Fitur – fitur Tersembunyi di iOS 11 untuk iPhone dan iPad Indonesia

Berikut ini adalah fitur – fitur unggulan dan yang tersembunyi yang dimiliki oleh Apple pada OS (sistem operasi) terbarunya, iOS 11 untuk type smartphone iPhone dan tablet iPad khususnya yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna di Indonesia. Sebelum melakukan update, ada baiknya bila kita mengetahui apa saja yang baru di iOS 11.

Selain desain pada tampilan dan navigasi, pada sistem operasi terbarunya Apple juga melakukan perbaikan dan pembaruan pada system, seperti pada navigasi dan juga sistem pembayaran (Apple Pay). Juga lebih banyak fitur yang dimiliki oleh asisten virtual milik Apple (Siri).

Tidak semua fitur dapat digunakan di Indonesia

Karena Faktanya, ada beberapa fitur yang akan didapatkan oleh para pengguna di Indonesia tetapi tidak dapat digunakan secara maksimal karena berbagai hal, seperti pada fitur Apple Pay, sampai saat artikel ini dipublikasikan belum ada pembicaraan bahwa Apple akan menerapkan fitur tersebut pada tahun – tahun ini di Indonesia.

Asisten pribadi milik Apple, Siri, juga sebenarnya belum bisa dimaksimalkan di Indonesia khususnya bila digunakan dalam bahasa Indonesia. Kenapa? Ternyata berita yang selama ini ada bahwa siri sudah support bahasa Indonesia ternyata kurang tepat, karena dilihat dari website resmi milik Apple, bahasa tersebut lebih ditujukan untuk negara Malaysia karena bahasa yang didukung adalah Melayu. Dan ada beberapa fitur lain yang memang tidak bisa dimaksimalkan oleh pengguna produk Apple di Indonesia.

Fitur – fitur unggulan dan Tersembunyi di iOS 11 untuk produk Apple di Indonesia


#1. Control Center yang dapat dikostumisasi (Customizable Control Center)

Fitur – fitur Tersembunyi di iOS 11 untuk iPhone dan iPad Indonesia
Image: iPhone Hacks
Fitur ini adalah salah satu dari fitur unggulan yang ditawarkan oleh Apple pada iOS 11. Selain desainnya yang diperbaharui, pada fitur ini juga kita dapat mengatur (menambahkan dan menghilangkan) kontrol – kontrol yang ada pada halaman Control Center sesuai yang kita butuhkan atau sering gunakan. Untuk mengaturnya kita hanya perlu masuk ke bagian Settings -> Control Center.

(Baca Juga: Mp3 Player yang Dapat Kita Atur Sendiri Kecepatannya)

#2. Merekam Layar (Screen Recording)

Fitur – fitur Tersembunyi di iOS 11 untuk iPhone dan iPad Indonesia
Image: iPhone Hacks
Fitur Screen Recording atau merekam setiap kegiatan yang terlihat pada layar smartphone ini dapat ditambahkan dan diakses pada halaman Control Center, bila kita telah selesai merekam cukup klik atau tekan bagian status bar (warna biru) yang berada pada bagian atas layar untuk menghentikan proses perekaman. Video layar yang telah direkam akan disimpan di aplikasi Photos.

#3. Memindahkan lebih dari satu Aplikasi (Drag Multiple Apps)

Fitur – fitur Tersembunyi di iOS 11 untuk iPhone dan iPad Indonesia
Image: iPhone Hacks
Fitur memindahkan beberapa aplikasi dalam satu kali perpindahan ini dapat digunakan di iPhone maupun iPad. Tekan dan tahan pada salah satu aplikasi sampai bergetar, pilih dan pindahkan (drag) aplikasi yang anda ingin pindahkan, kemudian pilih aplikasi lain dan aplikasi tersebut juga akan ditandai juga (untuk dipindahkan). Dan setelah selesai memilih, pindahkanlah pada halaman yang ingin dituju kemudian lepaskan jari untuk memindahkan aplikasi pada halaman tersebut.

