Langkah – langkah Penting Mengamankan Data Pribadi Dari Kehilangan dan Pencurian pada iOS (Apple) Part 2/2

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas langkah pengamanan pertama yang dapat kita lakukan untuk mencegah orang “usil” atau berniat jahat dengan memanfaat celah keamanan dari handphone kita khususnya pada iOS seperti Apple. Pada artikel kali ini kita akan membahas langkah selanjutnya dalam mengamankan data kita bila “kejadian” yang tidak diinginkan itu benar-benar terjadi.


Find My iPhone
Pada fitur ini memungkinkan kita untuk melakukan tracking atau penelusuran, juga mengatur dan mengamankan iPhone kita ketika handphone kita hilang. Untuk menggunakan fitur ini kita harus memiliki akun di iCloud, dalam mendaftar di iCloud ini kita kita perlu melakukan sinkronasi data pribadi kita seperti email dan kontak pada Cloud. Setelah kita memiliki akun di iCloud kemudian kita melakukan setting dengan cara mengunjungi halaman iCloud melalui iPhone kita pada Settings dan slide Find My iPhone pada kondisi ON.

Pada saat iPhone kita hilang atau dicuri, pertama kali yang harus kita lakukan adalah masuk ke website iCloud di ”icloud.com” atau gunakan aplikasi Find My iPhone pada gadget iOS lain. Setelah kita masuk atau log-in, kita dapat menemukan lokasi iPhone kita dalam Apple map, tetapi lokasi iPhone anda akan dapat terlacak hanya bila handphone anda yang hilang terhubung ke internet baik itu melalui Wi-Fi maupun koneksi internet dari kartu seluler biasa. Apabila tidak terhubung dengan internet maka iPhone kita belum dapat di lacak.

Setelah kita terhubung dengan iPhone kita melalui iCloud, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan. Pertama, kita dapat membuat handphone (iPhone) kita mengeluarkan suara dengan volume yang maksimal dalam 2 menit dan tetap akan mengeluarkan suara walaupun iPhone anda dalam keadaan diam atau Silence mode. Namun menurut beberapa ahli hal ini sangat berguna hanya pada saat iPhone kita hilang di rumah atau terselip di kursi, bila hal ini dikakukan pada saat handphone kita benar-benar di tangan pencuri efeknya akan sangat kecil handphone itu kembali. Kita juga dapat menghapus semua data kita yang ada pada iPhone namun hal ini dinilai kurang efektif. Hal yang paling memungkinkan adalah segera mengaktifkan Lost Mode (mode hilang). Tidak hanya memberi kita pilihan untuk mengontrol iPhone kita namun kita juga dapat meningkatkan sistem keamanan pada iPhone kita.

Lost Mode
Ada dua hal yang dapat dilakukan pada saat Lost Mode diaktifkan. Pertama, kita dapat memasang password pada iPhone kita apabila kita benar-benar tidak memasang password sebelumnya. Kita dapat memilik empat digit password dan mengunci handphone kita. Ingat! Pada artikel bagian pertama kita sudah membahas bagaimana cara agar pencuri tidak dapat mengakses iPhone kita walaupun pada saat terkunci.

Kedua, kita dapat mengirim pesan pribadi yang dikirim ke iPhone kita yang hilang dan menampilkan nya di halaman utama handphone walaupun dalam keadaan terkunci. Kita dapat mnuliskan apa saja yang ingin kita sampaikan kepada orang yang menemukan atau mencuri handphone kita ini seperti “bila menemukan hanphone ini mohon menghubungi….” Atau pesan lain yang ingin anda tulis.

Pada Lost Mode kita dapat melihat lokasi-lokasi iPhone kita 24 jam terakhir pada map. Namun bila hal ini dirasa sudah sia-sia dan anda sudah tidak ingin lagi mencarinya, anda bisa melakukan penghapusan total data anda yang ada pada iPhone tersebut namun, perlu diingat bahwa setelah anda melakukan penghapusan total ini kita tidak dapat melakukan tracking posisi iPhone kita. Selain dari pada itu password pada homescreen dan pesan yang kita kirim akan tetap ada.

Tungu update selanjutnya mengenai keamanan pada iPhone ini dan kita akan membahas tentan Activation Lock.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »