ETS 2 1.41 update besar - besaran! Apa saja yang baru? Euro Truck Simulator 2

Rindi Putra
2 Komentar
Beranda
ETS2
Games
News
Review
ETS 2 1.41 update besar - besaran! Apa saja yang baru? Euro Truck Simulator 2
ETS 2 1.41 update besar - besaran! Apa saja yang baru? Euro Truck Simulator 2

Yup! Game Euro Truck Simulator 2 yang sudah berumur 9 tahun ini masih memberikan update - update yang segar dan sekarang sudah sampai di ETS 2 1.41 Update. Lalu dengan major update ini apa saja yang baru? Apakah sudah bisa konvoi multiplayer seperti American Truck Simulator?

Untuk pertanyaan terakhir jawabannya adalah YA!. Sekarang game Euro Truck Simulator 2 (ETS 2) sudah dapat melakukan konvoi online atau multiplayer, tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan lagi. Jika sebelumnya kita harus menggunakan aplikasi seperti TruckersMP, maka sekarang sudah tidak perlu lagi.

Jika pada update - update sebelumnya, ETS 2 hanya memberikan update fix error atau truck baru. Kali ini ETS 2 memberikan banyak update besar, terutama di bagian fitur. Biasanya ETS2 update hanya berukuran puluhan Megabyte atau paling besar ratusan megabyte, itupun kalau ada item baru seperti truck atau update jalan baru.

Namun kali ini update ETS 2 ke 1.41 sangat besar. Ukuran file updatenya saja mencapai 5.8 GB yang berarti sama seperti ukuran file install nya di awal pembelian. Dengan ukuran seperti itu, pastinya banyak sekali file yang di update dan juga biasanya banyak fitur atau sistem yang dirubah.

Dan benar saja, dilihat dari video penjelasannya dari SCS Software (developer game ETS 2), update ini termasuk kedalam jenis major update atau update besar - besaran, dimana akan banyak yang berubah atau ditambah.

ETS2 1.41 dapat update besar - besaran! Apa saja yang baru?

Tidak seperti game ATS (American Truck Simulator) yang melakukan promosi untuk update fitur konvoi, bahkan ada versi beta testernya. Game ETS ini malahan seperti diam - diam dalam pengembangannya. Saya pribadi tau update ini setelah file update siap di download di aplikasi Steam, sebelumnya saya tidak tahu bahwa SCS Software (developer game ETS 2) ini akan memberikan fitur konvoy multiplayer di update yang sekarang.

Bagi teman - teman yang membeli dari STEAM, update nya sudah tersedia dan bisa langsung di download ya. Sambil nunggu download, silahkan baca fitur apa saja yang baru dibawa ini.

Lalu apa saja yang baru di game ETS 2 versi 1.41 ini?

1. Convoy Multiplayer Mode

ETS 2 1.41 update besar - besaran! Apa saja yang baru? Euro Truck Simulator 2 Yup! Dalam updatenya di Youtube, SCS memamerkan fitur terbaru ini di jajaran pertama dari beberapa update yang dibawa di versi 1.41 ini. Sekarang fitur Konvoi berada di menu utama setelah kita masuk ke profil (sebelumnya hanya bisa diakses sebelum masuk profil).

Menu tampilannnya pun terlihat sangat simple namun tetap informatif, jika teman - teman juga bermain game Assetto Corsa dan menggunakan Content Manager, nah tampilannya hampir seperti tampilan multiplayer online di aplikasi Content Manager.

Pada halaman multiplayer kita akan diberikan data seperti nama Room, jumlah pemain, dan kualitas latency koneksi kita ke server. Data ini saya rasa sudah cukup membantu ya, apalagi fitur ini masih baru, saya yakin kedepannya akan terus ada perbaikan dan penyesuaian.

Jumlah pemain dibatasi sampai 8. Terlihat dari daftar pemain, sepertinya saat ini jumlah pemain di multiplayer masih dibatasi sampai delapan pemain dalam satu room atau satu sesi. Tentunya kita berharap jumlah pemain ini bisa ditambah untuk kedepannya ya.

2. Time & Weather Adjustment (Photo Mode)

ETS 2 1.41 update besar - besaran! Apa saja yang baru? Euro Truck Simulator 2 Yup! Setelah kita dapat mengatur posisi kamera berikut detailnya di Photo mode, sekarang kita juga bisa mengatur waktu dan cuaca saat foto itu akan diambil. Dengan fitur ini kita dengan mudah membuat berbagai macam tema atau suasana.

Dengan fitur ini kita tidak perlu lagi menunggu hujan atau menunggu golden moment seperti sunrise atau sunset untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus, kita hanya perlu menekan beberapa tombol di menu photo dan suasana yang kita inginkanpun akan langsung terwujud!.

3. Quick Travel

YES! Mungkin di versi sebelumnya, jika ingin berpindah ke suatu tempat secara instant, kita perlu membuka jendela kode seperti CMD dan menulis perintah yang baku seperti "Go to Amsterdam". Sekarang kita tidak perlu repot lagi menulis kode - kode tersebut karena ETS2 1.41 kini dilengkapi fitur Quick Travel.

Quick Travel ini memungkinkan kita berpindah ke suatu lokasi secara instant, dan fitur ini dapat ditemukan di halaman menu utama. Dengan begitu kita tidak perlu repot lagi membuka halaman perintah dan menulis kode - kode yang baku itu.

Namun, jika anda menggunakan fitur ini anda akan dimintai biaya atau bayaran seperti halnya kita melakukan transit dengan kapal feri ke pulau yang berbeda.

4. Autoestrada A24 Douro Road (Iberia DLC)

Fitur selanjutnya yang ada di ETS 1.41 ini adalah tambahan jalan Autoestrada A24 Douro Road di kota Iberia (DLC), jika anda sudah membeli DLC kota Iberia maka anda akan menemukan jalan baru di kota tersebut.

Jalan ini terkenal dengan banyaknya kebun anggur disepanjang perjalanan dan juga landmark - landmark terkenal lainnya. Jalan ini menghubungkan jalan A7 dan A25 di kota Iberia, Portugal.

5. New Icons

Terakhir, SCS Software mengungkapkan bahwa ada banyak icon baru di bagian peta (World Map). Tentunya dengan tambahan icon ini, banyak lokasi atau tempat khusus akan lebih mudah ditemukan di peta

Untuk detailnya apa saja icon yang baru saya belum bisa menemukannya, tetapi jika dilihat dari video yang diunggah oleh SCS Software, banyak sekali daftar icon atau tanda di peta yang baru saya lihat.

Semoga tulisan mengenai update ETS 1.41 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Senin, Agustus 23, 2021
    Mantaaaaaaaaaapppppppppp!
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Agustus 23, 2021
      Langsung berangkat konvoi!!!
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!