#4. Keyboard Satu Tangan (One Handed Keyboard)

Fitur – fitur Tersembunyi di iOS 11 untuk iPhone dan iPad Indonesia
Image: iPhone Hacks

Seperti pada fitur yang telah diterapkan oleh smartphone buatan Microsoft dan juga Xiaomi, sekarang produk Apple (iPhone & iPad) juga dapat menerapkan one handed keyboard. Meskipun pada Microsoft dan Xiaomi merupakan fitur one-handed screen (beserta layar). Namun fitur one-handed keyboard milik apple akan sangat berguna, terutama bagi pengguna dengan layar iPhone yang cenderung besar.

#5. Membuat file PDF dengan Safari (Markup as PDF)

Fitur – fitur Tersembunyi di iOS 11 untuk iPhone dan iPad Indonesia
Image: iPhone Hacks
Saat ini ada fitur baru yang dimiliki oleh browser bawaan iOS milik Apple, Safari, yang disebut dengan Markup as PDF. Fitur ini dapat merubah (convert) halaman yang sedang dibuka kedalam bentuk file PDF. Pada fitur ini juga kita dapat melakukan edit (mark up) pada file yang telah dikonversi kedalam file PDF. Setelah selesai melakukan konversi kedalam bentuk PDF kita dapat langsung mengirim file tersebut dengan menekan tombol ‘share’.

#6. Scan Dokumen Menggunakan Aplikasi Notes

Fitur – fitur Tersembunyi di iOS 11 untuk iPhone dan iPad Indonesia
Image: iPhone Hacks

Ada fitur baru yang sangat bermanfaat yang ditambahkan dalam aplikasi Notes, fitur ini dapat diaktifkan pada bagian + pada Menu didalam aplikasi Notes. Pilih atau tekan pada tombol plus (+) kemudian pilih Scan Document. Kita dapat melakukan scan pada lebih dari satu halaman baik yang berwarna maupun hitam putih.

#7. Edit dan Tandai hasil Screenshot (Screenshot Markup Tool)

Fitur – fitur Tersembunyi di iOS 11 untuk iPhone dan iPad Indonesia
Image: iPhone Hacks
Pada iOS 11, Setelah kita melakukan screenshot akan muncul tampilan (preview) kecil di bagian pojok bawah-kiri layar. Tekan pada tampilan yang muncul tersebut dan kemudian anda akan dialihkan pada halaman untuk mengedit dan menandai hasil screenshot tersebut.

Seperti judul yang ada pada artikel ini, yaitu fitur – fitur tersembunyi yang ada pada iOS terbaru milik apple, iOS 11. Maka fitur – fitur umum yang sering diumumkan pada website – website lain tidak kami sebutkan lagi didalam artikel ini.


Menurut salah satu pengamat teknologi dan penulis artikel teknologi internasional, iOS 11 lebih kepada pembaruan design tampilan dan navigasi. Pada iOS 7 dahulu type design lebih kepada minimalis dan desain – desain yang ramping (kecil), namun pada iOS 11 ini type desain lebih kepada desain yang besar – besar dan tebal.

Sebenarnya masih ada banyak fitur – fitur tersembunyi yang ada pada iOS 11 ini, namun sepertinya fitur – fitur diatas yang telah disebutkan adalah fitur yang dirasa perlu diketahui oleh para pengguna produk Apple khususnya pengguna iPhone dan iPad.

Bila ada yang ingin ditanyakan ataupun saran silahkan simpan pada kolom komentar yang berada dibawah artikel ini seperti biasa. Mudah – mudahan artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin. Jadilah pengguna yang bijak! #beWiseUser

Artikel Terkait Lainnya:
Aplikasi Scan Dokumen untuk iOS (iPhone)
Cara Menemukan Wi-Fi Hotspot Gratis via Facebook App 
Review Spesifikasi Notebook Xiaomi Mi Air 13 dengan Charger iPhone

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »