Langkah – langkah untuk Posting Artikel di Wordpress

Mungkin artikel ini memang agak sedikit mundur dari bahasan kita seputaran dunia blog namun bagi yang baru masuk dan gabung sebagai penulis di wordpress (dan masih awam) mungkin artikel ini akan sedikit banyak membantu karena mungking saja ada beberapa hal yang terlewatkan ketika sedang posting artikel dengan kerangka wordpress. Semoga artikel ini dapat membantu dan mempermudah kita untuk melakukan posting.

Seperti yang kita ketahui bahwa dari beberapa penyedia jasa untuk membuat blog secara instant ada dua penyedia jasa yang sangat umum dikenal yaitu Blogger dan Wordpress. Dari beberapa orang yang pernah mencoba keduanya, hampir semuanya kompak menjawab bahwa wordpress memang lebih rumit dibandingkan dengan blogger (blogspot) yang sangat user friendly, maka dari itu banyak yang menyebut bahwa blogger lebih cocok untuk pemula dan wordpress sangat cocok untuk pengguna tingkat lanjut, maka dari itu membuat sebuah artikel tentan cara posting artikel di wordpress tidaklah terlalu buruk bila dilihat dari pendapat orang – orang tentang kerumitan wordpress.
(baca: Untuk Pemula, Blogger atau Wordpress ya?)

Langkah – langkah untuk posting artikel di wordpress
Lembar Kerja Utama untuk Posting Artikel di Wordpress 


Yang harus dipersiapkan

Sebelum melakukan proses posting di halaman wordpress sebaiknya kita persiapkan artikel yang akan kita publikasikan, yang dimaksud dipersiapkan adalah kita harus menyelesaikan terlebih dahulu artikel tersebut sampai tuntas (offline) dan telah ‘terbebas’ dari kesalahan ketik ataupun mengganti kata – kata yang kurang pas dalam artikel tersebut, jadi saat memasuki area wordpress (online) kita tidak lagi disibukan dengan mengetik untuk mengurangi resiko putus koneksi dan lupa menyimpan (save), maka dari itu sebaiknya kita menulis artikel tersebut secara offline pada Microsoft word, notepad, dll.

Selain mempersiapkan artikel sebelum login, kita juga harus mempersiapkan gambar (bila ada) yang akan kita pasang nanti untuk memperjelas isi artikel kita, juga tentang desain seperti apa yang akan kita gunakan seperti menggunaan huruf tebal, heading, tabel, penempatan gambar, dll agar tidak membuang waktu saat proses posting (online).

Langkah – langkah untuk posting artikel di wordpress


Bila ada fitur yang tidak bisa teman – teman temukan pada halaman wordpress disana itu bukan berarti error ya, itu bisa disebabkan oleh penggunaan tema yang berbeda.

#1. Login

#2. Post à Add New

Langkah – langkah untuk posting artikel di wordpress
Masuk ke Tambah postingan baru  Post >>Add New













#3. Paste Judul dan isi artikel kemudian atur paragraf dan align (rata kiri,kanan,justify,dll)

Langkah – langkah untuk posting artikel di wordpress
Lembar Kerja Utama untuk Posting Artikel di Wordpress

Gambar diatas adalah halaman utama pada wordpress untuk membuat artikel baru dan berikut penjelasan singkat antarmuka berdasarkan nomor yang ada pada gambar:
  1. Kolom untuk menyimpan Judul artikel (postingan)
  2. Box /tautan untuk menambah konten pada artikel selain tulisan seperti gambar, suara, video, dll.
  3. Box Contact Form akan muncul setelah kita mengintsall widget dengan nama yang sama (Contact Form), untuk menambahkan kolom pesan pada artikel.
  4. Tools bar seperti halnya kolom – kolom yang ada pada program untuk menulis seperti Microsoft word di windows dengan fungsi yang hampir sama seperti, align, bold, italic, dll. Apabila tools yang muncul hanya satu baris, klik saja tombol menu yang ditunjuk oleh panah merah pada gambar dan menu extra akan muncul seperti yang ada pada gambar diatas.
  5. Tulisan “Text” pada halaman ini berfungsi untuk memunculkan isi artikel dengan format HTML.
  6. Halaman utama untuk isi tulisan kita yang akan di posting.

