Beranda
Crime
Internet
Security
Apakah Website Carikontes Penipuan? Berikut temuan kami
Apakah website carikontes penipuan

Sudah dari tahun lalu banyak sekali yang bertanya tentang website Cari Kontes. Namun saya secara pribadi merasa belum punya keyakinan apakah kehadiran website (carikontes.com) tersebut merugikan atau bahkan bermanfaat. Setelah 'memantau' lebih dari 2 tahun, berikut ini pandangan saya terhadap website CariKontes.

Jika teman - teman disini pernah membaca satu atau dua tulisan saya mengenai website - website penipuan, pasti tahu bahwa saya hanya membahas website/situs yang sudah terlihat jelas penipuan atau merugikan banyak orang.

Website dengan tampilan 'biasa saja' ditambah dengan data pemilik yang tidak jelas beserta umur website yang pendek biasanya sudah masuk zona 'waspada' karena kombinasi tersebut sudah umumnya dimiliki oleh website - website undian palsu yang banyak beredar di Indonesia.

Bagaimana dengan website Carikontes?

Berdasarkan pengamatan saya, website cari kontes sendiri terpantau sudah online lebih dari 2 tahun. Bahkan jika dilihat dari data whois, alamat website carikontes.com sudah aktif digunakan mulai tahun 2012 dan selalu diperpanjang setiap tahunnya.

Dari data tersebut juga terlihat bahwa perusahaan pemilik website ini berbasis di Singapura dengan nama perusahaan Tule Digital Pte Ltd. Saya sempat mengunjungi website Tule Digital (02/232021) namun disana tidak ada apa - apa, hanya satu halaman dengan logo tule digital saja.

Namun data pemilik website saat ini sudah bisa disamarkan dan penyedia hosting memang menyediakan fitur 'penyamaran' ini agar data pemilik asli tidak muncul di halaman publik seperti whois ini. Nah saya sendiri tidak tahu apakah data pemiliki website carikontes di whois itu benar asli Tule Digital atau hanya data samaran saja untuk menutupi nama pemilik aslinya.

Apakah website carikontes penipuan

Sosial media carikontes

Sosial media cari kontes yang saya temukan hanya ada di Facebook, untuk di sosial media lain sperti Instagram, twitter ataupun Youtube saya tidak bisa menemukannya. Ada beberapa akun dengan nama yang sama tetapi tidak ditemukan hubungan dengan website carikontes yang sedang kita bahas ini.

Sangat minim sekali informasi yang bisa didapatkan tentang kepemilikan ataupun aktivitas pihak cari kontes selain di website.

Di halaman facebook pun saya hanya menemukan orang - orang yang bertanya tentang hadiah yang tidak kunjung datang setelah mereka menyelesaikan 'misi - misi' yang didapatkan dari website carikontes tersebut.

Kebanyakan orang yang komplain berasal dari kuis/kuisioner yang menawarkan HP Android atau iPhone terbaru. Memang website kuis/kuisioner tersebut tidak ada hubungannya dengan carikontes tetapi sepertinya mereka dapat rekomendasi website - website kuisioner tersebut ari halaman website carikontes. 

Apakah website carikontes penipuan

Apakah website Carikontes penipuan?

Sampai saat ini saya belum berani mengatakan bahwa website cari kontesi ini penipuan karena dilihat dari materi/konten yang ada di website tersebut hanya berisi kumpulan atau informasi mengenai kontes - kontes yang sedang berlangsung dari berbagai sumber.

Dan carikontes sendiri setau saya jarang atau bahkan tidak pernah mengadakan kontes/kuis, mereka hanya menginformasikan kuis/kontes yang diadakan oleh pihak lain. Jadi website ini ibaratnya hanya tempat informasi kontes/kuis yang sedang berlangsung.

Meskipun dari sisi konten/materi website ini tidak ada yang mencurigakan, tetapi yang perlu lebih diperhatikan adalah website/sumber kuis asli yang disebutkan oleh carikontes.

Jadi misalnya di website cari kontes ada informasi mengenai kuis/sayembara untuk mendapatkan sepeda lipat yang diadakan oleh sebuah perusahaan minuman. Naah, perusahaan minuman inilah yang perlu kita perhatikan keasliannya, apakah itu perusahaan resmi, apakah hanya mengambil nama besarnya saja tetapi aslinya tidak jelas?

Untuk itu saya sarankan untuk tetap berhati - hati terhadap semua informasi yang ada di website cari kontes ini. Cari kontes hanya 'meneruskan' informasi yang mereka dapatkan, namun tidak ada jaminan informasi tersebut 100% benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Terus bagaimana dong?

Seperti yang sering saya beri tahu di artikel lain, dari 100 undian/kuis yang ada di internet 99 diantaranya tidak jelas alias kemungkinan besar penipuan, hanya 1 yang benar - benar terlihat asli dan bisa dipertanggungjawabkan.

Dari semua website kuis/undian yang ada, hampir semuanya hanya membuang - buang waktu dan kuota internet saja. Apalagi jika sampai dihubungi penipu, bisa - bisa rugi materi/uang juga.

Saya bukan yang anti kuis/undian, dulu juga saya pernah ikut, tapi yang benar - benar diadakan oleh perusahaan besar saja dan sudah saya pastikan kuis tersebut resmi dari perusahaan yang disebutkan dan saya bisa membuktikannya.

Netapi dengan situasi dunia internet saat ini, lebih baik kita fokus saja sama usaha atau pekerjaan kita yang sudah jelas didepan mata, jelas juga uangnya dan bisa dipertanggungjawabkan hasilnya.

Semoga tulisan mengenai apakah website Carikontes Penipuan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau pendapat silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

4 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Selasa, Januari 18, 2022
    Saya baru saja dapat notif katanya saya memenangkan hadiah notebook dan hadiah baru tiba di Indonesia minta konfirmasi alamat saya yg bnr stelah saya buka gk ada apa-apa.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 18, 2022
      Ya lebih baik dihindari saja kalau nanti ketemu yang seperti itu, resiko nya lebih tinggi dari pada hadiah yang dijanjikan.
  2. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Juli 24, 2021
    terimakasih kak infonya.👍
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Juli 26, 2021
      Sip! Sama - sama ya..
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!