Untuk Pemula, Blogger atau Wordpress ya???

Hi..!! Kali ini saya akan bagi pendapat yang berasal dari pengalaman saya dalam memilih media blogging untuk pemula. kenapa saya tulis antara blogger dan wordpress, soalnya kedua penyedia blog tersebut adalah blog yang umum dipakai dan keduanya pernah saya coba. Naah, kalau untuk pemula bagusnya pilih yang mana ya???

Dari beberapa bahasan tentang pemilihan media blogging ini, secara umum wordpress sampai saat ini masih memegang predikat pilihan yang dapat diandalkan, kenapa? karena wordpress menyediakan fitur2 yang mendukung bagi penggunanya seperti, pengguna dapat memasang beberapa plug-in yang telah disediakan agar memasimalkan konten2 yang mereka miliki sehingga blog yang dimiliki dapat mudah 'terkenal' dan mendapatkan peringkat yang bagus di mata Search Engine atau yang disebut SEO friendly.

Blogger bukan tanpa perlawanan, selain memliki tampilan navigasi yang sangat mudah atau 'user friendly', blogger juga merupakan anak perusahaan nya Google. seperti yang kita tahu bahwa google adalah raksasa mesin pencari dan masih tak terkalahkan ketenaran nya dengan mesin pencari yang lain seperti, Bing, Yahoo, dll. Karena blogger di bawah google, pastinya setiap pencarian tentang blog dan bila ada hasil pencarian yang sama dari blogger dan wordpress pastinya Google 'mendahulukan' blog yang berbasis blogspot terlebih dahulu.

wordpress juga bukan tanpa cacat, wordpress kebanyakan di agung2kan oleh para pengguna blog lanjut atau bisa di sebut expert, karena mungkin wordpress dapat memenuhi setiap kebutuhan yang ada pada diri setiap pengguna. tetapi wordpress terkenal sangat rentan dengan aksi hacking, beberapa masalah keamanan sering muncul dari platform wordpress ini, itu sebabnya dibutuhkan plug-in2 agar menunjang keberlangsungan blog mereka yang di pasang di wordpress. untuk plug-in sendiri terdapat macam2 jenis, dari mulai yang free, berbayar, sewa, berbagi, dan tentunya kualitas. untuk itu bagi para pengguna wordpress diharapkan mempersiapkan keamanan blog nya dengan hati2 karena bila salah urus kemungkinan data yang kita miliki dapat menghilang.

Jadi,, menurut saya bila anda adalah seorang pemula yang ingin belajar mengenai dunia blogging, saya sarankan untuk menggunakan blogger terlebih dahulu, selain mudah dinavigasi, blogger juga sangat jarang terjadi kerusakan ataupun hilangnya data secara tiba2 karena blogger ini diciptakan agar para mengguna jasa mereka dapat merasakan kenyamanan dan tidak membuat sulit sehingga kita tidak terhambat untuk membuat sebuah karya karena tidak tahu caranya.hhehe

selamat mencoba,!! tulisan di atas hanya saran saja, bila anda mau langsung coba wordpress juga moggo, agar dapat membedakan keduanya..

Baca: Langkah - langkah untuk posting artikel di Wordpress

Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »