5 Website yang Nyaman untuk Belajar Bahasa Pemrograman/Koding (HTML, CSS, Java, Ruby, dll)

Dulu belajar bahasa pemrograman terlihat menjadi hal yang sangat membosankan dan sangat susah sekali untuk mendapatkannya bila bukan di bangku kuliahan. Namun seiring teknologi berkembang dan kreativitas tersalurkan, banyak sekali tempat belajar bahasa pemrograman yang nyaman, gratis dan dapat diakses oleh seluruh kalangan, hanya tinggal mengunjungi sebuah website kita dapat belajar keseluruhan dari bahasa pemrograman atau istilah jaman sekarang yaitu koding.

Namun dari sekian banyak website yang menyediakan sarana untuk belajar koding, mashable.com (salahsatu website berita internasional) telah memilih 5 tempat terbaik untuk belajar bahasa pemrograman. Baiklah mari kita bahas satu persatu.

Scratch - 5 Website yang Nyaman untuk Belajar Bahasa Pemrograman/Koding (HTML, CSS, Java, Ruby, dll)

“tidak ada kata terlamat untuk memulai sesuatu seperti sebuah Scratch (goresan),” kata Sims.

Scratch adalah sebuah proyek MIT yang membuat sebuah bahasa pemograman graphical yang memungkinkan kita membuat karakter bergerak pada sebuah layar. Meskipun Scratch bukanlah sesuatu yang dapat kita gunakan untuk membuat website, tetapi scratch mengajarkan pengetahuan algoritma dengan konsep yang sama dengan bahasa pemrograman komputer, dan itu dapat mempermudah bila lanjut mempelajari HTML dan CSS.

code.org - 5 Website yang Nyaman untuk Belajar Bahasa Pemrograman/Koding (HTML, CSS, Java, Ruby, dll)

Misi dari Code.org adalah untuk menambah jumlah pelajar, terutama wanita dan orang-orang dengan akses ke alat pembelajaran untuk membuat bahasa pemrograman. Latihan-latihan yang tersedia pada website ini di format seperti permainan dengan drag-and-drop tiles (geser dan jatuhkan), tetapi para pengguna dapat melihat kode yang mereka sedang gunakan selama proses membuat dan setelah semua selesai.

Kita bahkan dapat membuat Elsa dari film Frozen berjalan 100 pixels, berbelok ke kanan 90 derajat dan berjalan lagi 100 pixels, hanya dengan mengetik “moveForward(100); turnRight(90); moveForward(100);" dalam bentuk Javascript.

codecademy - 5 Website yang Nyaman untuk Belajar Bahasa Pemrograman/Koding (HTML, CSS, Java, Ruby, dll)

Setelah kita mendaftar di Codecademy, kita dapat memulai belajar bagaimana mendesain website pribadi kita dengan HTML dan CSS, dan menambahkan animasi dengan javascript.

Sims berkata bahwa Codecademy membantu para pelajar dengan memperbolehkan mereka untuk “membuat satu baris kode, dan melihat apa yang berubah secara langsung,” bukan melihat seorang instruktur secara pasif. Pengguna juga mendapat keuntungan karena dapat membuat recognizable website, seperti etsy, dengan Ruby on Rails.

4. CS50 (Harvard University)
CS50 - 5 Website yang Nyaman untuk Belajar Bahasa Pemrograman/Koding (HTML, CSS, Java, Ruby, dll)

CS50, tempat kursus komputer nya Harvard University, memiliki lebih dari 800 in-class students dan ribuan auditor online. Silabusnya termasuk konsep umum seperti bahasa pemrograman, dan disana ada video-video dan masalah-masalah secara online yang memungkinkan para pelajar (pengguna) dari seluruh dunia mempelajari secara bersamaan.

Ketika ini tidak seperti Codecademy, orang-orang yang mencari pembelajaran tentang komputer dengan cara yang lebih tradisional harus mencoba belajar disini.

Treehouse - 5 Website yang Nyaman untuk Belajar Bahasa Pemrograman/Koding (HTML, CSS, Java, Ruby, dll)

Treehouse tidak memberikan pelajaran secara gratis, dengan $25 kita sudah mendapatkan paket basic dan $49 untuk paket professional (yang akan memberikan kita akses untuk mengikuti workshop eksklusif dan wawancara) – (harga) ini sangat beralasan karena memberikan pengajaran secara mendalam mengenai koding dan terhadap topic-topik yang berbeda.

Treehouse juga memiliki jalur-jalur khusus, seperti web desain dan iOS development, untuk para pengguna yang memiliki tujuan yang spesifik untuk pelajaran bahasa pemrograman mereka.


Nah, gimana teman-teman? Tertarik untuk belajar bahasa pemrograman? Kalian bisa langsung aja cek ke TKP sesuai kebutuhan teman-teman berdasarkan penjelasan diatas. Untuk admin RindiTech sendiri lebih banyak belajar di Codecademy dan ilmu nya sedikit demi sedikit dapat diterapkan di website RindiTech ini, meskipun tampilannya masih ala kadarnya tetapi bila ada sedikit masalah pada sistem internal bisa diatasi sendiri tanpa perlu meminta bantuan dari ahli koding.

Perlu diingatkan lagi, beberapa tahun lalu belajar bahasa pemrograman hanya dapat diperoleh di bangku kuliahan dan itu pun hanya ada pada jurusan tertentu, nah sekarang telah ada tempat-tempat belajar koding secara gratis dan dapat diakses oleh siapa saja, lalu apa lagi yang ditunggu?


Punya pengalaman tentang belajar bahasa pemrograman? Yuk sharing di kolom komentar :) 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »