Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows

Rindi Putra
4 Komentar
Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Windows
Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows
Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows

Berikut ini adalah cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC atau komputer Windows. Dengan cara ini program atau aplikasi yang terinstall di komputer tidak akan memiliki akses ke internet baik dari aplikasi ke internet maupun sebalinnya.

Cara ini dapat dilakukan baik di PC dengan versi OS Windows 10, Windows 7, dan versi Windows lainnya. Langkah - langkah yang harus diambil sama, yang berbeda mungkin hanya di tampilannya saja.

Mengatur akses internet di pc atua laptop sangat berguna terutama jika anda memiliki aplikasi - aplikasi yang mengganggu. Ada beberapa aplikasi yang biasanya membuka jendela pop-up tanpa 'tahu waktu' yang kadang mengganggu saat kita sedang konsentrasi bekerja. 

Ada juga aplikasi yang sering 'diam - diam' mengakses internet dengan bandwith yang besar sehingga mengganggu kegiatan kita dalam mengakses internet dengan kecepatan penuh karena sebagiannya sudah dipakai oleh aplikasi yang berjalan di belakang (background process).

Disarankan untuk mengikuti langkah - langkah dibawah ini dengan seksama, jangan buru - buru agar tidak ada langkah yang terlewat atau salah baca ya.

Baca juga: Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10

Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows

Cara ini bisa dilakukan baik di PC atau komputer dengan Windows 10 ataupun di versi yang lebih jadul seperti Windows 7, 8 , dll. Untuk percobaan pertama saya sarankan untuk mencobanya ke program atau aplikasi browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox agar bisa langsung dicek berhasil atau tidak.

Pada contoh dibawah ini saya akan blok atau batasi aplikasi browser Mozilla Firefox untuk dapat terhubung ke internet.

  1. Pertama silahkan tekan tombol "Windows + R" untuk memunculkan menu Run
  2. Pada kotak Run silahkan ketik: "firewall.cpl" kemudian klik tombol OK atau tekan Enter untuk membuka pengaturan firewall.
  3. Pada pengaturan firewall silahkan klik atau pilih menu >Advanced Settings yang terletak dibagian kiri jendela firewall, menu ini akan membuka pengaturan lanjutan tentang sistem keamanan
    Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows
  4. Pada bagian kiri menu lanjutan silahkan klik menu >Inbound Rules di bagian kiri jendela
  5. kemudian pada bagian Actions silahkan pilih menu >New Rule... hingga jendela Rule Type terbuka
    Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows
  6. Pada jendela Rule Type silahkan pilih >Program kemudian klik tombol >Next
  7. Langkah selanjutnya silahkan pilih >This program path kemudian klik tombol >Browse. Jendela explorer akan terbuka.
  8. Pada jendela explorer yang terbuka silahkan buka lokasi file aplikasi atau program yang ingin anda blok atau tutup aksesnya ke internet (biasanya memiliki ekstensi .exe). Pilih file program tersebut kemudian klik tombol >Open lalu klik tombol >Next untuk ke pengaturan berikutnya. *Penjelasan lebih detail dalam pemilihan file bisa dilihat di paragraf dibawah.
    Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows
  9. Pada langkah selanjutnya atau langkah Action, silahkan pilih >Block the connection kemudian klik tombol >Next untuk lanjut ke pengaturan profile.
  10. Pada halaman profile pastikan dipilih/diaktifkan/dicentang kotak (checkbox) di bagian Domain, Private, dan Public. Kemudian klik tombol >Next untuk membuka pengaturan terakhir, yaitu Name.
  11. Pada pengaturan Name silahkan masukan nama untuk pengaturan yang telah dibuat. sebenarnya penamaan ini bebas, tetapi disarankan memasukan nama program yang sedang di block. Contoh, saat ini saya mencoba block browser Mozilla Firefox maka saya akan memasukan nama "Mozilla Firefox" agar nantinya mudah dicari jika ingin merubah pengaturannya.
  12. Terakhir silahkan klik tombol >Finish. Nama pengaturan yang telah dibuat biasanya langsung muncul di halaman Inbound Rules.
  13. Selanjutnya silahkan pilih >Outbond Rules kemudian ulangi langkah seperti anda membuat pengaturan di Inbound Rules.
    Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows
  14. Selesai. Jika anda telah membuat pengaturan di Inbound Rules dan Outbound Rules maka aplikasi yang dipilih tidak akan bisa lagi melakukan komunikasi seperti via internet seperti upload dan download, baik saat sedang dibuka maupun saat bekerja sebagai di background. 

Setelah selesai mengikuti cara atau langkah - langkah diatas, anda bisa langsung memeriksa apakah langkah yang anda lakukan berhasil atau tidak. Tidak perlu melakukan restart, pengaturan yang dibuat akan otomatis aktif begitu kita selesai menekan tombol >Finish di langkah terakhir.

Baca juga: Volume Suara Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya

Cara Menemukan lokasi file atau program yang benar

Jika anda bingung dimana letak file untuk program yang ingin di blok aksesnya ke internet silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini

  • Jika shortcut program berada di desktop silahkan >klik kanan pada program tersebut kemudian pilih >Open file location. Sistem akan otomatis membuka folder dimana file program tersebut berada. Umumnya memilki ekstensi .EXE
    Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows
  • Jika program tidak ada shortcut di desktop silahkan klik tombol >Start kemudian cari program atau aplikasi yang ingin diblock, kemudian >drag n drop program tersebut ke halaman desktop hingga shortcut ke program tersebut muncul di desktop. Selanjutnya silahkan bisa >klik kanan >Open file location, seperti cara sebelumnya.
  • Jika program tidak bisa dibuat shortcut di halaman desktop, anda bisa mencarinya secara manual di folder >Local Disk (C:) kemudian cari didalam folder >Program Files atau >Program Files (x86). File yang harus dipilih biasanya memiliki ekstensi .EXE

Contohnya jika saya ingin menutup akses internet ke aplikasi Mozilla Firefox maka saya harus memilih file bernama "firefox.exe" yang ada di dalam folder "Local Disk (C:) /Program Files /Mozilla Firefox".

Baca juga: Cara always on top video di browser chrome

Cara unblock atau menghapus pengaturan

Jika anda ingin program yang telah di blok aksesnya ke internet agar dapat kembali mengakses internet silahkan ikuti langkah sederhana dibawah ini.

  1. Silahkan buka kembali bagian >Inbound Rules di pengaturan Firewall (seperti cara diatas).
  2. Pada daftar Inbound Rules silahkan >cari dengan nama pengaturan yang telah anda buat sebelumnya. Pada contoh diatas, saya memberi nama pengaturan "Mozilla Firefox", maka saya akan mencari nama tersebut didalam daftar Inbound Rules.
  3. Klik /pilih nama tersebut hingga menu baru muncul dibagian kolom Actions
  4. Kemudian silahkan pilih >Disable Rule atau >Delete.
    Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows
  5. Selesai. Silahkan periksa kembali aplikasi apakah sudah dapat terhubung ke internet atau belum

Saya sarankan untuk memilih Disable Rule karena jika anda ingin blok lagi aksesnya ke internet anda hanya perlu klik tombol >Enable Rules. Jika anda memilih Delete maka anda harus membuat lagi pengaturan baru dari awal untuk program yang sama.

Semoga tulisan atau tutorial mengenai cara blok aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

4 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Jumat, Februari 19, 2021
    kak gimana caranya utk tahu kalo internet utk app terblock di komputer? browsing masih bisa.. hanya saja app yg butuh koneksi internet nya yang gak jalan, misalnya buka whatsapp app, line app, mail dsb nya gak ada koneksi, sedangkan buka d browser bisa.. untuk info, sebelumnya pernah scan antivirus, entah saya salah pencet atau gimana, semenjak itu semua app tsb di komputer gak ada koneksi
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Februari 20, 2021
      bisa di cek di bagian firewall atau di pengaturan antivirus. Biasanya disana ada daftar block connection atau exception. agak susah sih klo jelasin disini, harus pakai contoh. Coba cari aja di google cara unblock aplikasi lewat antivirus/firewall
  2. IQBAL
    IQBAL
    Jumat, Januari 22, 2021
    makasih bang.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 24, 2021
      Siap! Sama - sama
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!