Langkah – langkah Penting Mengamankan Data Pribadi Dari Kehilangan dan Pencurian pada iOS (Apple) Part 2/2

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Apple
Tips 'n Trick
Tutorial
Langkah – langkah Penting Mengamankan Data Pribadi Dari Kehilangan dan Pencurian pada iOS (Apple) Part 2/2
Langkah – langkah Penting Mengamankan Data Pribadi Dari Kehilangan dan Pencurian pada iOS (Apple)

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas langkah pengamanan pertama yang dapat kita lakukan untuk mencegah orang “usil” atau berniat jahat dengan memanfaat celah keamanan dari handphone kita khususnya pada iOS seperti Apple. Pada artikel kali ini kita akan membahas langkah selanjutnya dalam mengamankan data kita bila “kejadian” yang tidak diinginkan itu benar-benar terjadi.

Find My iPhone

Pada fitur ini memungkinkan kita untuk melakukan tracking atau penelusuran, juga mengatur dan mengamankan iPhone kita ketika handphone kita hilang. Untuk menggunakan fitur ini kita harus memiliki akun di iCloud, dalam mendaftar di iCloud ini kita kita perlu melakukan sinkronasi data pribadi kita seperti email dan kontak pada Cloud. 

Setelah kita memiliki akun di iCloud kemudian kita melakukan setting dengan cara mengunjungi halaman iCloud melalui iPhone kita pada Settings dan slide Find My iPhone pada kondisi ON. Pada saat iPhone kita hilang atau dicuri, pertama kali yang harus kita lakukan adalah masuk ke website iCloud di ”icloud.com” atau gunakan aplikasi Find My iPhone pada gadget iOS lain. 

Setelah kita masuk atau log-in, kita dapat menemukan lokasi iPhone kita dalam Apple map, tetapi lokasi iPhone anda akan dapat terlacak hanya bila handphone anda yang hilang terhubung ke internet baik itu melalui Wi-Fi maupun koneksi internet dari kartu seluler biasa. Apabila tidak terhubung dengan internet maka iPhone kita belum dapat di lacak.

Setelah kita terhubung dengan iPhone kita melalui iCloud, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan. Pertama, kita dapat membuat handphone (iPhone) kita mengeluarkan suara dengan volume yang maksimal dalam 2 menit dan tetap akan mengeluarkan suara walaupun iPhone anda dalam keadaan diam atau Silence mode. 

Namun menurut beberapa ahli hal ini sangat berguna hanya pada saat iPhone kita hilang di rumah atau terselip di kursi, bila hal ini dikakukan pada saat handphone kita benar-benar di tangan pencuri efeknya akan sangat kecil handphone itu kembali. Kita juga dapat menghapus semua data kita yang ada pada iPhone namun hal ini dinilai kurang efektif.

Hal yang paling memungkinkan adalah segera mengaktifkan Lost Mode (mode hilang). Tidak hanya memberi kita pilihan untuk mengontrol iPhone kita namun kita juga dapat meningkatkan sistem keamanan pada iPhone kita.

Fitur "Find My" pada iPhone adalah alat yang dirancang untuk membantu pengguna menemukan perangkat yang hilang atau tertinggal. Fitur ini tersedia pada perangkat yang menjalankan iOS 13 atau yang lebih baru, dan juga dapat diakses melalui situs web iCloud di komputer.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu dalam pengaturan iPhone mereka. Setelah diaktifkan, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menemukan perangkat mereka pada peta, memutar suara untuk membantu menemukannya, atau memasukkan perangkat ke dalam Mode Hilang, yang mengunci perangkat dan menampilkan pesan dengan informasi kontak untuk pemilik. Pengguna juga dapat menghapus perangkat mereka secara jarak jauh jika diperlukan.

Find My juga memungkinkan pengguna untuk menemukan teman dan keluarga yang telah membagikan lokasinya dengan mereka. Fitur ini berguna untuk melacak orang yang dicintai, terutama dalam keadaan darurat.

Salah satu manfaat dari Find My adalah bahwa ia dapat digunakan bahkan saat perangkat tidak terhubung dengan Wi-Fi atau data seluler. Hal ini disebabkan karena lokasi perangkat dikirimkan menggunakan Bluetooth, yang memiliki jangkauan yang lebih pendek namun dapat dideteksi oleh perangkat Apple lain yang berdekatan.

Secara keseluruhan, fitur Find My pada iPhone adalah alat yang sangat berguna yang dapat membantu pengguna menemukan perangkat yang hilang atau tertinggal, melacak orang yang dicintai, dan mengambil tindakan untuk melindungi informasi pribadi mereka jika diperlukan.

Lost Mode

Ada dua hal yang dapat dilakukan pada saat Lost Mode diaktifkan. Pertama, kita dapat memasang password pada iPhone kita apabila kita benar-benar tidak memasang password sebelumnya. Kita dapat memilik empat digit password dan mengunci handphone kita. Ingat! Pada artikel bagian pertama kita sudah membahas bagaimana cara agar pencuri tidak dapat mengakses iPhone kita walaupun pada saat terkunci.

Kedua, kita dapat mengirim pesan pribadi yang dikirim ke iPhone kita yang hilang dan menampilkan nya di halaman utama handphone walaupun dalam keadaan terkunci. Kita dapat mnuliskan apa saja yang ingin kita sampaikan kepada orang yang menemukan atau mencuri handphone kita ini seperti “bila menemukan hanphone ini mohon menghubungi….” Atau pesan lain yang ingin anda tulis.

Pada Lost Mode kita dapat melihat lokasi-lokasi iPhone kita 24 jam terakhir pada map. Namun bila hal ini dirasa sudah sia-sia dan anda sudah tidak ingin lagi mencarinya, anda bisa melakukan penghapusan total data anda yang ada pada iPhone tersebut namun, perlu diingat bahwa setelah anda melakukan penghapusan total ini kita tidak dapat melakukan tracking posisi iPhone kita. Selain dari pada itu password pada homescreen dan pesan yang kita kirim akan tetap ada.

Tungu update selanjutnya mengenai keamanan pada iPhone ini dan kita akan membahas tentan Activation Lock.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!