So, sudah tahu kan sekarang dimana harus meletakan judul dan isi artikel! Sekalian juga atur dulu paragraf dan align dengan menggunakan tools yang ada.

#4. Masukan Gambar

Sebelum beralih ke gambar dibawah, kita harus klik dahulu box/tautan untuk menambah konten pada langkah nomor 3 di box “Add Media” setelah itu kita akan diarahkan ke popup seperti pada gambar diatas. Bila gambar belum ada di Media Library kita harus upload terlebih dahulu dengan memilih Upload Files à Select Files (seperti gambar dibawah).
Langkah – langkah untuk Posting Artikel di Wordpress
setelah klik Add Media akan diarahkan ke halaman ini


Langkah – langkah untuk Posting Artikel di Wordpress
tambah keterangan gambar
Setelah proses upload selesai kita akan diarahkan ke Media Library untuk melakukan setting sebelum gambar benar – benar diletakan di dalam artikel seperti gambar dibawah ini, pada umumnya Title dan Alt Text di isi dengan judul artikel, bila ingin menambahkan sumber gambar /kata kata dibawah gambar bisa diketik di kolom Caption. Setelah selesai mengatur gambar, segera klik Insert into post.



#5. Tambahkan efek (bold, warna, heading, dll)

Kembali ke gambar yang ada pada langkah nomor 3, kita dapat menambahkan efek tebal (bold), ukuran huruf, heading, dll pada area tools bar.

#6. Atur kategory

Langkah – langkah untuk Posting Artikel di Wordpress
Pilih Kategori
Pilih kategori sesua isi artikel, bisa lebih dari satu kategori. Bila belum ada kategori yang diinginkan kita bisa menambahkannya dengan klik “Add New Category”.

















#7. Berikan Tag

Langkah – langkah untuk Posting Artikel di Wordpress
tambahkan beberapa tag untuk artikel
Tambahkan beberapa tag /kata – kata utama yang berhubungan dengan artikel, klik Choose from the most used tags untuk menggunakan tag yang sering digunakan pada website kita.








#8. Atur Featured Image /Gambar Utama (Bila Perlu)

Langkah – langkah untuk Posting Artikel di Wordpress
Atur Gambar Utama
Featured Image akan muncul sebagai thumbnail bila artikel ada pada list pilihan, bila perlu atur gambar yang ingin muncul pada thumbnail dengan klik link (tautan) diatas. Bila fitur ini tidak digunakan / tidak ada jangan khawatir karena biasanya sistem wordpress akan otomatis mengambil gambar utama dari gambar pertama yang ada pada artikel.

#9. Atur SEO Secara manual (Bila Perlu)

Langkah – langkah untuk Posting Artikel di Wordpress
Atur Manual untuk SEO yang lebih baik
Pengaturan SEO (Search Engine Optimization) secara manual memang akan memberikan dampak yang berbeda di mata mesin pencari seperti Google, Bing, dll namun bila pengaturan secara manual dilakukan dengan asal – asalan hasilnya malah akan memperburuk posisi artikel dimata mesin pencari, so bila tidak yakin untuk mengaturnya secara manual, lebih baik kosongkan saja karena sistem SEO yang telah dipasang secara otomatis akan membantu mengaturkannya.





Focus Keyword: Masukan kata kunci utama yang ada pada artikel kita
Meta Description: Masukan deskripsi singkat tentang isi dari artikel kita agar orang lain tertarik untuk membaca.
Sekali lagi, bila kurang yakin dengan pengaturan secara manual, kosongkan saja ya dan biarkan program yang mengaturnya secara otomatis.

#10. Publish!  (Selesai)

Langkah – langkah untuk Posting Artikel di Wordpress
Langkah terakhir >> Publish

Langkah Terakhir dari proses posting adalah tentu saja menekan tombol Publish(3) yang ada pada kolom kanan atas, namun sebelum melakukan itu ada baiknya kita melihatnya terlebih dahulu dengan menekan tombol preview(2), bila belum selesai kita juga bisa meneruskan pekerjaan dengan menyimpannya dengan menekan tombol Save Draft(1).













Naah, itu dia langkah – langkah untuk membuat postingan pada kerangka wordpress, semoga dapat membantu dan mempermudah langkah kita semua dalam berkarya! Bila ada yang masih bingung atau ada yang ditanyakan silahkan simpan pada kolom komentar dibawah yaa.. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »