Beranda
Finance
Payoneer
Tutorial
Tidak punya last name untuk akun Payoneer? ini solusinya

Tidak punya last name untuk akun Payoneer? ini solusinya

Beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya di video tutorial cara transfer saldo Payoneer ke bank lokal, "saya tidak punya last name untuk daftar payoneer, apakah boleh ditulis dua kali namanya?". Pertanyaan seputar nama belakang ini pun membuat saya penasaran juga, dan akhirnya saya menemukan jawabannya langsung dari CS Payoneer.

Sebenarnya saya ingin menjawab tidak tahu, karena saat itu memang belum tahu juga dan takut sok tahu kalau jawab menurut pendapat sendiri. Akhirnya saya browsing - browsing apakah diluar negeri juga ada yang memiliki masalah yang sama.

Ternyata setelah mencari tahu tentang masalah satu nama ini banyak juga yang bertanya dan untungnya pertanyaan ini juga langsung ditanyakan di forum khusus komunitas payoneer yang didalamnya juga ada CS atau karyawan Payoneer yang siap membantu atau menjawab pertanyaan - pertanyaan.

Baca juga: Cara Mengganti Nama Akun Payoneer dengan Benar

Tidak punya last name untuk akun Payoneer? ini solusinya

Didalam sebuah thread atau pembahasan, ada seseorang yang bertanya seputar last name karena dia juga tidak memiliki last name. Dan ternyata, jauh - jauh mencari jawaban dengan bahasa inggris si penanya ini berasal dari Indonesia. hehe

Walaupun ini pertanyaan jadul, tahun 2012, tetapi sepertinya masih relevan jawabannya sampai sekarang karena sepertinya belum ada pilihan untuk menggunakan first name saja di kolom formulir pendaftaran ataupun pengajuan di Payoneer.

Dear Admin

I am Indonesian since I was born, form my parent just give one name to me (without last name). As well as on my ID Card in my country the same case. I really need a Payoneer card to be able to receive commissions from the amazon.com associates program. Help me to be accepted at Payoneer card.

Thanks and Best Regards,

Yuniantoro

Mas Yuniantoro diatas meminta solusi agar pengajuan kartu payoneer nya segera diterima karena dia perlu itu untuk pembayaran komisi dari program di website amazon. 

Mas Yuniarntoro mengatakan bahwa dia sejak lahir tidak memiliki nama belakang  (last name) dan di KTP pun juga sama, tidak ada nama belakang. Sedangkan di formulir Payoneer kita harus memasukan nama belakang atau last name agar bisa melanjutkan proses pengajuan.

Hi,

For anyone with only 1 name (no last name), we generally require that you enter the name into both the First Name and Last Name fields. For example, in your case, "Yuniantoro Yuniantoro."

I see that your application has already been approved, and an e-mail with further details on the US Payment Service has been sent to you. To apply, simply reply to the email with the requested details/documents.

Thanks!

Pertanyaan mas Yniantoro ini langsung dibalas oleh Nissim, Head of Community dari Payoneer, yang memberikan solusi jika tidak mempunyai last name atau nama belakang. 

Nissim mengatakan bahwa jika tidak memiliki nama belakang kita hanya perlu memasukan ulang nama depan kita di kolom last name, jadi jika nama anda Yuniantoro, maka masukan nama "Yuniantoro" di kolom first name (nama depan) dan masukan lagi nama "Yuniantoro" di kolom last name (nama belakang).

Halaman Komunitas Payoneer: I Have Not Last Name

Jadi nanti akan terlihat seperti ini: "Yuniantoro, Yuniantoro". Begitu juga jika namamau "Ariani" saja, tidak ada nama belakang. Maka kamu harus menuliskan "Ariani" di kolom first name, dan tulis lagi "Ariani" di kolom last name.

Baca juga: Cara Transfer Saldo dari Payoneer ke Rekening Bank Lokal

Update Tahun 2022

Halaman jawaban dari pihak Payoneer di atas sepertinya sudah di hapus. Sepertinya mereka akan mengeluarkan peraturan baru atau kebijakan khusus untuk pengguna yang memiliki nama tunggal (tidak punya last name).

Jika dengan cara di atas transaksi anda masih terhambat, Pihak Payoneer menyarankan agar kita menghubungi dulu bagian Customer Support agar mereka bisa melakukan persetujuan (approval) bahwa akun yang kamu daftarkan memang benar - benar asli dan bisa dipertanggungjawabkan.

Hello,

Our approvals team will go ahead and approve these details. Please be sure to contact customer support and explain the matter to them so that they can approve the bank account as yours.

Thanks!

Di atas adalah jawaban dari pihak Payoneer untuk pengguna yang hanya memiliki satu huruf saja di nama belakang. Dia kesulitan mendaftarkan nama bank karena berbeda dengan nama akun Payoneer. Pihak Payoneer menyarakan dia untuk menghubungi pihak Customer Support untuk konfirmasi akun dan persetujuan penggunaan 1 huruf di last name.

Jadi sekarang ini sepertinya sekecil apapun perubahan atau perbedaan nama, harus selalu melakukan konfirmasi kepada customer support secara langsung (Bisa via Live Chat, Email, atau telpon). Seperti nya mereka ingin melakukan verifikasi atau memberikan solusi secara spesifik tergantung dari kondisi masing - masing akun.

Untuk melihat postingannya silahkan lihat halaman komuntas Payoneer berikut ini:  Single letter last name

Baca juga: Cara Kontak Customer Service Payoneer Agar Dibalas

Bagaimana dengan website lain seperti Google dan Amazon?

Apakah solusi ini juga bisa diterapkan di website lain seperti di Google Adsense atau Amazon affiliate karena website - website ini hampir sama yang mempunyai fitur transfer antar negara dan sama - sama sensitif terhadap perbedaan informasi yang ada di dalam akun.

Untuk Google Adsense ada yang memberi saran untuk menuliskan "NOLASTNAME" di kolom last name sebagai tanda bahwa kita tidak memiliki nama belakang. Tetapi hal ini masih berupa saran karena pada beberapa percobaan para pengguna Adsense berhasil dengan cara ini.

Tetapi cara ini bukan jaminan karena hal ini juga bergantung kepada bank tujuan, apakah mereka akan menyetujui transfer atau tidak dengan tulisan "NOLASTNAME" seperti itu.

Jadi cara yang paling aman adalah dengan bertanya dulu ke bank tujuan anda menarik dana, jika mereka mengatakan bahwa tidak apa - apa (dengan menuliskan NOLASTNAME), maka anda bisa menggunakan 'trik' ini.

Semoga tulisan mengenai masalah last name untuk akun Payoneer ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

22 komentar

  1. Heru
    Heru
    Senin, Maret 07, 2022
    Hallo bang saya sudah daftar payoneer 7 hari. Tapi belum ada balasan approve.
    Gimana yaa bang?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Maret 07, 2022
      Maksudnya gimana? Setau saya kalau baru daftar gak ada proses approve, paling verifikasi email/no HP. Kecuali kalau sedang proses verifikasi KTP, baru itu ada proses verifikasinya. Coba aja login ke akun Payoneer nya. Kalau gak bisa login coba daftar baru lagi, siapatau yang kemarin itu cuman gagal daftar.
  2. Unknown
    Unknown
    Jumat, Januari 14, 2022
    Hi kaka aku mau tanya. Aku mau ganti nama di aku payoner kok ga bisa ya. Cuma bisa a ganti email dam juga alamat di bagian nama ga bisa ke klik, itu kenapa ya kaka
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 14, 2022
      Kalau ganti nama harus lewat contact service atau kirim email, terus minta ganti nama. Kirim juga scan/foto KTP sebagai bukti.
  3. Pirda Padilah
    Pirda Padilah
    Kamis, Januari 06, 2022
    Gimana cara mengubah nama di akun payoneer ? Soalnya saya gbisa narik uang karna nama di atm 3 huruf, ada first, middle and last name. Smntra d payoneer hnya first name and last name aja
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Januari 06, 2022
      Untuk rubah nama harus melalui bagian "Contact Us", dan kirim pesan email dan request untuk revisi nama, jangan lupa juga lampirkan scan/foto KTP sebagai bukti pendukung.
  4. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Desember 18, 2021
    bang, apakah nama misal budi budi di payoneer perlu di rubah ke budi biar sama dengan nama du rekening,biar dana bisa cair,mohon penjelasannya?trima kasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 19, 2021
      Memang bisa hanya pakai first name? kalau bisa sih bagus, jadi sesuai. Tapi setau saya di akun payoneer harus masukan first + last name, makanya mereka ngasih solusi pakai nama yang sama di kolom first & last name.
  5. Akusiapa?
    Akusiapa?
    Sabtu, Oktober 09, 2021
    Kak cara merubah nama di payoner itu gimana caranya ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 10, 2021
      Bisa dibuka bagian Settings terus pilih menu Profile Settings, disana ada pengaturan nama (full name) tinggal dirubah saja.
  6. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 08, 2021
    Saya buat akun payoneer Bunga Bunga tpai saat ditarik gagal karena akun bank saya Bunga. Gimana solusinya, Kak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 08, 2021
      Saran dari pihak payoneer nya kan sudah jelas seperti itu, kalau masih gagal berarti ada hal lain yang salah. Kalau mau pasti sih coba saja tanyakan langsung ke CS Payoneer nya soalnya kalau sudah benar seperti itu tapi masih gagal saya juga belum tahu solusinya.
  7. Akusiapa?
    Akusiapa?
    Rabu, Oktober 06, 2021
    Kak, aku kemarin bagi nama aku jadi 2 suku kata karna lupa search google apa itu akan jadi masalah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Oktober 06, 2021
      Kurang tau ya kalau dibagi 2 seperti itu, tapi kalau masih bisa dirubah sih lebih baik ikuti sesuai saran dari pihak Payoneer seperti diatas.
  8. Yunique
    Yunique
    Sabtu, September 25, 2021
    Makasih yah penjelasannya, krn nama saya juga hanya memiliki satu suku kata
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, September 26, 2021
      Sama - sama ya. Semoga lancar prosesnya!
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!