Review AirPods – Earphone Wireless Pertama Buatan Apple

Berikut adalah review Apple AirPods dari Nilay Patel (TheVerge) yang telah mencoba dan merasakan bagaimana earphone buatan apple ini beraksi, mulai dari cara kerja, cara pakai dan kualitas suara yang dirasakan saat menggunakan produk baru milik Apple ini.

Baru – baru ini Apple mengeluarkan produk baru atau tepatnya assesoris pelengkap untuk smartphone (iPhone) buatannya yaitu AirPods, berupa Earphone /Airbuds wireless (tanpa kabel). Lebih khususnya lagi AirPods ini diperkenalkan berbarengan dengan launching iPhone 7 yang memang berdasarkan informasi bahwa iPhone 7 ini tidak memiliki port (colokan) untuk headset yang memiliki kabel.

Dalam paragraf awal Nilay mengatakan AirPods ini benar – benar mirip sekali dengan EarPods lama, namun sekarang tidak memiliki kabel (wireless).

Review AirPods – Earphone Wireless Pertama Buatan Apple
Susie Ochs (MacWorld)

Kualitas Suara Apple AirPods

Untuk kualitas suara, Nilay tidak berkata banyak. Hanya kata sederhana “They sound fine untuk menggambarkan bagaimana pendapatnya mengenai suara yang dihasilkan. Belum jelas apakah memang tidak ada yang special dari kualitas suara yang dihasilkan atau memang karena situasi pada saat mencoba AirPods ini kurang mendukung untuk fokus terhadap kualitas suara. Karena Nilay  juga memberitahu bahwa keadaan saat itu (saat mencoba) memang agak ramai.

Review AirPods – Earbuds (Earphone) Wireless Pertama Buatan Apple
DailyTelegraph

Cara menggunakan Apple AirPods

Sebagai gambaran, AirPods ini memiliki sebuah tempat penyimpanan berbentuk kapsul kecil yang bisa dibuka tutup dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan sekaligus sebagai tempat mengisi daya (baterai)

Bila AirPods berada didalam kapsul (tempat kedua AirPods disimpan) maka untuk menghubungkannya dengan iPhone (pairing) kita hanya perlu membuka tutup kapsul tersebut dan secara otomatis iPhone anda akan mendeteksi keberadaan Earphone wireless tersebut dan memunculkan menu pop up dimana anda akan diminta mengkonfirmasi untuk menghubungkan iPhone dengan AirPods. Setelah melakukan konfirmasi maka AirPods akan terhubung secara otomatis dan anda dapat langsung menggunakannya.

Review AirPods – Earphone Wireless Pertama Buatan Apple
The Verge

Ketahanan baterai Apple AirPods

Nilay mengatakan bahwa Apple AirPods dapat bertahan selama 25 jam penggunaan. dan butuh waktu hingga 5 jam untuk mode pengisian baterai.

Apakah AirPods mudah terjatuh?

Satu hal yang sangat menjadi perhatian untuk produk wireless ini adalah rentan terhadap kehilangan. Bukan karena pencurian, akan tetapi karena bentuknya yang kecil dan lebih lagi tidak memiliki kabel sehingga bila terjatuh ataupun terselip akan sulit untuk menemukannya.

Nilay mencoba melakukan tes dengan melakukan lompatan – lompatan dan menggeleng – gelengkan kepalanya untuk mengetes ketahanan earphone ini dan Nilay mengatakan bahwa AirPods tidak terjatuh.

Namun Nilay tidak mau menjamin bahwa AirPods itu akan selamanya menempel bila dalam keadaan – keadaan tertentu yang mengharuskan penggunanya aktif bergerak.

Review AirPods – Earphone Wireless Pertama Buatan Apple
IndianExpress

Sensor suara (Siri) pada Apple AirPods

iPhone dikenal dengan asisten virtualnya bernama ‘Siri’ dimana kita dapat memberikan perintah kepada asisten virtual ini melalui perintah suara. Dan kita dapat mengaktifkan dan memberikan perintah suara dengan AirPods, tidak perlu lagi berbicara langsung di depan iPhone.

Video Singkat mengenai cara penggunaan AirPods oleh Nilay Patel

Didalam tulisannya untuk The Verge Nilay juga menambahkan video singkat tentang pengalamannya menggunakan Apple AirPods ini. Didalam video ini kita dapat melihat bagaimana proses penggunaan earphone wireless ini dari mulai didalam kapsulnya sampai kepada pemakaian.
link video (via Youtube): https://youtu.be/PHQG_XfDrDE

Harga Apple AirPods

Karena ini bukan termasuk assessories bawaan, alias tambahan, maka Apple pun sudah menyiapkan harga khusus bagi yang ingin memiliki Earphone wireless ini. Pada rilis resmi nya Apple membanderol AirPods dengan harga $159.00 atau bila dirupiahkan menjadi 2,2 juta rupiah atau lebih.

Tertarik untuk membelinya? Atau anda punya pendapat lain tentang earphone wireless milik Apple ini? Yuk! Berbagi di kolom komentar :D

baca Juga: Fitur - fitur Tersembunyi di iOS 11 untuk iPhone dan iPad di Indonesia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »