Jaga Privasi dengan “Master Password” pada Firefox



Teman2, sering kali kita lupa untuk melakukan log-out atau “sengaja” tidak kita log-out beberapa akun kita di berbagai situs, seperti di Facebook, Twitter, Email, dan Yahoo sehingga pada saat kita membuka kembali situs tersebut kita akan langsung dibawa ke halaman muka pengguna tanpa harus log-In seperti memasukan username dan password tetapi bagaimana bila situs2 tersebut dibuka oleh orang lain? Dan mereka dapat dengan mudah melakukan perubahan terhadap akun2 kita tersebut. Ga mau kan privasi kita di otak atik sama orang lain?? Nah, mungkin memasang Master Password pada firefox dapat menjadi salah satu alternatif untuk melakukan proteksi terhadap mesin peramba (browser) kita.

Here we go..


  1. Buka Browser Mozzila Firefox pada komputer kalian
  2. Klik pada Menu(kiri atas) --> Option --> Security --> Use Master Password
  3. Masukan Password yang kita inginkan
  4. Save/Ok

Selesai! Untuk mengetes apakah settingan passwordnya berhasil atau tidak, tutup browser Mozzila Firefox, kemudian buka kembali. Bila berhasil sebelum jendela utama muncul terlebih dahulu akan muncul kolom seperti di bawah ini. Mengharuskan anda untuk
memasukan password yang telah dibuat terlebih dahulu. Setelah memasukan password jendela utama dari Mozzila Firefox ini akan terbuka.






Jadi, bila orang lain yang ingin berinternet menggunakan Mozilla Firefox di komputer kita, harus mendapat ijin dulu dari si-empunya komputer.

Sebagai tips tambahan, untuk menjaga privasi kita dalam berinternet sebaiknya kita memasang lebih dari satu mesin perambah (browser) seperti Mozilla, Chrome, Opera, dll untuk guest pada komputer kita (orang lain) bisa di arahkan untuk menggunakan browser yang berbeda dari yang biasa kita gunakan. Jadi privasi, history, dan segala yang lain yang bersifat personal tidak akan terganggu dan diubah oleh orang lain, sengaja ataupun tidak disengaja.

Oke, sampai sini dulu pembahasan mengenai Master Password pada Foirefox. Untuk artikel selanjutnya kita bisa membahas tentang Master Password pada browser lain.

Terima kasih sudah baca!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »