Cara Memindahkan Game Steam ke Drive Lain Tanpa Install Ulang

Rindi Putra
4 Komentar
Beranda
Games
Tutorial
Cara Memindahkan Game Steam ke Drive Lain Tanpa Install Ulang
Cara Memindahkan Game Steam ke Drive Lain Tanpa Install Ulang

Berikut ini adalah cara memindahkan game Steam ke drive lain tanpa install ulang. Dengan cara ini kamu bisa dengan mudah memindahkan lokasi penyimpanan file instalasi game dari C ke D atau sebaliknya (dari D ke C) dan tanpa harus melakukan instal ulang dari awal. Dengan ini kita tidak perlu lagi melakukan download game dari awal, hemat waktu dan hemat kuota tentunya.

Secara default game steam yang di install akan disimpan di local disk C sama seperti program lainnya dengan pengaturan lokasi default. Namun, game jaman sekarang umumnya memiliki ukuran yang besar - besar, bisa sampai puluhan bahkan ratusan GB. Dengan begitu lokasi penyimpanan file - file game tersebut pun harus besar juga.

Sedangkan di sisi lain, drive atau lokasi penyimpanan program (C) biasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan lokasi file umum (D). Pasti ada saatnya, kamu ingin memindahkan lokasi penyimpanan file game tersebut agar tidak memenuhi drive C.

Atau sebaliknya, kamu biasanya menyimpan instalasi game di Local Disk D, dan kamu ada rejeki untuk upgrade Harddisk /SSD, maka kamu juga bisa memindahkan kembali lokasi penyimpanan game dari D ke C. Caranya sama saja dan juga mudah. Silahkan ikuti tutorial atau langkah - langkahnya dibawah ini.

Cara memindahkan game Steam ke drive lain Tanpa install ulang

  1. Silahkan buka aplikasi Steam di PC
  2. Buka menu "LIBRARY" kemudian pilih "COLLECTIONS". Daftar game yang kamu miliki akan muncul
    Cara Memindahkan Game Steam ke Drive Lain Tanpa Install Ulang
  3. Silahkan Klik-kanan pada salah satu game yang ingin kamu pindahkan folder instalasinya kemudian pilih "Properties". Jendela popup pengaturan game akan muncul
  4. Pada jendela pengaturan game silahkan buka menu "LOCAL FILES" kemudian klik menu "Move install folder". Jendela baru akan muncul.
    Cara Memindahkan Game Steam ke Drive Lain Tanpa Install Ulang
  5. Silahkan pilih lokasi drive yang kamu ingin gunakan sebagai tempat penyimpanan game yang baru. Biasanya lokasi yang baru sudah otomatis muncul di pilihan utama. Jadi jika sebelumnya kamu menginstall di Local Disk C (C:\Program Files (x86)\Steam), maka di menu akan muncul Local Disk D (D:\Games\SteamLibrary) sebagai tempat penyimpanan yang baru, atau sebaliknya.
  6. Jika sudah memilih lokasi penyimpanan yang baru silahkan klik tombol "MOVE FOLDER". Proses perpindahan semua folder dan file game akan langsung dimulai, prosesnya lumayan lama, ditunggu saja sampai selesa.
    Cara Memindahkan Game Steam ke Drive Lain Tanpa Install Ulang
  7. Selesai. Jika proses perpindahan file telah selesai, jendela pengaturan akan tertutup otomatis. Silahkan periksa dari bagian folder explorer dan pastikan bahwa lokasi game telah berpindah tempat penyimpanan.

Pertimbangan memilih lokasi penyimpanan game

Selain untuk membagi lokasi penyimpanan agar tidak penuh di salah satu drive, lokasi penyimpanan juga berpengaruh terhadap pengalaman bermain game, apalagi jika anda menggunakan SSD sebagai salah satu drive.

Seperti yang kita tahu bahwa game yang disimpan di SSD, akan jauh lebih responsif dan lebih cepat dalam hal loading game. Dengan loading lebih cepat maka pengalaman bermain game juga akan lebih asik.

Selain itu lihat juga game apa saja yang sering anda mainkan secara online, jika ingin lebih lancar saat bermain game online, usahakan lokasi penyimpanan game tersebut tetap berada di local disk C untuk proses loading yang lebih cepat.

Semoga informasi mengenai cara memindahkan game Steam ke drive lain tanpa install ulang ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

4 komentar

  1. zoel
    zoel
    Senin, Februari 27, 2023
    bang randi mau tanya klo video tentang tambang, seperti tambang emas manual, atau pgunungan, dalam hutan, biasa pakai kategori apa bang, terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Februari 27, 2023
      kalau bahasnya beragam gitu sepertinya lebih enak pakai People & Blogs (Blog & Orang). Jadi lebih umum dan flexible.
  2. ~RyK~
    ~RyK~
    Senin, Februari 08, 2021
    bro kalau boleh tau, ngehost websitenya dimana ya, sama ambilnya paket yang mana?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Februari 08, 2021
      Yang ini pake hosting dari google bro, dikasih gratis klo via blogger
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!