Suka Luar Angkasa? Cobain nih Game Docking Simulator dari SpaceX

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Games
News
Tutorial
Suka Luar Angkasa? Cobain nih Game Docking Simulator dari SpaceX
Suka Luar Angkasa? Cobain nih Game Docking Simulator dari SpaceX
Anda suka pembahasan mengenai luar angkasa? cobain nih game Docking Simulator dari SpaceX. Game ini dibuat mirip seperti interface yang digunakan di kapsul luar angkasa Crew Dragon milik perusahaan teknologi yang fokus di perjalanan ruang angkasa milik Elon Musk ini.

Dalam waktu dekat SpaceX dan NASA akan bekerjasama dalam pengiriman astronot ke stasiun luar angkasa internasional atau yang biasa disebut ISS (Internasional Space Station). Peristiwa ini juga akan dikenang sebagai pengiriman astronot ke luar angkasa oleh perusahaan swasta untuk pertama kalinya.

Jika anda ingin mengikuti perkembangan dari kerjasama ini, silahkan ikuti sosial media SpaceX ataupun NASA untuk informasi atau pengumuman terbaru dari mereka. Termasuk perkembangan dan pelatihan astronot dalam melakukan docking /parkir kapsul SpaceX (crew dragon) ke ISS.

Baca juga: Ukir sejarah, SpaceX berhasil mengirim astronot ke stasiun luar angkasa


Game Docking Simulator dari SpaceX susah atau gampang?

Selain proses take off/lift off dari darat ke luar angkasa, hal penting lainnya dari perjalanan ini adalah proses docking atau ibarat parkir kapsul luar angkasa yang ditumpangi oleh astronot ke stasiun luar angkasa.

Bukan parkir biasa tentunya, proses docking ini memerlukan ketelitian dan tingkat ketepatan yang sangat presisi dengan tingkat toleransi yang sangat minim. Sedikit saja melenceng, mereka harus mengulangi proses docking tersebut dari awal lagi, atau bahkan membatalkan misinya.

Lalu game docking simulator dari SpaceX ini apakah sulit atau gampang? Jika dilihat dari peraturan dan cara penggunaannya memang terasa sangat mudah. Namun lain hal jika kegiatan ini dilakukan di kehidupan nyata. Banyak sekali resiko yang mengintai jikalau proses docking ini gagal.

Suka Luar Angkasa? Cobain nih Game Docking Simulator dari SpaceX

Bagaimanca cara bermain game docking simulator ini?


  1. Untuk bermain silahklan buka halaman website khusus untuk game simulasi ini di link berikut.
  2. https://iss-sim.spacex.com/
  3. Selanjutnya silahkan klik tombol >Begin untuk langsung mulai bermain.
  4. Atau klik tulisan >Instruction untuk melihat petunjuk atau manual tata cara mengoperasikan kapsul.
  5. Jika sudah mulai bermain silahkan arahkan kapsul menuju tempat docking di ISS yang sudah ditandai.
  6. Untuk mengoperasikannya Anda bisa langsung menekan tombol - tombol dari HP, atau jika anda membukanya melalui komputer anda bisa menggunakan keyboard atau mouse.
  7. Misi docking simulator dari SpaceX ini dianggap sukses jika anda bisa 'mendaratkan' kapsul di ISS dengan nilai toleransi dibawah 0.2 untuk semua indikator yang muncul. Lebih dari itu, misi akan dianggap gagal dan anda harus mengulang lagi.


Selebihnya silahkan anda eksplorasi sendiri bagaimana cara docking yang paling efektif dan tidak menghabiskan terlalu banyak waktu. Jika anda sudah mencobanya silahkan bagikan pengalaman anda dikolom komentar dibawah seperti biasa.

Semoga tulisan mengenai game docking simulator dari SpaceX ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Desain Tesla Cybertruck Nyeleneh, Tetap Laku Keras!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!