Klarifikasi tentang server e-KTP yang berada di luar negeri

Akhir – Akhir ini sangat ramai sekali pemberitaan tentang server e-KTP warga Negara Indonesia yang dikabarkan berada di luar neger dan pernyataan ini dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri (Tjahjo Kumolo). Berita ini tentu saja sangat mengejutkan dikarenakan data seluruh warga Negara Indonesia dipertanyakan kerahasiaannya. (baca: Data Chip E-KTP Indonesia di simpan di Server Luar Negeri, data rentan untuk bocor/diretas)

Klarifikasi tentang server e-KTP yang berada di luar negeri

Namun selang beberapa waktu kemudian berita ini diklarifikasi oleh Kepala Pusat Komunikasi (Kapuspenkum) yaitu Dodi Riyadmadji yang masih dibawah Kementrian Dalam Negeri bahwa server e-KTP tidak berada di luar negeri melainkan di Gedung Pusat Kementrian Dalam Negeri.

Kemendagri menghentikan sementara proses pembuatan e-KTP karena berbagai hal (termasuk alasan ‘server’ ini) sampai waktu yang tidak ditentukan. Namun nampaknya setelah ada klarifikasi ini Kemendagri akan tetap menghentikan proses pembuatan karena dalam proyek ini ditemukan beberapa kejanggalan termasuk dugaan korupsi.


Sumber: jpnn.com

Baca juga:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »