan curhat-curhatan sampai tengah malam? Tapi sekarang kalian sudah susah kumpul karena kesibukan masing  - masing atau karena mendapatkan pekerjaan di daerah yang berbeda, jangankan untuk ngobrol lama, untuk selfie bareng pun nampaknya sudah sangat tidak mungkin.

Namun sepertinya jarak yang memisahkan itu sudah bukan lagi jadi alasan untuk tidak selfie bareng, aplikasi Picpal memungkinkan kita mengambil gambar selfie semua anggota geng mu dalam waktu yang sama (real-time) walaupun kalian berada di tempat yang berbeda – beda, berbeda negara pun sekarang bukan jadi masalah lagi untuk tidak mengambil gambar kalian bareng - bareng.

Pengguna aplikasi Picpal dapat mengundang (invite) sampai dengan tiga teman untuk mengambil foto selfie bersama denganmu. Mereka akan mempunyai waktu sampai 15 menit untuk merespon permintaan selfie dari kamu sekaligus mengirimkan hasil foto selfie mereka. Bila hasilnya kurang memuaskan kita dapat melakukan pengambilan gambar ulang, selain melakukan pengambilan gambar ulang (bila perlu) kita juga dapat melakukan editing sampai penambahan kata – kata pada foto dengan alat bawaan dari aplikasi Picpal ini.

Picpal: Aplikasi untuk Selfie Bareng Teman dari Tempat yang Berbeda dalam Waktu yang BersamaanAplikasi ini akan menggabungkan semua foto menjadi satu buah foto selfie dan akan muncul dalam Picpal gallery yang telah tersedia dalam aplikasi. Selain dapat langsung muncul di Picpal gallery foto yang telah berhasil diabadikan pun dapat di bagikan (share) ke berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp.

Aplikasi ini sudah tersedia di AppStore (iOS) dan Playstore (Android) dan dapat diunduh secara gratis.

Dibawah ini adalah hasil selfie menggunakan Picpal dimana ada orang-orang yang seperti sedang berlibur (atas) dan ada juga yang berlokasi di dalam rumah (bawah), walaupun berbeda tempat mereka tetap dapat melakukan foto bersama.

Picpal: Aplikasi untuk Selfie Bareng Teman dari Tempat yang Berbeda dalam Waktu yang Bersamaan


Di Indonesia sendiri aplikasi ini nampaknya baru mulai muncul dan telah digunakan oleh beberapa orang, dan nampaknya aplikasi ini akan menjadi salah satu alternatif untuk mengambil foto selfie yang seru. Kecenderungan pasar di Indonesia memang musim-musiman dan bila sudah ada yang memulai menggunakan aplikasi ini, tinggal menunggu saja sampai aplikasi ini booming.

Aplikasi Global

Picpal diciptakan oleh sebuah startup yang berasal dari Bangalore, India yang berpusat di California bernama Myndbee. Aplikasi ini diciptakan oleh sebuah tim yang beranggotakan 12 orang yang tersebar di Amerika dan India.

Tim dari startup ini mengatakan bahwa aplikasi pengambil foto selfie jarak jauh ini memerlukan tiga aplikasi yang berbeda, pertama adalah sebuat aplikasi perpesanan untuk mengundang teman-teman yang lain, aplikasi kamera untuk mengambil gambar selfie dan aplikasi untuk menggabungkan semua foto yang ada.

Picpal: Aplikasi untuk Selfie Bareng Teman dari Tempat yang Berbeda dalam Waktu yang Bersamaan

Sebelum Picpal

Sebenarnya startup ini telah meluncurkan aplikasi chatting bernama Diffr sekitar satu tahun yang lalu, pada aplikasi ini pengguna dapat melakukan postingan sebagai diri sendiri, anonym, atau bahkan untuk mengerjai seorang teman. Namun sepertinya aplikasi ini tidak memberikan hasil yang seperti mereka inginkan jadi secara tidak langsung mereka meninggalkan aplikasi ini, namun dari situlah awal mula Picpal.

Picpal versi beta (percobaan) sebenarnya sudah diluncurkan pada akhir bulan Maret lalu pada iOS untuk mendapatkan feedback (masukan) dari para pengguna, yang mana, oleh Myndbee ditindaklanjuti sebagai bahan perbaikan untuk meningkatkan pengalaman pengguna aplikasi Picpal ini. Barulah pada bilan Juni lalu Versi resmi (Full Version) dari aplikasi ini diluncurkan secara global baik untuk iOS maupun Android.

Picpal: Aplikasi untuk Selfie Bareng Teman dari Tempat yang Berbeda dalam Waktu yang Bersamaan

Persaingan Pasar

Pada bulan Juni startup ini juga mendapatkan kucuran dana sebesar 2.5 Juta dollar dari sebuah perusahaan yang berpusat di Singapura (Nadathur Technologies). Dana tersebut ditujukan untuk marketing dan pengembangan produk. Karena itu sekarang startup ini sedang mencari karyawan di Indonesia, Malaysia, Filiphina, Vietnam dan Thailand untuk membantu mengembangkan dan memasarkan aplikasi ini.

Picpal ‘bermain’  pada lingkungan seperti Snapchat dan Instagram, namun tidak berkompetisi secara langsung. Dalam beberapa aspek aplikasi ini seperti Candidly, yang mengkombinasikan selfie, gambar dan perpesanan.


Picpal: Aplikasi untuk Selfie Bareng Teman dari Tempat yang Berbeda dalam Waktu yang Bersamaan


Pada dasarnya, Picpal berada di tengah aplikasi – aplikasi untuk berselfie-ria yang kita tahu seperti Camera360, Bb12, dll. So.. Let see, apakah aplikasi ini berhasil merebut hati para penggila selfie? Kita lihat saja beberapa bulan ke depan. Bila kalian ingin mencoba aplikasi ini bisa langsung di download di Playstore (Android) dan AppStore (iOS). Selamat mencoba!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »