Strategi CEO Baru Blackberry (John Chen) Dalam Mempertahankan Bisnis (Part 3)

Untuk bagian ketiga ini Bos baru Blackberry ini memberikan fokus pada kekuatan, dimana mereka mencoba fokus terhadap apa yang mereka miliki, kekuatan apa yang mereka punya untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin.  Dan untuk kesekian kalinya John Chen mengatakan bahwa sasaran mereka adalah kalangan korporat yang dirasa olehnya adalah kekuatan yang dimiliki oleh blackberry.

Chen seperti yang kita tahu adalah pebisnis yang terkenal dengan prestasinya dalam mengembalikan perusahaan yang sedang terpuruk kedalam posisi yang lebih baik bahkan bisa menghasilkan keuntungan berlipat ganda, itu sudah dibuktikan oleh John Chen pada perusahaan sebelum ia berada sekarang ini. Tetapi pada Blackberry mungkin Chen agak sedikit terbantu dengan kekuatan-kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan yang terkenal dengan BBM nya ini. Strategi yang baru ini dipercaya akan menciptakan software-software yang diperuntukan digunakan oleh para korporat yang sangat memerlukan keamanan tingkat tinggi untuk melindungi rahasia-rahasia perusahaan agar tidak bocor ketangan yang salah.

Chen mengklaim bahwa Blackberry mempunyai
kekuatan teknologi dalam bidanng keamanan, namun Dia juga menyadari bahwa dalam hal memberikan paket untuk pasar masih dirasa kurang, jadi Chen berjanji akan fokus terhadap masalah penetrasi pasar ini. Dia mencontohkan BBM sebagai platform yang sukses di pasaran yang terkenal dengan keamanannya disbanding dengan competitor yang lain.

Salah satu masalah yang dihadapi oleh Blackberry adalah fakta bahwa perusahaan-perusahaan besar yang menjadi pangsa pasar potensial ini telah mulai meninggalkan salah satu produk yang akan diunggulkan yaitu Blackberry Enterprise Service. Chen menyadari bahwa tantangan perusahaannya saat ini sangat besar yaitu melakukan maintenance terhadap para konsumen korporat dan juga mengembalikan konsumen-konsumen untuk kembali menggunakan porduk dari Blackberry tersebut. Saat ini Chen juga sedang fokus untuk mempromosikan produknya ini terhadap beberapa perusahaan seperti pemerintah, bank, asuransi dan industry lain yang sangat mengutamakan keamanan dan kerahasiaan data.


Perusahaan ini akan melakukan integrasi terhadap produk-produk perusahaan kepada system perlindungan keamanan yang dimiliki Blackberry dan Chen mengklaim bahwa itu tidak dimiliki oleh pesaing lainnya di bidang teknologi. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa pesaing-pesaing yang lain juga saat ini mungkin sedang menuju kearah yang sama. Walaupun begitu Chen tetap memiliki optimism tinggi terhadap area bisnis ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »